banner-imq

Modal 500 Ribu Usaha Apa? Ini Contohnya

Hi Mitra Bisnis MQ,

Ada yang penasaran nggak dengan pertanyaan begini 'modal 500 ribu usaha apa ya?' Sering nggak sih Mitra Bisnis MQ ditanya seperti ini oleh teman atau tetangga dengan pertanyaan serupa? Jangan khawatir, disini kamu akan dapat pencerahannya.

Kita masih ngomongin tentang dunia bisnis nie hehe. Ya sih akhir-akhir ini Tim BisnisMQ lagi banyak berkutat di dunia ini. Eh padahal memang setiap hari begitu khan ya hehe..

Intinya bagaimana supaya kita bisa tetap mendapatkan penghasilan meski di rumah saja. Apalagi sebagai ibu rumah tangga, sepertinya ada yang kurang kalau belum mampu menghasilkan uang dari rumah. Ya kan?? Yuk lah kita bahas tentang 'modal 500 ribu usaha apa'?

Modal 500 Ribu Usaha Apa?


Pertanyaan sejenis ini akan sangat menyulitkan jawabannya jika kita hanya berkutat di rumah saja tanpa mencoba mencari tahu usaha apa yang bisa dilakukan perkara modal 500 bisa usaha apa?

Modal 500 Ribu Usaha Apa

Dunia usaha rumahan yang banyak menjamur saat ini bahkan bisa dibangun dengan modal tidak sampai 500 ribu kok. Tapi mengingat ini adalah pertanyaan yang nyaris menjadi blunder di pikiran para calon pebisnis semua, baiklah kita akan bahas selengkapnya.

9 Contoh Usaha Modal 500 Ribu


Usaha dengan modal 500 ribu bisa usaha apa dapat dijawab dengan membuka deretan usaha rumahan di bawah ini.
   
Contoh modal 500 ribu usaha apa


1. Usaha Gorengan


Gorengan menjadi camilan yang kerap dijadikan kudapan bagi keluarga Indonesia. Selain rasanya enak, harganya juga ramah di kantong. Wajar bila penjual gorengan semakin hari makin bertambah saja.

Modal usaha untuk membuat gorengan juga terbilang murah. Mitra Bisnis yang sedang dalam kebingungan perihal modal 500 ribu bisa usaha apa, usaha gorengan salah satunya.

Mitra BisnisMQ bisa memulai dengan menjual gorengan seperti tempe goreng, pisang goreng, tahu bulat dan sebagainya sebagai langkah awal menjual gorengan.

2. Jualan Online Baju Bayi


Penjualan peralatan dan baju bayi saat ini memiliki target market yang cukup menggiurkan. Ini salah satu usaha yang patut dijadikan wishlist apabila ingin bergerak memulai usaha dari rumah.

Ada baiknya apabila ingin memulai melakukan penjualan baju bayi disertai dengan perlengkapan tambahan bayi lainnya. Pernak-pernik bayi semisal hijab bayi, celemek makan, kaus kaki, sarung tangan dan sebagainya.

Hal ini tentu saja akan menambah daya pikat para pembeli karena membeli semua perlengkapan bayi hanya di satu toko saja. Pada umumnya para Ibu, selain membeli baju, juga akan melirik barang lain sebagai pelengkap baju bayi.

Ada baiknya menyediakan perlengkapan tersebut untuk menambah kelengkapan barang dagangan. Saya pernah berjualan perlengkapan baju bayi dengan segala pernak-perniknya, modal awal bahkan tidak sampai 500 ribu hehe.

Jadi apabila masih ada yang kebingungan modal 500 ribu bisa usaha apa, yuk jualan online baju bayi.

3. Reseller Toko Herbal Online


Menjadi reseller toko obat herbal juga menjadi pilihan dalam menjawab pertanyaan modal 500 ribu usaha apa. Reseller toko herbal online menjadi salah satu ladang bisnis yang menghasilkan cuan menjanjikan.

Apalagi fenomena saat ini, masyarakat Indonesia sudah mulai banyak yang menggunakan suplemen herbal sebagai booster imun tubuh.

Sangat wajar bila kemudian banyak bermunculan toko obat herbal di Indonesia. Dengan sistem penjualan berjenjang, bahkan sangat memudahkan untuk menarik minat siapa saja yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

Memang pada dasarnya untuk menjadi reseller tidak membutuhkan modal awal, hanya butuh iklan saja. Namun ada satu kejadian pembeli belum mentransfer uang pembelian sehingga reseller harus memiliki dana cadangan untuk membelikan terlebih dahulu.

Disamping itu tidak ada salahnya kan modal usaha yang ada dijadikan sebagai dana untuk membeli stock produk pribadi atau membeli produk yang memiliki angka penjualan tinggi.

4. Jual Makanan Online


Modal 500 ribu usaha apa yang berikutnya adalah dengan berjualan makanan online semisal ayam penyet, soto ayam, atau penganan lain yang sekira bisa dijadikan lauk pauk.

Modal 500 ribu untuk berjualan lauk-pauk online semisal ayam penyet bisa digunakan untuk membeli bahan-bahan modal utama seperti ayam, bumbu, cabai, tomat dan bahan lainnya.

Alokasikan dana yang dibutuhkan untuk pembelian bahan utama ini sekitar 300 ribu, sisanya gunakan sebagai bahan untuk membeli bahan pendukung. Seperti plastik packing, tempat lauk, media promosi seperti banner dan sebagainya.

Meski hanya berjualan online, tidak ada salahnya untuk memasang banner juga di rumah. Hal ini tentu saja akan menambah daya promosi gratis kepada tetangga hehe

5. Reseller Buku Edukasi


Menjadi reseller buku edukasi juga bisa dilakukan tanpa modal. Tetapi ada baiknya sekali lagi kita menggunakan modal 500 ribu sebagai dana cadangan untuk membeli barang yang dipesan customer.

Untuk menjadi reseller buku edukasi ada yang berbayar ada juga yang mensyaratkan adanya pembelian pertama. Nah uang modal ini bisa kamu gunakan sebagai modal awal untuk menjadi reseller buku edukasi.

Mita BisnisMQ bisa gunakan pembelian pertama sebagai media promosi. Promosi dengan pengalaman pribadi sebagai data lebih mengena daripada promosi dengan menggunakan template yang disediakan oleh perusahaan tentunya.

6. Agen Makanan Frozen


Agen makanan frozen juga sedang ramai menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan dengan modal 500 ribu bisa usaha apa. Pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir ini telah merubah banyak hal. Terutama pada pola konsumsi masyarakat.

Banyak ibu rumah tangga yang sudah menyediakan makanan siap saji di rumahnya sebagai alternatif menghindari makan di luar. Selain karena faktor kesehatan, faktor ekonomi dan lebih praktis juga menjadi alasannya.

Peluang untuk menjadi agen atau reseller makanan frozen terbuka lebar. Sebagai langkah awal gunakan lemari es di rumah sebagai tempat penyimpanan makan beku ini. Setelah usaha mulai berkembang, Mitra Bisnis MQ boleh jika mau berinvestasi membeli freezer khusus makanan frozen.

7. Buat Hampers Lebaran


Meski hampers termasuk usaha musiman, tetapi jumlah permintaan terhadap pembuatan hampers tetap tinggi lho. Hampers bukan saja digunakan sebagai momen silaturahmi lebaran saja, hampers telah banyak digunakan dalam berbagai macam perayaan.

Sebut saja beberapa perayaan yang kerap menggunakan hampers, antara lain momen ulang tahun, mengunjungi orang sakit, wisuda kelulusan dan sebagainya.

Modal 500 ribu bisa usaha apa? salah satunya dengan membuka usaha jasa hampers. Mitra Bisnis MQ bisa mulai promosi dengan hampers bikinan sendiri atau menggunakan referensi orang lain yang kira-kira bisa dipraktekkan jika ada yang memesan.

Uang modal yang ada bisa digunakan untuk mulai membeli peralatan pendukung seperti pita jepang, bunga artificial, kain jaring, gunting, selotip, lem tembak dan peralatan pendukung lainnya.

Setelah itu mulailah berkreasi dengan hampers buatan kamu dan mengabadikannya di social media. Jangan lupa setiap ada pesanan, mintalah para pelanggan untuk menulisnya di social media mereka. Hal ini sangat berguna sebagai bahan promosi gratis hehe.

8. Agen Pulsa dan Kuota


Agen pulsa dan kuota menjadi alternatif tambahan untuk kamu yang ingin berbisnis dengan modal 500 ribu. Menjadi agen pulsa dan kuota bisa menjadi referensi usaha Mitra Bisnis MQ berikutnya.

Mula-mula langkah yang harus dilakukan adalah mendaftar menjadi agen pulsa dan kuota. Biasanya beberapa aplikasi keagenan menggratiskan biaya pendaftaran. Mitra Bisnis MQ hanya butuh mentransfer untuk deposit saldo saja semisal 100 ribu, 200 ribu atau 300 ribu.

Selanjutnya Mitra Bisnis MQ perlu membuat banner dan memasangnya dimana ingin berjualan, misal di rumah atau di dipasar. Pasang banner di sana. Setelah itu mulailah promosi melalui media social kamu.

Namun perlu diingat apabila berjualan online pulsa dan kuota, pastikan Mitra Bisnis MQ menjual dengan orang yang bisa ditemui. Karena salah satu penyakit kronis bagi penjual pulsa dan kuota online adalah kredit macet alias banyaknya kasbon hehe.

Sebisa mungkin hindari memberi kasbon kepada pelanggan. Selamat mencoba dan mulailah berjualan.

Penutup


Mitra Bisnis MQ, meski dirumah saja, kita tetap bisa kok mendapatkan penghasilan dan meraih cuan. Asalkan mau membuka mata dan pikiran untuk menangkap setiap peluang yang ada.

Jadi ketika masih bingung dengan pertanyaan modal 500 ribu bisa usaha apa? Mitra Bisnis MQ boleh simak kembali tulisan ini atau bahkan membagikannya kepada teman-teman yang membutuhkan.

Semoga tulisan 'Modal 500 Ribu Usaha Apa' yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi Mitra Bisnis MQ semua. Terima kasih, Semangat berusaha Mitra Bisnis MQ!

Salam,
Tim Bisnis MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

6 komentar

  1. Wah iya juga ya kadang orang mikir modal.kecil mau bisnis apa. Nah ini dia contoh-contohnya. Aku sepakat sih buat gorengan kayake g sampai 500k nih. Jadi bisa banget dicoba oleh siapa saja

    BalasHapus
  2. Hari gini, ternyata modal bukan faktor utama ya. YAng penting kemauan dan kreativitas. Saya tertarik banget sama "agen makanan frozen". lagi hits banget sih ini... DAn jadi favorit anak-anak di kala malam hari...

    BalasHapus
  3. Hanya dengan modal 500rb ternyata ada lumayan banyak referensi untuk bisnis dan usaha ya mba.. Asal kita mau niat dan maju bergerak untuk usaha pasti modal berapapun akan jalan.. Semangattt..

    BalasHapus
  4. Edukasi macam begini seharusnya juga jadi bacaan para pebisnis kecil ya mbak, teringat wali murid yang jualan makanan matang malah mereka rugi. Akhirnya tutup warung. Padahal ada bebrapa opsi yang dipilih sesuai kemampuan

    BalasHapus
  5. Sebetulnya banyak yg bisa memenuhi modal segitu. Tp ga semua orang punya kemauan, niat dan kerja keras wkwkwk padahal buat usaha butuh talk less do more. Doakan oneday ak punya usaha yg real ya buk wkwk

    BalasHapus
  6. Wah bisa banget ya kak 500ribu buat bisnis. Nice

    BalasHapus

Posting Komentar