banner-imq

Harga Partisi Kaca Aluminium Per M2, Mulai dari Rp 150 Ribuan!


Hi Sobat MQ,
Harga partisi kaca aluminium per m2 berapa ya?"

Pertanyaan ini sekarang sering singgah dalam pikiran MQ. MQ sepertinya akan mengganti perabotan yang tahan terhadap air secara bertahap. Termasuk pembatas ruangan atau partisi.

Ruang makan

Pernah mengalami kejadian banjir beberapa waktu yang lalu membuat MQ berpikir ulang untuk jenis perabotan dalam rumah. Sepertinya perabot dengan bahan kayu serbuk atau kayu olahan sangat tidak compatible di daerah rawan banjir.

Alasan Beralih ke Perabot Berbahan Aluminium


Mengapa MQ memilih beralih ke perabot berbahan selain kayu? Bukankah harga partisi kaca aluminium per m2 lumayan pricey?

For your information, serbuk kayu yang sering dijadikan bahan dasar pembuat perabot rumah, seperti lemari, meja dan perabot lainnya disebut engineered wood. Sedangkan, bahan lemari dengan bahan serpihan kayu disebut lemari dengan bahan particle board.

MQ memilih untuk mengganti pembatas ruangan dengan bahan aluminium. Bahan aluminum memiliki beberapa keunggulan dibanding bahan dasar kayu atau bahan lainnya. Salah satu keunggulannya karena bahan aluminium tahan air.

Namun sebelumnya, izinkan MQ membahas seperti apa itu partisi ruangan? Dan mengapa banyak orang menggunakan partisi sebagai pembatas ruangan?

Apa itu partisi ruangan?


Partisi ruangan adalah bagian dari desain interior sebuah bangunan yang memiliki fungsi sebagai pembatas untuk membagi ruangan. Ruangan yang besar yang menggunakan partisi ruangan akan tampak lebih efisien, simpel, dan estetik.

Apa fungsi partisi ruangan?


Partisi ruangan banyak digunakan di rumah-rumah modern. Sebenarnya apa sih fungsi partisi ruangan? Mari kita lihat fungsi partisi ruangan berikut ini.

1. Membuat ruangan lebih estetik


Partisi ruangan

Di zaman modern ini penggunaan partisi ruangan kerap dijadikan sebagai solusi rumah tampak lebih cantik dan estetik.

2. Memperkuat konsep desain interior


Sebuah bangunan dalam rumah pasti di design dengan tema tertentu yang diusung. Untuk memperkuat tema yang diangkat dalam suatu hunian, Sobat MQ bisa menambahkan partisi ruangan. Partisi ruangan dapat menambah kuat tema yang diangkat.

3. Pembatas ruangan


Tak dapat dipungkiri apabila partisi ruangan memberi fungsi utama sebagai pembatas ruangan. Ruangan yang luas akan lebih tertata dengan adanya partisi.

4. Memperkuat fungsi ruangan


Dengan adanya partisi, fungsi ruangan akan tampak lebih kuat. Ketika menginginkan ruangan dengan fungsi maksimal, pemberian sekat pada ruangan bisa memperkuat tujuan tersebut. Misal membuat sekat untuk ruang nonton, ruang keluarga dan sebagainya.

5. Memaksimalkan luas bangunan


Office

Bangunan yang minimalis tampak lebih maksimal fungsinya dengan adanya sekat. Tujuan dibuatnya sekat ruangan membantu mewujudkan ruangan lebar dengan fungsi maksimal.

Setelah dibaca diatas, ternyata banyak juga ya fungsi partisi ruangan. Sobat MQ tahu nggak, bahwa partisi ruangan yang paling banyak digunakan adalah model partisi kaca aluminium. Namun pertanyaannya berapa harga partisi kaca aluminium per m2? Ini yang perlu kita gali lebih lanjut. Yuk kita bahas.

Harga Partisi Kaca Aluminium Per M2


Harga partisi kaca aluminium per m2 memiliki harga yang cukup beragam. Tinggi rendahnya harga partisi kaca tergantung is a dari beberapa faktor. Misalnya saja ketebalan kaca, jenis material apakah lokal atau import, dan sebagainya. Barang lokal tentu lebih murah daripada import ya. 

Dari berbagai sumber yang MQ baca bahwa harga partisi kaca aluminium per meter untuk ketebalan kaca 5 mm mulai dari Rp 115-140 ribu.

Untuk ukuran yang digunakan antara 60-80 cm x 215 cm. Harga tersebut untuk harga satu daun pintu sliding, rel atas bawah, aksesoris kunci, handle, dan pemasangan.

Lain lagi jika Sobat MQ ingin menggunakan kusen, harganya juga tentu akan berbeda. Jika menginginkan pintu sliding dengan plat spandrel (tertutup rapat). Harganya menjadi Rp 150-250 ribu per unit. 

Mengapa banyak perumahan yang beralih menggunakan partisi kaca aluminium? Tentu saja karena beberapa alasan, salah satunya karena jenis aluminium anti air. Apa sih kelebihan dan kekurangan menggunakan partisi kaca aluminium? Mari kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Partisi kaca Aluminium


1. Tahan lama


Terutama tahan terhadap air, rayap dan kerusakan lainnya yang disebabkan oleh faktor alam. Bahan aluminium, anti rayap, anti air, dan tidak mudah rusak. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk hunian dengan lokasi yang rawan banjir.

2. Bentuk Modern


Partisi kaca aluminium sangat cocok digunakan untuk rumah minimalis. Bentuk rumah menjadi tampak lebih modern dengan sekat yang bisa dilipat.

3. Ukuran Bisa Customize


Berbeda dengan partisi dari bahan lainnya yang memerlukan space besar. Ukuran partisi kaca aluminium bisa dikustomisasi sehingga bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya. Bagi yang memiliki rumah yang tidak luas, bisa menyesuaikan dengan bentuk rumah sehingga tidak memakan banyak tempat.

4. Membuat Rumah Tampak Lebih Luas


Tak dapat dipungkiri jika penggunaan ornamen kaca dapat membuat suasana rumah menjadi tampak lebih luas. Kaca banyak digunakan untuk menambah kesan modern dan juga plong. So bagi kamu yang memiliki hunian minimalis, sangat disarankan untuk menggunakan partisi kaca aluminum ini.

5. Pemasangan Mudah oleh Tenaga Ahli


Pemasangan partisi aluminium dilakukan pasca bangunana telah jadi. Keuntungan pemasangan ketika bangunan telah jadi membuat pemilik tidak perlu khawatir akan merusak partisi. Partisi kaca juga tidak perlu banyak dibersihkan efek pemasangan. Karena memang pemasangan pasca bangunan jadi.

Kekurangan Penggunaaan Partisi Kaca Aluminium


1. Harganya (relatif) tinggi


Harga untuk ukuran partisi kaca aluminium relatif tinggi. Meskipun harga per meternya di kisaran 150an ribu, tetapi jika membuat partisi ruangan set, harganya bisa berbeda. 

Melongok harga di marketplace home decor, pembuatan partisi ruangan dengan ukuran 2x2 meter dari total keseluruhan harga yang dikeluarkan lebih dari 6 jutaan. Harga ini akan lebih mahal lagi jika menggunakan jenis kaca import dengan ketebalan yang lebih besar.

2. Harus sering dibersihkan


Namanya juga kaca, jika tidak sering dibersihkan akan tampak sekali debu dan noda pada kacanya. Bagi Sobat MQ yang menggunakan partisi kaca, lakukan pembersihan minimal 1x seminggu ya. Jika tidak dibersihkan, akan mengurangi sisi estetik dari partisi kaca aluminium.

3. Dikerjakan oleh tenaga ahli di bidangnya


Pemasangan partisi kaca aluminium harus dilakukan oleh tenaga ahli. Tidak bisa dilakukan oleh sembarang tukang bangunan. Sebaiknya untuk melakukan pemasangan partisi kaca aluminium, lakukan survei secara detail sebelum memilih provider.

4. Diperlukan ketelitian saat pengukuran


Ukuran ruangan yang akan diberi partisi kaca harus dilakukan secara tepat. Salah mengukur, bisa jadi mengakibatkan sulitnya pada saat pemasangan. Makanya dibutuhkan ketelitian tinggi saat pengerjaannya.

5. Modelnya monoton


Model partisi kaca aluminium yang monoton bisa jadi alasan orang menolak menggunakan partisi kaca. Bagi penyuka desain interior yang gemar sesuatu yang simple, partisi kaca sangat cocok. Namun bagi yang suka tampilan lebih wow, partisi kaca aluminium terlalu flat.

Penutup  


Itulah kekurangan dan kelebihan penggunaan partisi ruangan kaca dengan bahan aluminium. Harga partisi kaca aluminium per m2 yang besar sebanding dengan hasil yang didapatkan. Untuk ketahanan dan lebih modern, MQ sepakat untuk menggunakan partisi kaca aluminium. Bagaimana dengan Sobat MQ?
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar