banner-imq

6 Ide Aktivitas Liburan di Rumah Bareng Anak


Hi SobatMQ!
Liburan kali tahun ini pada pergi kemana? Saya dan keluarga masih setia menunggu komplek, alhamdulillah hehe. Sepertinya setiap tahun selalu di rumah ketika liburan. Kalau diingat, kapan terakhir liburan ke luar kota yang jauh? Hmm sepertinya sudah sangat lama sekali.

Setelah itu, apalagi sejak memiliki anak-anak yang sudah sekolah dengan jadwal libur berbeda, kami nyaris hanya liburan di dalam kota saja. Kecuali saat mudik lebaran, kami ke rumah mertua di Tanjungpinang, Pulau Bintan, tapi kan masih dalam satu provinsi.

Karena setiap tahun hanya di rumah saja, maka saya pun mulai mencari-cari kegiatan apa yang dapat dilakukan anak-anak selama liburan ini. Bahkan kami pernah membuat liburan di rumah rasa staycation lho hihi. Anak-anak bahagia juga kok (menurut saya).

Liburan bareng anak

Liburan itu bukan seberapa jauh kita pergi, tetapi seberapa jauh perasaan lelah kita pergi. Karena makna liburan yang sebenarnya adalah mengistirahatkan semua anggota tubuh hingga pikiran dari rasa lelah, dan berharap dengan liburan lelahnya berganti bahagia.

Sekarang, kalau SobatMQ sama seperti kami yang liburannya di rumah saja tapi tetap ingin anak-anak bahagia, maka ide liburan berikut ini perlu dipertimbangkan. Yuk!

Ide Aktivitas Liburan di Rumah Bersama Anak


1. Melakukan aktivitas outdoor


Melakukan aktivitas outdoor bagi anak menjadi pengalaman menyenangkan buat mereka. Banyak manfaat yang bisa dirasakan anak-anak ketika mereka melakukan aktivitas di luar ruangan.

Bahkan dalam pendidikan berbasis Montessori, aktivitas outdoor berfungsi untuk mengaktifkan seluruh panca indera pada anak. Dimana hal ini tidak bisa dilakukan jika hanya melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Aktivitas outdoor memaksa mereka menggunakan seluruh panca inderanya. Mengeksplor apa saja yang dilihat, demi memenuhi rasa ingin tahu mereka. So, mulai sekarang ajak anak kamu melakukan aktivitas outdoor ya.

2. Belajar dari alam sekitar


Sob, seberapa sering kamu mengajak anak-anak untuk mengenal alam sekitar? Kapan terakhir kali melihat anak menginjak rumput tanpa alas kaki? Berbagai kegiatan dengan mengeksplorasi alam sekitar tempat tinggal bisa menjadi ide liburan yang menarik lho.

Kamu bisa mengajak mereka melakukan permainan peran dengan berpura-pura berbelanja sayur di pasar, tentu bukan pasar yang sebenarnya. Yap! Pasarnya adalah alam. Anak-anak bebas mengumpulkan sayuran dari dedaunan jatuh, batu-batuan, kayu kering, atau apapun yang menarik penglihatan mereka.

Setelah mereka puas mengumpulkan apa yang mereka dapatkan. Sekarang giliran SobatMQ sebagai orang tua yang menjelaskan benda yang mereka dapatkan. Permainan ini membantu mereka mengenal alam lebih baik secara langsung. Selain itu kamu juga bisa memasukkan edukasi menumbuhkan sikap cinta terhadap lingkungan.

3. Bermain-main dengan warna


Bermain warna tentu sangat menyenangkan. Apalagi bagi anak usia di atas 3 tahun, mengenal berbagai jenis warna menjadi pengalaman baru bagi mereka. Anak-anak sangat takjub dengan berbagai jenis warna dan perubahannya. Memainkan keajaiban warna melalui sesi mewarnai, atau eksperimen sederhana menjadi pengalaman liburan seru tersendiri bagi anak.

4. Jogging


Sepertinya jogging adalah hal yang paling simpel bahkan tanpa biaya, tapi efeknya sangat luar biasa pada anak. Anak-anak yang memiliki energi yang besar membutuhkan aktivitas untuk menyalurkannya, baik aktivitas yang menguras fisik maupun psikis. Dan jogging adalah salah satu aktivitas mudah dan menarik bagi anak.

Lakukan jogging atau lari pagi bersama anak selepas sholat subuh atau sebelum matahari terbit. Sembari mengenalkan aktivitas fisik, mengajak anak-anak jogging artinya mengajarkan mereka cara melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga ringan.

5. Mengundang teman ke rumah


Main bersama teman-teman tentu menyenangkan. Meskipun libur sekolah anak-anak tetap membutuhkan ruang untuk bersosialisasi. Mereka terbiasa bercengkrama dengan teman sebaya.

Setiap hari di sekolah anak-anak berinteraksi, mengobrol, dan bercanda selama minimal 5-8 jam dengan teman-teman nya. Tentu saja hal ini menjadi kerinduan manakala kegiatan tersebut tidak dilakukan ketika liburan.

Untuk memenuhi kebutuhan mereka berinteraksi, SobatMQ bisa mengajak mereka untuk mengundang temannya main ke rumah. Dengan tetap menjaga interaksi bersama teman sebaya, mereka juga bisa mengasah kemampuannya berbahasa.

6. Wisata kuliner bareng anak


Siapa yang tak suka jajan? Dan tentu saja anak-anak sangat suka. Apalagi jika dilakukan sambil diawali dengan jalan-jalan ke taman bermain outdoor. Tentu sangat menyenangkan bagi mereka.

Sekali-kali mengajak anak untuk berwisata kuliner menjadi best experience yang menarik untuk mereka. Kapan kamu terakhir kali mengajak anak-anak berwisata kuliner? Jika belum pernah, inilah kesempatan kamu, mumpung masih suasana liburan. Yuk ajak mereka mengenal beragam jajanan khas Indonesia dengan melakukan wisata kuliner nusantara.

Penutup


Demikianlah ide aktivitas liburan bersama anak yang bisa kamu lakukan meski hanya di rumah saja. Ide liburan ini bisa kamu lakukan di mana saja, baik ketika kamu sedang traveling ke suatu tempat atau kamu hanya mengisi liburan di rumah saja. Ide kegiatan liburan ini menjadi pengalaman tak terlupakan bagi mereka. Apalagi jika dilakukan dengan persiapan yang matang dan menyenangkan.

Sudahkah SobatMQ mengajak anak-anak pergi liburan hari ini? Ingat ya, liburan bukan berarti harus pergi suatu tempat yang membutuhkan biaya besar. Liburan itu adalah melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di luar rutinitas biasa. Jadi sudah liburan kemana hari ini? Sharing di kolom komentar ya.

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar