banner-imq

4 Strategi Bisnis Parfum Merk Sendiri, Simak di Sini!


Halo Sobat MQ,
Setuju nggak sih kalau dalam sebuah bisnis itu butuh strategi? Sobat MQ setuju pastinya hehe. Jika sebuah bisnis memiliki strategi pemasaran yang jitu, otomatis bisnis Sobat MQ akan semakin berkembang dan dikenal seantero negeri.

Lihat saja strategi pemasaran produk ala Menantea, dengan strategi jitu yang terukur wajar bila bisnis milik artis Jerome Polin dan kakaknya, Jehian, ini sedang digandrungi banyak orang.

Dalam waktu singkat bisnis franchise yang digagasnya telah membuka lebih dari 100 cabang di kota-kota besar Indonesia. Hal ini tentu saja didukung dengan strategi pemasaran produk yang jitu.

Bagaimana dengan strategi bisnis parfum merk sendiri? Apakah strategi ala Menantea atau bisnis minuman kekinian juga bisa kita terapkan disini? Mari kita bahas.

Jurus Jitu Strategi Bisnis Parfum Merk Sendiri


Jika sebelumnya MQ sudah sempat menyinggung tentang cara mudah memulai bisnis parfum merk sendiri, kini MQ akan menulisnya lebih detail tentang bagaimana membuat strategi bisnis parfum merk sendiri.

Sebagai pebisnis pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis parfum merk sendiri, Sobat MQ perlu membuat strategi terlebih dahulu. Jangan sampai bisnis parfum yang telah keluar modal usaha dengan susah payah hanya menjadi sebuah kenangan yang tak pernah ada hehe.

Bisnis Parfum Merk Sendiri

Mari kita mulai bagaimana jurus jitu strategi bisnis parfum merk sendiri, mari kita bahas.

1. Riset Pasar


Data menyebutkan bahwa nilai pendapatan di sektor parfum di Indonesia mencapai USD 394 juta pada 2019. Angka ini cukup menggiurkan, jika kita melihat tren yang ada bahwa bisnis parfum akan tetap manis dan tumbuh setiap tahunnya.

Selain itu, Sobat MQ juga perlu melakukan riset pasar bagaimana pola perilaku masyarakat dalam penggunaan parfum, daya beli masyarakat, hingga jenis parfum apa yang paling diminati oleh konsumen. Lakukan riset secara mendetail dari hulu ke hilir untuk mendapatkan data yang pas.

Perencanaan akan memakan waktu yang tidak sebentar. Bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga tahunan jika melakukan riset secara mendalam. Tak masalah, yang penting Sobat MQ benar-benar melakukan riset yang matang. Percayalah bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

2. Eksekusi Perencanaan


Setelah melakukan riset yang mendalam, kini Sobat MQ bisa melakukan eksekusi langsung bisnis parfum merk sendiri. Eksekusi perencanaan bisa dimulai dengan membuat rencana bisnis parfum yang ingin dibangun. Sekali lagi buatlah rencana bisnis yang matang. Eksekusi perencanaan dimulai dengan:
  • Menentukan nama brand parfum
  • Bagaimana desain atau logo parfum yang ingin dibuat
  • Menentukan value yang ingin dibangun dengan bisnis tersebut
  • Memikirkan bagaimana cara membangun branding
  • Menentukan target konsumen hingga target spesifik
  • Sumber modal dan dana cadangan
  • Tim yang bekerja sebagai pemain inti dalam bisnis, dan semisal

3. Mengangkat Value Brand


Buatlah sebuah history yang memukau dan value yang ingin dibangun, agar konsumen semakin tertarik dengan brand parfum Sobat MQ. Cerita yang Sobat MQ angkat tentu saja harus berhubungan dengan value yang ingin dibangun oleh bisnis parfum merk sendiri Sobat MQ ya.

Value brand yang dibangun dari bisnis parfum merk sendiri tentu sangat menarik bagi konsumen. Apalagi jika value yang dibangun memiliki nilai historis yang mampu menggugah sisi sensitif konsumen. Dijamin brand parfum Sobat MQ pasti selalu diingat oleh konsumen lho.

4. Menentukan Signature Wangi


Dalam berbisnis parfum Sobat MQ bisa membuat sebuah racikan wangi yang akan menjadi signature dari bisnis parfum merk sendiri yang Sobat MQ buat. Wangi ini yang akan menjadi identitas dari brand kamu.

Tentunya signature parfum yang khas tidak bisa ditemukan dalam satu atau dua kali formula saja, tetapi bisa membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sobat MQ juga bisa meminta bantuan professional untuk membuat racikan wangi yang pas.

Biasanya jasa maklon parfum juga menyediakan jasa racikan parfum sesuai spesifikasinya yang diinginkan pengguna jasa. Sobat MQ bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan jasa maklon parfum yang digunakan.

Itulah 4 cara mudah membuat strategi bisnis parfum merk sendiri yang bisa Sobat MQ terapkan pada perencanaan bisnisnya. Jika masih ingin tahu lebih lanjut tentang jenis-jenis aroma parfum , bisa lihat lagi artikel MQ sebelumnya ya. Semoga bermanfaat.
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar