banner-imq

Hotel Tanjungpinang Dekat Pelabuhan Sri Bintan Pura: Rekomendasi Hotel,Tarif dan Tempat Wisata Terdekat!


Halo Sobat MQ,
Setiap tahun MQ dan keluarga selalu mudik ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Nah dulu sebelum menikah, kalau ke Tanjungpinang saya selalu mencari hotel Tanjungpinang dekat Pelabuhan karena memang tidak ada sanak saudara disini. Jadi saya dan teman-teman mencari penginapan yang dekat dengan jalan pulang saja saja. Biar hemat biaya hehe.

Liburan semasa belum menikah memang tujuannya adalah menjelajah Kepri dengan modal seminimal mungkin hehe. Jadi MQ berusaha mencari tempat menginap dekat pelabuhan tanjung pinang yang murah. Nah sebelum masuk ke referensi hotel yang bisa dijadikan rekomendasi menginap di sekitar pelabuhan Tanjung Pinang, MQ mau cerita seputar Tanjung Pinang dulu ya.

Tanjungpinang atau Tanjung Pinang? Sekilas Tentang Kota Tanjungpinang, Ibu Kota Kepri


Apakah Tanjungpinang termasuk Batam? Jawabannya bukan! Tanjung Pinang adalah ibu kota Kepri yang terletak di Pulau Bintan. Penulisan yang benar seperti tertulis di situs tanjungpinangkota.go.id adalah 'Tanjungpinang' tetapi lebih sering ditulis terpisah seperti 'Tanjung Pinang'

Sebagai penduduk kota Batam, saya baru mengetahui penulisan yang benar ketika menulis artikel ini. Beruntungnya akhirnya menulis artikel ini hehe

Kepri adalah salah satu provinsi termuda di Indonesia. Masuk dalam urutan provinsi ke-32 sejak tahun 2004 pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri.
Menurut Undang-Undang No.25/2002 Provinsi Kepri mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, dan Kabupaten Bintan.

Masih menurut situs resmi pemerintah kota Tanjungpinang, pada tanggal 6 Januari 2023 kemarin, Kota Tanjungpinang resmi merayakan hari jadi ke 239. Pada perayaan hari jadi Kota Tanjungpinang biasanya pemerintah setempat mengadakan pesta rakyat.

Tanjungpinang memiliki luas wilayah 239.5 km2. Dengan luas daratan 131.54 km2 dan luas wilayah lautan 107.96 km. Karena hampir separuh luas wilayahnya lautan, maka transportasi laut menjadi moda transportasi kedua yang banyak digunakan setelah transportasi darat.

Kebudayaan asli Tanjungpinang adalah adat Melayu sebagai kebudayaan asli setempat. Meski demikian Tanjungpinang sangat kaya akan adat dan tradisi sesuai dengan sukunya yang heterogen. Suku di Tanjungpinang adalah suku Melayu sebagai suku asli, tetapi ada juga suku lain dari berbagai daerah seperti suku Batak, Tionghoa, Jawa, Bugis (Sulawesi), dan Jawa.

Pelabuhan domestik di Tanjungpinang adalah Pelabuhan Sri Bintan Pura yang menghubungkan kota Tanjungpinang dengan pulau-pulau di Kepri seperti Pulau Batam, Karimun, Natuna, Anambas dan pulau-pulau lainnya di Kepri. Sedangkan untuk pelabuhan ferry internasional Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjungpinang melayani akses ke Malaysia dan Singapore.

Nah itu sekilas tentang Kota Tanjungpinang dengan segala keanekaragamannya. Kembali lagi ke pembahasan destinasi wisata Tanjungpinang. MQ akan melanjutkan dengan membahas hotel Tanjungpinang yang dekat dengan pelabuhan baik pelabuhan domestik maupun pelabuhan ferry internasional.

Hotel Tanjungpinang Dekat Pelabuhan, Ini Daftarnya!


1. Hotel Furia Tanjungpinang 


Alamat Tanjungpinang kota, dekat Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. Telp (0771) 311-225

Hotel Furia Tanjungpinang paling dekat dengan pelabuhan Sri Bintan Pura. Sobat MQ bisa jalan kaki 5 menit keluar dari pelabuhan SBP dan akan ketemu langsung dengan gedung Hotel Furia Tanjungpinang. 

Harga Tarif per malam mulai dari Rp 240.000,- sudah termasuk free breakfast. Tapi jika Sobat MQ mau menginap disini harus booking jauh hari karena hotelnya selalu fully booked ^ ^

2. Pelangi Hotel & Resort Tanjungpinang 


Pelangi Hotel & Resort Tanjungpinang

Alamat Jalan D.I Panjaitan RW 6,Melayu Kita Piring, Kec Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang. Telp (0771) 318-888

Harga tarif Pelangi Hotel & resort RESORT Tanjungpinang per malam mulai dari Rp 248.000,- via Agoda dan Rp 250.000,- via Trivago.co.id. Kami pernah menginap disini lumayan recomended karena anak-anak bisa berenang dengan puas. Kolam renangnya luas dan sudah termasuk free breakfast. 

3. Comforta Hotel & Residence Tanjungpinang 


Alamat Jalan Adi Sucipto KM 10, Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Gimur, Tanjungpinang. Telp +62812-7062-999

Comforta Hotel Tanjungpinang

Harga tarif kamar per malam mulai dari Rp 479.000,- via Tripadvisor.com atau Agoda mulai dari Rp 486.000,-. Hotel ini terdapat pool yang luas, dekat dengan masjid, SPBU, dan pasar sangat cocok bagi yang suka hunting ke pasar tradisional. 

4. Bintan Beach Resort Hotel


Alamat Jalan Pantai Impian nomor 1, Tanjung Pinang Barat, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

Untuk menuju ke Bintan Beach Resort bisa ditempuh dengan waktu 15-20 menit saja dengan mobil. Harga tarif kamar per malam mulai dari Rp 252.000,- Jika ingin merakan staycation sambil menikmati suasana pantai, maka Bintan Beach Resort bisa jadi rekomendasi. 

4. Nite & Day Hotel Laguna Bintan


Alamat Jalan Bintan Nomor 51, Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau Telp (0771 311555).

Fasilitas AC, TV, Meeting Room, security 24 jam. Tarif penginapan Nite & Day Hotel Laguna Bintan mulai dari Rp 442 ribu per malam sudah termasuk breakfast.

Rekomendasi Wisata Dekat Hotel Pelabuhan Tanjungpinang


Kalau sudah mendapat hotel Tanjungpinang dekat pelabuhan yang nyaman dan ramah di kantong, koni saatnya Sobat MQ bisa jalan-jalan ke wisata Tanjungpinang. Nah ini ada beberapa rekomendasi MQ untuk beberapa wisata yang menarik dikunjungi di Tanjungpinang. Check this out.

1. Pulau Penyengat


Pulau Penyengat adalah sebuah pulau yang tak jauh dari Tanjungpinang. Pulau Penyengat pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Johor Riau pada abad ke-18. Jarak antara Pulau Penyengat dengan Tanjung Pinang hanya sekitar 2 Km saja.

Untuk bisa sampai ke Pulau Penyengat, Sobat MQ bisa menyeberang dari pelabuhan domestik Tanjungpinang menggunakan pompong. Waktu perjalanan tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 10-15 menit saja

Wisata menarik di Pulau Penyengat adalah situs sejarah di Masjid Raya Sultan Riau, Balai Adat, kompleks Pemakaman Keluarga Kesultanan Johor,Kompleks Istana Kantor, dan Benteng di bukit Kursi. Kono katanya Masjid Raya Sultan Riau dibuat dengan menggunakan putih telur sebagai campuran bahan bangunannya. Ini juga yang menjadikan MQ penasaran sekali dengan masjid ini.

Masjid yang dibangun pertama kali pada tahun 1761 ini baru selesai pada tahun 1812. Awalnya berupa bangunan kayu sederhana dengan sebuah menara setinggi 6 meter. Karena banyaknya jamaah, Masjid tak mampu lagi menampung jamaah. Sehingga pada tahun 1831-1844 Yang Dipertuan Muda Raja Abdurrahman, Sultan Kerajaan Riau-Lingga memperbaiki masjid dibantu dengan masyarakat.

Masyarakat banyak yang memberi bantuan bahan bangunan. Selain itu karena melimpahnya bahan makanan termasuk telur, masyarakat hanya memakan kuningnya saja. Oleh Arsitek telur dicampur dengan pasir dan kapur sebagai perekat bahan bangunan.

Masjid Raya Sultan Riau ini merupakan satu-satunya peninggalan sejarah kerajaan Riau-Lingga yang masih utuh. Pulau Penyengat hanya seluas 240 hektar saja. Dari Pelabuhan Sri Bintan Pura akan terlihat bangunan Masjid Raya Sultan Riau yang sangat mencolok dengan warna kuning cerah. Coba nikmati sholat di Masjid Raya Sultan Riau deh!

2. Taman Laman Boenda Tepi Laut


Taman ini berada di tepi laut Tanjungpinang. Jika Sobat MQ ke Tanjungpinang dan ingin melepas penat dengan tiupan angin laut, pas sekali jika berwisata ke Taman Laman Bunda Tepi Laut Ini.

Dari Pelabuhan Sri Bintan Pura hanya selemparan Batu saja. Sobat MQ bisa berjalan kaki menuju Taman Laman Bunda Tepi Laut. Paling cocok jika kesini di pagi hari saat udara belum begitu terik. Sobat mQ bisa berswa foto dengan background Taman Laman Bunda atau view laut dengan kapal-kapal yang lalu lalang. Indah sekali.

3. Taman Gurindam 12


Saat pertama kali Taman Gurindam 12 ini selesai dibangun, MQ sudah tidak sabar lagi ingin menikmatinya. Sebab Taman Gurindam 12 ini adalah salah satu jogging track yang ramah pengunjung termasuk anak-anak. Disepanjang track terdapat kursi-kursi taman dengan bunga-bunga yang cantik. Bisa swafoto serta duduk santai pelepas lelah melakukan olahraga ringan di Taman Gurindam 12.

Jika malam hari Taman Gurindam 12 ini sangat ramai dengan pedagang kuliner dan aneka permainan anak-anak. Cocok berkunjung kesini baik pagi hari maupun malam hari bersama keluarga

4. Gedung Gonggong


Gedung Gonggong merupakan satu kawasan dengan Taman Laman Bonda ya. Gedung Gonggong merupakan bangunan dua lantai berbentuk siput yang besar. Gedung Gonggong digunakan sebagai tempat untuk mengenalkan kuliner dan makanan khas serta oleh-oleh kota Tanjungpinang. Berfoto disini dengan jarak yang pas akan tampak seperti berada di dalam rumah Gonggong lho hehe.

5. Patung Seribu Wajah


Meskipun letaknya agak jauh dari pelabuhan, namun bisa dijangkau dengan mobil sekitar +/- 30 menit perjalanan. Patung Seribu Wajah merupakan tempat peribadatan umat Budha. Namun karena keindahan patung Seribu Wajah, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke tempat ini.

MQ pernah kesana di waktu liburan. Daan.. luar biasanya padat sekali. Alhasil lokasi parker mobil sangat jauh menuju Patung Seribu Wajah. Kami akhirnya mengurungkan niat.

Saran MQ, jika ingin santai menikmati keindahan Patung Seribu Wajah, sebaiknya jangan kesan di waktu peak season ya. Khawatir hanya mendapat lelah saja hehe. Ohya sebaiknya gunakan google map untuk menuju kesana, karena meskipun keluarga semua penduduk asli Tanjungpinang tetap saja tersesat menuju kesini hehe.

6. Gurun Pasir Busung


Gurun Pasir Busung Tanjungpinang

Tempat ini kalau dari pelabuhan Sri Bintan Pura terasa jauh, tapi jika Sobat MQ dari pelabuhan roro Tanjung Uban justru lebih dekat.

Gurun pasir Busung awalnya adalah tempat pertambangan bauksit. Tapi lama kelamaan Bauksit sudah mulai menipis dan tempat ini kemudian banyak ditinggalkan penambang begitu saja. Karena penampakan bekas aktivitas pertambangan Baksit tampak seperti Gurun pasir, maka oleh warga sekitar tempat ini dijadikan sebagai lokasi wisata mirip gurun pasir.

MQ kesini memang tampak seperti kita berada di gurun pasir luar negeri lho. Apalagi di sekitar terdapat spot foto dengan ornamen hewan unta dan bunga-bunga yang cantik. Mirip seperti di gurun deh. Untuk biaya foto dikenakan tarif kalau tidak salah Rp 5.000 hingga 10.000 ribu

7. Trans Studio Garden


Trans Studio Garden berada di Jalan Adi Sucipto No.1 Tanjungpinang. Jika dari hotel Tanjungpinang di dekat pelabuhan domestik atau ferry bisa ditempuh dengan perjalan mobil sekitar 25-30 menit. Trans Studio Garden Tanjungpinang ini termasuk wahanan permainan baru, tetapi jenis wahana dan tempatnya cukup estetik untuk berfoto dan bermain anak-anak. 

Itulah rekomendasi hotel Tanjungpinang dekat pelabuhan beserta tarif dan wisata terdekat yang bisa Sobat MQ nikmati. Jika one day pergi ke Tanjungpinang jangan lupa mampir ke hotel rekomendasi mQ di atas ya. Bagikan cerita dan pengalaman Sobat MQ selama menginap disana. Semoga bermanfaat.
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar