banner-imq

Usaha Makanan Ringan Serba 5000, Ini Analisa Bisnisnya

2 komentar

Hi Mitra Bisnis MQ,
Pernahkah berpikir untuk memulai usaha makanan ringan serba 5000? Nah jika kamu ingin memulai usaha makanan ringan serba 5000, maka kamu bisa membaca artikel ini sampai habis ya. Mungkin beberapa informasi disini kamu perlukan nantinya.

Usaha Makanan Ringan Serba 5000


Usaha makanan ringan serba 5000 bisa menjadi pilihan usaha yang bisa dilakukan saat ini lho. Mengapa? karena harga makanan ringan serba 5000 adalah harga yang paling pas untuk saat ini.

Analisa bisnis usaha makanan ringan serba 5000

Menurut pengamatan MQ selama ini menunjukkan bahwa harga 5000 ini bisa dijangkau oleh semua kalangan lho. Bahkan anak-anak sekolah pun sekarang sudah dibekali dengan uang saku lebih dari 5000.

Jadi jika memulai usaha ini lumayan prospek untuk dicoba. Modalnya pun cukup terjangkau. Di bagian akhir tulisan ini MQ akan menjelaskan berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha makanan ringan serba 5000 ini pertama kalinya.

Peluang Usaha Makanan Ringan Serba 5000


Jika melihat peluang dari usaha makanan ringan serba 5000 ini, MQ cukup percaya bahwa prospek usaha rumahan ini juga cukup 'menggigit' untuk dijadikan sebuah pilihan usaha. Mari kita lihat peluang usaha makanan ringan serba 5000.

1. Skill


Dari segi skill penjual, untuk memulai usaha makanan ringan memang penjual minimal menguasai tentang seluk beluk jenis makanan yang akan dijual. Tak mesti jenis makanan yang susah cukup cari jenis kuliner yang yang bisa dibuat saja. Jenis makanan ini nantinya yang akan menjadi branding penjual.

Misalnya Mitra MQ menguasai satu jenis membuat makanan ringan seblak atau bakso atau mie ayam atau yang lainnya. Kamu bisa asah dan olah terus kemampuan itu. Pelajari cara membuatnya, peluang pasarnya, permodalan, target market hingga berapa Keuntungan dan kapan bisa mencapai BEP (Break Event Point).

Nantinya kemampuan ini yang akan berguna nantinya untuk menjadi trade mark jualan kamu. Semoga sampai disini paham ya?

2. Modal


Dari segi modal usaha makanan ringan memiliki modal yang cukup terjangkau. Mitra MQ bisa memulai usaha ini dengan modal 500 ribu saja kok. Jumlah uang 500 ribu mungkin akan terasa besar bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan. Tetapi kita bisa mencicil untuk mendapatkan modal ini dengan cara menabung sedikit demi sedikit. Betul Kan?

3. Pangsa Pasar


Pangsa pasar usaha makanan ringan serba 5000 ini bisa meraih pangsa pasar dari semua kalangan lho. Seperti sudah MQ singgung diatas bahwa MQ menemukan fakta dilapangan bahwa anak Sekolah Dasar (SD) saat ini sudah dibekali uang jajan lebih dari Rp 5000,-.

Artinya jika memulai usaha makanan ringan serba 5000 bisa meraup pangsa pasar hampir semua kalangan. Hmm bisa terbayang nggak betapa 'gurihnya' usaha ini.

4. Kembali Modal (Break Event Point)


Kapan usaha makanan ringan serba 5000 ini kembali modal? dan membutuhkan waktu berapa lama? Nah ini berdasarkan pengalaman rekan-rekan bisnis MQ dilapangan yang telah lebih dulu memulai usaha sejenis.

Para pengusaha makanan rumahan ini mengatakan dengan penjualan rata-rata sehari 10-15 porsi saja maka kemungkinan balik modal bagi mereka adalah sekitar 6-9 bulan. Para pengusaha makanan kuliner ini mengambil keuntungan 40% dari harga jual.

Hmm cukup menarik ya, bagaimana perhitungan modalnya nanti MQ akan coba mengulasnya untuk kamu semua.

Cara Mulai Usaha Makanan Ringan Serba 5000


Jika Mitra MQ tertarik untuk memulai usaha makanan ringan serba 5000, apa yang harus kamu lakukan untuk untuk pertama kali? Yuk lanjutkan membaca ya :)

1. Tentukan Jenis Makanan


Pertama kali kamu harus menentukan jenis makanan ringan apa yang ingin kamu jual. Kalau melihat saat ini daftar makanan ringan serba 5000 cukup banyak yang bisa dilakukan. Kamu bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan skill yang kamu miliki.

Kamu bisa membuka usaha bakso kerikil, mie ayam hemat, bakso ceker, tekwan Palembang, seblak atau makanan ringan lainnya. Semuanya dijual dalam versi mini alias Rp 5000an. Siap? Jika sudah mari lanjutkan langkah no.2

2. Kumpulkan Modal


Modal usaha makanan ringan ini bisa dimulai dengan modal 500 ribu lho. Kamu bisa mulai mengumpulkan modal dari sekarang. MQ percaya jika memiliki tekad yang kuat modal 500 ribu bisa didapat kok. MQ sudah pernah membahas sebelumnya bagaimana mendapatkan modal usaha ya.

3. Pikirkan Strategi Marketing


Usaha rumahan butuh strategi marketing juga? Iya dong, semua usaha yang kita miliki wajib memiliki strategi marketing. Kamu bisa mulai memikirkan strategi marketing seperti apa yang ingin kamu lakukan.

Apakah memulai jualan dari rumah dengan sistem penjualan online atau hanya mengharapkan penjualan dari outlet yang kamu buka saja. Atau memilih bermitra dengan aplikasi yang menyediakan menu makanan online dan sebagainya.

Kamu harus memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam bisnis. Jadi jika strategi yang kamu lakukan saat ini tidak begitu bekerja dengan baik kamu sudah memiliki senjata lain yang membuat usaha makanan ringan serba 5000 kamu tetap eksis.

4. Mulai Bergerak!


Hei, jika semua sudah cukup matang di kepala kamu, maka sudah saatnya kamu bergerak untuk memulai usaha kamu ya. Jangan kebanyakan mikir dan pertimbangan, karena malah makin banyak yang dipikirkan malah makin banyak ketakutan hihi.

Berapa Modal Usaha Makanan Ringan Serba 5000?


Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang yang ingin memulai usaha adalah berapa modal yang harus saya siapkan untuk usaha makanan ringan serba 5000 ini? Baiklah sekarang MQ akan mencoba menuliskannya untuk kamu ya.

Katakanlah kalau kamu ingin memulai sebuah usaha makanan ringan yang dijual di depan rumah dulu ya. Karena untuk pemula yang ingin tes pasar adalah mencoba berjualan makanan ringan di depan rumah bisa menghemat modal. MQ akan mencoba membandingkan berapa besaran modal yang harus dikeluarkan dengan atau tanpa sewa tempat. Here we go!

Disini MQ akan mengambil contoh modal usaha makanan ringan bakso kerikil serba 5000. Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk usaha bakso kerikil 5000? Mari kita lihat

Modal Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Jenis Bakso Kerikil


Modal Bahan Baku

  • Bahan baku bakso sapi 1 Kg Rp 70.000,- ( 200 biji)
  • Bahan baku bakso ayam 1 kg Rp 50.000,- (200 biji)
  • Bumbu kuah Rp 100.000,-
  • Telur Puyuh isi 40 buah Rp 20.000
  • Cabai Rawit Rp 10.000,-
  • Plastik Cup 100 pcs @Rp 177,- Rp 17.700,- (harga Tokopedia)
  • Plastik Bungkus 4 pack @50 lembar Rp 10.000,- (harga Tokopedia)
  • Biaya lain-lain (termasuk sendok plastik) Rp 150.000,-
  • Banner atau spanduk Rp 50.000,-T
  • Total Modal Bahan Baku Rp 477.700,-

Modal Alat

  • Etalase Kaca Rp 1.500.000,-
  • Sewa Tempat Rp 500.000,-
  • Pembelian Peralatan botol Rp 100.000,-
  • Total Modal Alat Rp 2.100.000,-

Nah untuk pemula yang ingin berjualan di rumah, modalnya hanya untuk membuat bahan baku sebesar Rp 277.700 atau sekitar Rp 300.000,- ditambah dengan biaya banner atau spanduk Rp 50.000,- maka total Rp 477.700,- atau sekitar Rp 500 ribu saja.

Jika ditambah dengan sewa tempat dan modal alat senilai Rp 2.100.000,- total modal awal untuk usaha makanan ringan 5000 jenis bakso kerikil adalah Rp 2.6 juta saja. 

Apakah Mitra MQ sudah mendapat gambaran bagaimana memulai usaha bakso kerikil 5000? Ini hanyalah salah satu contoh gambaran bagaimana memulai usaha makanan ringan serba 5000. Mungkin modalnya akan sedikit berbeda dengan usaha makanan ringan yang lain tapi tidak akan memberi banyak perbedaan yang signifikan.

Kamu punya ide bisnis usaha makanan ringan serba 5000 lainnya yang ingin diulas? boleh tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat :)
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

2 komentar

  1. Lagi pengen buka usaha... eh pas nemu ini. Makasih Mba insight nya. Ternyata ngga perlu modal besar2 banget ya buat mulai usaha.

    BalasHapus

Posting Komentar