banner-imq

Berapa Biaya Cetak Undangan Pernikahan? Ada yang Mulai dari Rp 800-an lhop


Hi Sobat MQ,
Mau tahu berapa undangan pernikahan? Siapa tahu awal tahun 2024 ada yang punya rencana mengubah status di KTP? Mungkin. Mengubah status dari jomblo fisabilillah menjadi couple till jannah hehe..

Kalau Sobat MQ sudah memiliki pasangan yang diincar, artikel biaya cetak undangan pernikahan ini boleh jadi sangat berguna nantinya ^ ^

Undangan merupakan salah satu bagian penting dalam persiapan pernikahan. Meskipun saat ini undangan hard copy sudah mulai ditinggalkan guna mengurangi masalah sampah, namun untuk tamu kehormatan, tetua adat, serta orang lebih dihormati tetap membutuhkan undangan hard copy.

Soo...ini saatnya kamu mencari tahu berapa biaya cetak undangan pernikahan.

Biaya Cetak Undangan Pernikahan


Biaya cetak undangan pernikahan cukup beragam. Harganya mulai dari Rp 800,-. per lembarnya. Mahal atau murahnya undangan pernikahan tergantung dari jenis kertas, tinta yang digunakan, teknik pengerjaan, desain, hingga kustomisasi lainnya. Untuk lebih gampangnya saya akan mencoba mengulas biaya cetak undangan pernikahan berikut ini.

1. Undangan Bentuk Amplop Jenis Kertas Brief Card (Sejenis Buffalo)


Undangan pernikahan

Biaya cetak undangan pernikahan dengan harga mulai dari Rp 875, - per undangan berbahan kertas brief card (sejenis buffalo). Ketebalan kertas 200gsm dengan minimal order 300pcs. Masa pengerjaan 5-7 hari (normal) dengan model undangan berbentuk amplop. Ukuran terbuka 26 x 18 cm, ukuran tertutup 13x18 cm.

Paket cetak undangan sudah termasuk gratis jenis plastik opp (bening), label nama, dan ucapan terima kasih. Selain itu pemesan akan mendapatkan free undangan digital tanpa foto, dengan template random. Bagi yang memesan minimal order 600 pcs undangan, akan mendapat gratis 1 buah buku tamu.

2. Undangan Model Kalender Bahan Jasmine Glitter 


Undangan esthetic

Biaya cetak undangan pernikahan berikutnya mulai dari Rp 1.400-an per lembar model kalender. Selama ini undangan akan langsung dibuang setelah selesai acara. Hal ini tidak akan terjadi kalau kamu menggunakan undangan model kalender. Harga per lembar undangan berbentuk kalender ini pun cukup terjangkau yakni sebesar Rp 1.498,- per lembarnya.

Bahan yang digunakan dari jenis super jasmine glitter 220 gsm. Tetapi yang harus kamu ingat untuk jumlah MOQ pemesanan undangan ini sebanyak 200 lembar. Jika memesan di bawah jumlah tersebut, kamu akan mendapatkan harga yang berbeda. Untuk ukuran terbuka undangan kalender ini adalah 33x22 cm dan 14x20 cm untuk ukuran tertutup. Menarik ya!

3. Undangan Model Amplop Jasmine Glitter 


Kertas Jasmine glitter

Biaya cetak undangan pernikahan dengan kertas jasmine glitter model amplop harganya mulai dari Rp 3.000-an per undangan. Adapun kertas jasmine lebih tebal dari jenis kertas brief card. Undangan terdiri atas amplop dan single hardcover. ketebalan amplop yakni 2 mm yang hard cover. Sedangkan bahan isi merupakan jenis kertas jasmine glitter 220 gsm yang lebih mewah dengan finishing glossy.

Ukuran undangan untuk amplop 13.5 x 19.5 cm sedangkan ukuran isi 12.8 x17.08 cm. Untuk minimum order undangan dengan kertas jasmine gliter minimal 100 lembar. Kurang dari jumlah tersebut, Sobat MQ akan dikenakan biaya tambahan. Lama pengerjaan minimal 10 hari kerja (tidak termasuk tanggal merah dan hari libur ya Sob!).

Oh ya, karena minimum ordernya hanya 100 lembar, percetakan akan mengenakan biaya tambahan untuk tambahan foto, denah lokasi, atau pun undangan digital. So, Sobat MQ harus pandai-pandai melihat syarat dan ketentuan (SKB) cetak undangan ya.

Alur Order Undangan Online


Untuk memesan undangan secara online beberapa langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:
  • Kamu bisa menghubungi percetakan yang kamu tuju, kemudian mengisi data pernikahan
  • Pihak percetakan akan mulai memberikan referensi template undangan pernikahan dan kamu bebas memilih sesuai budget. 
  • Pihak percetakan akan mulai mengedit dan mendesain undangan sesuai data yang kamu isi
  • Pihak percetakan akan memberikan hasil design untuk dikoreksi oleh calon mempelai.
  • Calon mempelai bisa mengoreksi hasil akhir desain undangan. Disini kamu bisa mengecek jangan sampai ada data yang keliru
  • Jika semua data sudah benar, lanjut ke pembayaran
  • Percetakan akan mulai melakukan proses cetak jika sudah ada pembayaran minimal 50%
  • Jika semua undangan sudah selesai dicetak, kamu bisa melunasi sisa pembayaran dan percetakan akan mengirimkan undangan ke alamat yang dituju.

Hal Penting yang Harus dipertimbangkan Sebelum Mencetak Undangan Pernikahan


1. Kuota Undangan


Sebelum mencetak undangan pernikahan, sebaiknya Sobat MQ menghitung dengan cermat berapa jumlah tamu yang akan diundang. Hal ini untuk menentukan berapa banyak undangan yang perlu dicetak. Setiap percetakan memiliki minimal order quantity (MOQ) masing-masing. Maka hitung jumlah undangan dengan sebaik-baiknya.

2. Biaya Kirim


Nah bagan penting sebelum memilih percetakan adalah biaya kirim. Bukan sesuatu yang aneh jika saat ini banyak sekali percetakan yang melayani jasa cetak undangan secara online. Jangan tergiur harga murah di awal tanpa memperhitungkan biaya kirim. 

Untuk berat undangan 1 pack (100 lembar) kertas jasmine ukuran A5 (21 cm x 14.8 cm) adalah 2 kg maka kamu perlu memikirkan biaya kirim dengan berat tersebut ke alamat kamu.

3. Desain Undangan


Percetakan biasanya sekaligus menyediakan jasa desain undangan. Dengan demikian kamu bisa memilih percetakan mana yang memberikan desain yang bagus dengan harga terbaik.

4. Biaya Cetak


Biaya cetak undangan pernikahan serta minimal quantity order yang harus dipenuhi menjadi pertimbangan dalam memilih percetakan. Ada percetakan yang memberikan syarat minimal 100 lembar untuk sekali cetak. Ada juga yang memberikan syarat minimum 150 lembar. Kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah undangan yang akan disebar serta membandingkannya dengan MOQ dari percetakan.

5. Percetakan


Memilih percetakan yang sesuai dengan keinginan serta memahami maksud calon pengantin dengan baik adalah rezeki, setuju nggak? Banyak kejadian percetakan online yang kurang menangkap maksud calon pengantin. Mungkin juga dikarenakan komunikasi online yang kurang maksimal. Sebaiknya kamu bisa melakukan komunikasi dua arah yang efektif, jika memungkinkan lakukan komunikasi secara langsung atau by phone, buka pesan text.

Penutup


Biaya cetak undangan pernikahan tahun 2024 ini diperkirakan tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan, setidaknya untuk awal tahun ini. Harapan saya sih, jika memang nantinya ada kenaikan, tidak terlalu signifikan. Sehingga tidak terlalu membebani pikiran calon pengantin.

Well, semoga informasi biaya cetak undangan pernikahan yang MQ sampaikan diatas dapat membantu kamu memilih percetakan yang tepat ya. Dan semoga bagi kamu yang sedang merencanakan pernikahan tetap jaga kesehatan serta ketenangan pikiran (kedua belah pihak ya).

Jangan sampai masalah biaya undangan pernikahan malah jadi batu sandungan. Semoga lancar persiapan pernikahannya ya.

Salam,
MQ

Referensi:
https://www.shopee.co.id/undangankitaofficial (Diakses pada 4 Januari 2024 pukul 14.00 WIB) 
https://www.shopee.co.id/nk_undangan (diakses pada 4 Januari 2024 pukul 12.00 WIB) 
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar