banner-imq

7 Peluang Usaha Modal 100 Ribu, Bisa Sambil Ngabuburit!


Halo Mitra Bisnis MQ, sudah memasuki akhir puasa, mari kita ngomongin tentang peluang usaha modal 100 ribu ! ada nggak? Banyak donk!. Karena Tunjangan Hari Raya atau THR sudah dibagikan, maka supaya berfaedah mari kita ubah jadi peluang usaha modal 100 ribu. 

Yuk coba kita bikin agar THR tidak hanya bermetamorfosa menjadi baju lebaran saja. Coba pikirkan agar uang THR berubah menjadi sebuah bisnis yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan buat kamu. Mau? Jangan sampai THR kamu menguap begitu saja, bisa kan menyisihkan 100 ribu doank.

Peluang Usaha Modal 100 Ribu


Peluang usaha modal 100 ribu selalu menarik untuk dibahas. Kalau kemarin kita sudah membahas tentang bisnis online rumahan. Kali ini saya ingin membahas tentang bisnis modal 100 ribu. Mau nggak? Momennya pas karena baru dapat THR kan? Wkwk 

Bisnis ini bisa kamu lakukan sambil menanti saat berbuka! Karena bisa dilakukan secara online. Nah, enak nggak tuh, sambil ngabuburit, eh cuan mengalir! Keren!

Selama puasa ini, apa saja yang biasa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka? Kalau kamu memanfaatkannya dengan memperbanyak ibadah itu bagus banget! Misalnya dengan tadarus, menyimak tausiyah, atau memperdalam bacaan alquran.

Tapi, kalau kamu menghabiskannya hanya dengan nge-game, scrolling instagram, buat galau status di facebook, lebih baik kamu ganti dengan baca artikel ini haha

Ups, wait-wait, sudah dulu bercandanya.. Ini saya mau membahas tentang peluang bisnis modal 100 ribu yang bisa kamu lakukan sambil ngabuburit. Cekidot :)

Contoh Peluang Bisnis Modal 100 Ribu


Beberapa contoh peluang bisnis modal 100 ribu yang bisa kamu lakukan akan kita bahas berikut ini. Beberapa bahkan bisa dilakukan tanpa modal, sudah nggak sabar? Yuk kita mulai.

1. Jasa Les Private Online


Jasa les privat online sangat mungkin memberi penghasilan yang menggiurkan saat ini. Mengapa? Efek pembelajaran daring 2 tahun kemarin, memberi banyak peluang kepada para guru online.

Nah, sekarang pembelajaran online seperti menjadi sebuah kebiasaan baru saat ini. Maka kalau dulu guru private itu harus dilakukan secara tatap muka, tapi sekarang ngga lho. Bahkan online pun bisa. Maka tentu saja hal ini memberi dampak yang baik.

Artinya guru online bisa mengajar lebih banyak murid dengan rentang waktu yang berdekatan.

Berapa bayaran gaji guru private online?


Dikutip dari laman superprof.co.id gaji guru private online beragam. Sangat tergantung dari mata pelajaran yang diajarkan. Tapi harganya rata-rata mulai dari 50 an ribu hingga 100 ribu rupiah per jam.

Guru matematika, fisika dan les piano menempati harga yang lebih tinggi dibanding mata pelajaran lainnya. Silakan hitung sendiri berapa penghasilan yang bisa didapatkan jika kamu bisa mengajar les private 2-3 jam sehari. Dan hitung berapa penghasilan sebulan!

2. Content Writing


Menjadi content writing seperti blogger sepertinya akan tetap menjadi pekerjaan idola saat ini. Hal ini tentu saja dikarenakan pekerjaan ini bisa dilakukan sambilan. Apalagi sebagai ibu rumah tangga yang tetap harus menjaga anak-anak.
  
Content writing
Pic by canva

Saya pun mulai menekuni profesi ini sejak setahun belakangan. Setelah resign dari pekerjaan 2 tahun lalu, saya mulai mengerjakan bisnis tulis menulis ini.

Modalnya berapa untuk menjadi blogger?


Alhamdulillah tidak sampai 100 ribu! Ya, harga domain ini nilainya cuma 90 ribu. Modal yang paling besar justru adalah waktu untuk menulis. Ya, saya kan ibu rumah tangga dengan 3 anak. Wajar jika sulit membagi waktu.

Tapi selama menjalani profesi ini, penghasilan setiap bulan sangat bisa diandalkan untuk membayar air listrik di rumah haha.

Berapa penghasilan content writing?


Penghasilan content writing berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta lho. Apalagi jika sudah menjadi content writing web luar negeri. Maka bayarannya dollar. Mau juga? Coba daftar intellifluence . tarif untuk sekali menulis di aplikasi content writing ini adalah 100 dolar U$. Nah tinggal di hitung saja ke rupiah sekitar 1,4 juta sekali nulis. Mantapkan?! 

3. Reseller


Menjadi reseller nyaris tanpa modal. Saya pernah menjalani profesi ini sebelumnya. Penghasilannya pun cukup memuaskan. Menurut pengalaman saya pribadi, saya pernah menjadi reseller brand fashion dan mainan edukasi.

Jika konsisten dengan selalu posting jualan setiap hari, maka bukan mustahil penghasilan sebesar UMR Jakarta bisa dicapai.

Berapa penghasilan reseller setiap bulan?


Menurut pengalaman teman-teman sekitar, penghasilan reseller sangat beragam, tergantung dari berbagai macam faktor. Tapi faktor utamanya adalah kepandaian meramu teknik copywriting produk. Jika teknik copywriting sudah dikuasai, penghasilan 1-4 juta per bulan bisa di dapat.

4. Dropshipper


Apa bedanya antara reseller dan dropshipper? kalau reseller artinya kita menjual barang dari agen dengan sistem stock atau pun tidak, tetapi dengan harga yang sudah ditetapkan dari pusat/agen.

Sedangkan dropshipper adalah sistem penjualan dari agen langsung kepada pembeli, tetapi transaksi melalui dropshipper. Dropshipper juga bebas menentukan harga sendiri.

Keuntungannya sebagai dropshipper, kamu tidak perlu menyetok barang. Apa Lagi sibuk mengurusi masalah packing dan sebagainya. Tugas dropshipper hanya sebagai "Iklan dan Transaksi" saja. selebihnya pihak agen yang mengurus.

Tapi kelemahannya adalah kadang barang habis tidak ada info dari agen, karena di borong oleh para reseller. Namun keuntungan lain bagi dropshipper adalah bisa memasang harga sesuai pasarannya sendiri.Tidak ada harga resmi yang dikeluarkan oleh pihak agen.

Berapa modal untuk menjadi dropshipper?


Beberapa brand mengharuskan adanya uang pendaftaran, sebut saja seperti Warung Umat harga pendaftaran untuk menjadi reseller maupun dropshippernya sebesar 99 ribu. Dari sini kita akan mendapatkan potongan harga sebesar 25% dari harga katalog.

Berapa penghasilan Dropshipper?


Penghasilan dari seorang dropshipper ini hampir sama dengan reseller. Sekitar 1- 4 juta sebulan, bahkan bisa melebihi angka ini. Sesuai dengan harga jual produk dan margin yang diambil. Gimana tertarik jadi reseller apa dropshipper?

5. Jasa Konsultasi Online

  
Jasa konsultasi online
Pic by canva

Jasa konsultasi online termasuk kedalam peluang usaha modal 100 ribu. Modal 100 ribu ini menurut saya bahkan bukan modal, karena ini termasuk kebutuhan. Jadi bisa dilakukan tanpa modal. Yang penting punya skill sebagai konsultan.

Modal 100 ribu yang dibutuhkan dalam bisnis jasa konsultasi ini adalah untuk pembelian alat konsultasi seperti tripod, dan headphone. Karena sebagian besar pekerjaan yang akan kita lakukan adalah melalui jalur daring. Jadi peralatan online seperti tripod dan headphone menjadi sangat vital dibutuhkan.

Berapa penghasilan konsultan online?


Untuk Jasa konsultan online sebenarnya tergantung dari jasa apa yang dikerjakan, misalnya jasa seorang designer tergantung dari besaran rumah yang akan dibuat. Biasanya mulai dari 30 ribu per meter persegi. Atau jasa pembuatan website mulai dari 300 hingga 1 juta rupiah, tergantung jenis kustomisasinya. Menggiurkan ya!

6. Influencer


Influencer juga termasuk kedalam bisnis yang bisa dilakukan secara online tanpa modal. Iya, Karena modalnya cuma pakai hp. Kalau hp semua orang pasti punya ya.

Cuma modal smartphone ditambah dengan feed yang rapi dan engagement dengan follower tinggi. Peluang untuk menjadi influencer dengan cuan tinggi juga terbuka lebar.

Berapa penghasilan seorang influencer?


Penghasilan seorang influencer berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah untuk nano influencer. sedangkan micro influencer bisa memiliki penghasilan 1 juta hingga 5 juta rupiah per bulan. Enak ya, cuma modal hp doang bisa mendapatkan penghasilan yang aduhai. Tertarik? silakan mencoba!

7. Admin Medsos


Nah ini yang sedang ramai diperbincangkan, bahwa admin medsos juga memiliki peluang penghasilan yang bisa dilakukan sambil rebahan di rumah. Jadi admin medsos rupanya menjadi profesi yang mempunyai peluang mendapatkan penghasilan lumayan.

Berapa modal untuk menjadi admin medsos?


Untuk menjadi admin medsos tidak perlu modal, yang penting mengetahui cara desain unik dengan aplikasi, tahu jadwal posting dan update berita yang lagi viral.

Masa' sih nggak pakai modal untuk menjadi admin medsos? Cuma modal kuota doang haha.. Tapi kalau belum tahu cara desain dan bikin feed cantik, mungkin kamu perlu belajar secara otodidak via Google
.

Berapa penghasilan seorang admin media sosial?


Penghasilan seorang admin media sosial berkisar antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah. Dan menjadi admin medsos bisa banget dilakukan sambil rebahan hahaha.

Penutup


Bicara mengenai peluang usaha modal 100 ribu memang menggiurkan, apalagi yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa, utamanya adalah tentang niat. Jika sudah ada niat, maka yakinlah pasti ada jalan.

Hei, rezeki itu memang sudah ditakar. Tetapi bukan berarti dengan duduk manis uang datang sendiri. Perlu ada gaya untuk bisa menghasilkan daya. Perlu ada upaya untuk menghasilkan rupiah. So, sudah tahu kan peluang usaha modal 100 ribu yang bisa dilakukan. Tunggu apa lagi yuk cobain!

Salam,
Tim Bisnis MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

8 komentar

  1. Saya pernah nyoba nomor 1 dan 2. Asli, emang ga banyak modal yang keluar dan cuannya lumayan juga buat beli boba... hehe
    Yang penting ada kemauan untuk berusaha, dengan modal kecil pun, pasti bisa

    BalasHapus
  2. Zaman sekarang mau mulai usaha gampang dan terjangkau yaa. Tinggal balik lagi sama niat dan kerja kerasnya untuk bisa mengembangkan usahanya dengan optimal.

    BalasHapus
  3. No 2 dan 6 ini nih yg mau ku tekuni mba, tpi baru sekadar penyaluran hobi, smoga jga bisa jadi sumber penghasilan tetap yg bsa diandalkan kedepannya, heheheh

    BalasHapus
  4. Banyaknya ide usaha online. Tinggal gimana kitanya aja, ya. Mau atau nggak ngejalaninnya. Saya termasuk yang lagi mendalami menulis jadi cuan. Semangat ngonten!

    BalasHapus
  5. Bisnis kita bisa jalan karena diawali dengan niat.. Kadi walaupun saat bisnis kita sepi maupun ramai kita sudah siap dulu ya mba.. Tidak berhenti ditengah jalan..

    BalasHapus
  6. Wah...ini mah kayaknya nggak butuh modal say.
    Cuma mental buat melawan rasa malas..heheheh

    BalasHapus
  7. Kalau saya pilih opsi reseller dulu deh mbak,, pernah soalnya, dg uang seratus ribu memang bisa kok terjun di bisnis online. Asal tekun pasti berbuah hasil, apalagi dijalani dengan penuh hati riang, bisa2 jadi naik level ....

    BalasHapus
  8. Nyatanya kalau niat dan punya kemauan besar, modal kecil aja bisa menghasilkan ya. Jaman skg modal internet aja bisa berkarya dan berdaya. Inspirasi di atas bermanfaat sekalii ;)

    BalasHapus

Posting Komentar