banner-imq

Usaha Kue Kering Kiloan, Segini Modal Awalnya


Halo Sobat MQ,

Sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan hari besar agama, yaitu Natal dan Tahun baru. Sebuah peluang menghasilkan cuan untuk usaha kue kering kiloan. Betul nggak?

Seperti halnya lebaran Idul fitri, momen Natal dan Tahun baru bagi Umat Kristiani di Indonesia dirayakan dengan acara makan-makan dan kumpul keluarga. Dan ya otomatis momen ini pastinya dihiasi dengan penampilan kue kering pada hidangan meja.

Nah, apakah Sobat MQ melihat momen hari besar keagamaan sebagai sebuah peluang meraup cuan? Ya dong, sebagai pebisnis kita harus pandai melihat kapan musim jualan kapan musim liburan. Meskipun liburan masih dalam angan-angan hehe.

Sobat MQ pada semangat nggak kalau kita bahas cuan musiman sebagai bekal liburan nanti? Yuk lah kita manfaatkan momen musim lebaran ini untuk bergerilya mencari money melalui usaha makanan ringan. Kita gerilya lewat usaha kue kering Kiloan, yuk!

Usaha Kue Kering Kiloan, Seberapa Besar Peluang ya?


Ada yang masih ragu jika usaha kue kering kiloan sudah tidak menarik pembeli lagi? Nah lho, mungkin Sobat MQ belum tahu sebuah fakta baru, bahwa pada musim lebaran baik Idul fitri, natal, maupun hari besar keagamaan lainnya, mencatatkan penjualan kue kering sejumlah 10,44 miliar rupiah yang dilakukan melalui platform online seperti dikutip dari UKM Indonesia.

Usaha Kue kering kiloan
Image shutterstock

Sedangkan jumlah kue kering yang terjual mencapai 322 ribu lebih. Nah kan, bisa dibayangkan peluang usaha kue kering kiloan ini menjelang musim hari raya keagamaan.

UKM Indonesia juga mencatat jenis-jenis kue kering yang paling banyak digemari dikemas dalam bentuk hampers maupun cookies dalam kemasan toples. Bagi Sobat MQ yang memiliki hobi membuat racikan cookies, usaha kue kering kiloan boleh jadi pilihan berusaha menjelang hari Natal dan Tahun baru nanti.

Berapa Modal Usaha Kue Kering Kiloan?


Pernah nggak bertanya berapa modal usaha kue kering kiloan? Hmm menarik untuk kita bahas juga ya, berapa besaran modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha kue kering kiloan. Mari kita hitung bersama-sama.

Modal usaha kue kering kiloan meliputi:
  • Modal Bahan Rp 650.000,- untuk 10 toples kue kering jenis Nastar premium, rinciannya bisa dilihat di postingan berikutnya ya.
  • Mixer Merk Cosmos Rp 190.000,- via marketplace
  • Oven listrik merk Kirin 10 liter Rp 265.000,- via marketplace
  • Loyang 5 pcs ukuran 30x25x2 cm Rp 150.000,-
  • Modal alat lain-lain Rp 150.000,-
Total Modal usaha kue kering kiloan Rp 1.405.000,-

Nah ini adalah modal awal untuk usaha kue kering kiloan sebanyak 10 toples siap jual adalah Rp 1.405.000,-

Jika melihat dari besaran modal awal usaha kue kering kiloan ini, usaha kue kering bahkan bisa dimulai dengan Modal kurang dari angka di atas. Caranya dengan memangkas biaya alat, Sobat MQ bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah.

Misalkan di rumah memiliki ada oven dan mixer, tentu saja biaya ini jadi lebih murah dan modalnya bisa kurang dari 1 juta. Mari kita hitung yuk

Modal usaha kue kering kiloan Rp 1.405.000,- dikurangi biaya alat oven (Rp 265.000,-) dan mixer (Rp 190.000,-) total modal senilai Rp 950,000,- saja!

Meski demikian Sobat MQ tetap harus mengalokasikan dana sebagai modal usaha untuk membeli 'alat tempur' utama ini. Karena ini adalah aset usaha bisnis kue Sobat MQ. Lantas jenis kue apa saja yang laris manis dipasaran menjelang lebaran?

Jenis-Jenis Kue Kering Paling Laris Jelang Lebaran


Kue kering
Image shutterstock

Jika Sobat MQ sudah mantap untuk memulai usaha kue kering kiloan, kini Sobat MQ boleh mendata jenis kue kering yang paling laris di pasaran. Berikut ini MQ akan kasih Referensi jenis kue kering paling laris di pasaran Jelang lebaran.

Kue Nastar Selai Nanas


Kue Nastar isi selai nanas atau Nastar premium menjadi primadona kue kering saat momen kumpul keluarga. Bisa dipastikan Salah satu hidangan kue kering di meja adalah Nastar. Dengan citarasa yang manis ditambah dengan selai nanas didalamnya, Nastar paling cocok dinikmati saat bersama keluarga.

Menurut Senior Data Analyst dari aplikasi pengurus UMKM Moka, Hutami Nadya, seperti ditulis oleh gaya.tempo.co jumlah penjualan kue Nastar selai nanas ini terjual sebanyak 171 ribu kue pada musim lebaran tahun 2020. Jumlah yang banyak untuk bisa meraup untung melalui usaha kue kering kiloan.

Kue Putri Salju


Putri Salju menjadi pilihan kue kering lainnya yang banyak diminati, masih mengutip dari gaya.tempo.co menyebutkan bahwa Senior Data Analyst dari aplikasi pengurus UMKM Moka merilis data bahwa penjualan kue putri salju pada Ramadhan 2020 terjual sebanyak 48 ribu topples.

Kastengel


Jenis kue ketiga yang juga menempati penjualan tertinggi adalah jenis kue Kastengel. Kue Kastengel berbeda dengan dua kue sebelumnya yang bercita rasa manis, Kastengel memiliki cita rasa gurih dengan taburan keju diatasnya. Jumlah penjualannya pun masih menempati angka 13 ribu kue pada periode yang sama seperti dua kue sebelumnya.

Kacang Bawang


Kacang Bawang memang bukan jenis kue kering, tetapi jenis penganan ini kerap menjadi penghias meja saat lebaran. Selain rasanya yang memecah rasa kue lebaran yang identik dengan manis, Kacang Bawang bisa jadi penawar kue dengan rasa gurih asin dari kacang itu sendiri.

Lidah Kucing


Kue Lidah Kucing juga menjadi pilihan kue kering saat lebaran lho. Rasanya yang tidak terlalu manis turut menjadi pilihan kue lebaran. Kue lidah kucing ini berbentuk menyerupai lidah kucing dengan bentuk tipis memandang. Jika Sobar MQ ingin mulai usaha kue kering kiloan, boleh juga memasukkan kue lidah kucing sebagai varian kue.

Well, itulah ulasan MQ mengenai modal usaha kue kering kiloan serta jenis kue kering kiloan yang paling laris di pasaran jelang momen lebaran. Sebentar lagi lebaran Natal dan Tahun baru nih, peluang emas untuk meraup cuan lebih besar. Yuk mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar