banner-imq

6 Contoh Strategi Pemasaran Produk ala Menantea



Siapa yang penasaran bagaimana contoh strategi pemasaran produk yang tepat? Strategi pemasaran produk yang tepat dapat meningkatkan penjualan dan perkembangan bisnis yang sedang dibangun. Ambil saja contoh bisnis Menante Jerome Polin yang memiliki strategi pemasaran produk yang kece.

Menantea toko

Meski tergolong usaha minuman kekinian yang masih baru, nyatanya minuman teh Menantea sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Kira-kira apa sih yang membuat Menantea begitu cepat melejit sebagai brand minuman kekinian?

Menantea dan Strategi Pemasaran Produk


Siapa pemilik Menantea? Bagi kamu yang belum tahu siapa pemilik Menantea, kali ini kamu membaca artikel yang tepat hehe. Karena melalui artikel ini MQ akan menginformasikan siapa pemilik Menantea dan bagaimana contoh strategi pemasaran produk Menantea ini.

Menantea adalah salah satu brand minuman kekinian milik artis muda sekaligus youtuber Jerome Polin dan kakaknya, Jehian. Memulai bisnis minuman dengan sistem franchise, kedua kakak beradik ini dibina oleh pemilik Kopisoe, Sylvia Surya dan pebisnis lainnya. Sylvia Surya sendiri dengan brand Kopisoe telah memiliki lebih dari 200 gerai di seluruh Indonesia.

Meski Menantea baru dibuka pada 10 April 2021, hingga kini Menantea telah membuka cabang lebih dari 100 gerai di seluruh kota besar Indonesia. Jerome dan Jehian juga dibantu oleh Bisma Adi Putra serta Hendy Setiono, selaku CEO dari Baba Rafi enterprise.

Menu Favorit Menantea 


Selain menyediakan aneka jenis minuman teh kekinian lengkap dengan toping yang bisa dikustomisasi, Menantea juga menyediakan aneka camilan seperti Potato and Chicken Popcorn serta Potato Fries.5

Sedangkan minuman yang menjadi andalan di Menantea adalah menu Mantappu Tea dan Matemateaka dari menu signature series. Sedangkan menu-menu lainnya yang tak kalah hits adalah kelompok Pure tea series, Milk tea, Irrational series dan fruit tea series.

Bagaimana Jerome dan Jehian mengembangkan strategi pemasaran produk pada Menantea ini? Bagaimana pula contoh strategi pemasaran produk hingga sukses menggaet banyak investor dengan bisnis waralabanya.

Contoh Strategi Pemasaran Produk


Contoh strategi pemasaran produk adalah senjata rahasia dalam menggapai kesuksesan bisnis. Strategi pemasaran ibarat kunci, sedangkan produk adalah kendaraannya. Makan7 strategi dan produk adalah dua sisi yang saling berkaitan.tree

Bagaimana dalam menjalankan strategi dalam setiap pembukaan cabang barunya. Kita bahas yuk contoh strategi pemasaran produk ala Menantea Jerome Polin ini.

Contoh Strategi Pemasaran Produk ala Menantea Jerome Polin


Memiliki panggilan khas bagi pemiliknya Jerome dan Jehian membuat Menantea punya tempat di hati penikmat minuman kekinian. Jerome disebut sebagai Mintea 1 dan Jehian disebut sebagai Mintea 2, sedangkan customernya disebut sebagai Neteazen.

Ini dia kiat sukses contoh strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh minuman kekinian Menantea. 

1. Menerapkan Pre-launch Content


Jerome Polin sebagai salah satu artis muda yang aktif di media sosial sangat memanfaatkan posisi untuk kepentingan usahanya. Sebagai seorang yang dekat dengan penggemar, Jerome kerap membuat snapgram tentang produk usahanya.

Sedari awal Jerome sudah memberi contoh strategi pemasaran produk dengan membangun corious (penasaran). Jerome dan Jehian juga melibatkan follower dalam setiap produk yang akan di launched. Kedua owner ini telah memberi contoh strategi pemasaran produk dengan cara membangun engagement dengan follower saat pre-launch produk.

2. Membangun Building Buzz (Membuat Keramaian)


Tak dapat dipungkiri peran Jerome sebagai public figure memberi efek domino pada perkembangan bisnisnya. MQ pernah melihat saat Jerome Polin mengadakan live di medsosnya, dan jumlah viewer yang menyaksikan live tersebut sebanyak 20 ribu penonton. Wow! Bisa dibayangkan bagaimana konsep building buzz yang diterapkan oleh Jerome sangat terstruktur.

3. Kolaborasi dengan Para Pebisnis Besar


Contoh strategi pemasaran produk lainnya yang diterapkan oleh Menantea adalah kolaborasi. Di Menantea Jerome dan Tim juga berkolaborasi dengan para pebisnis besar. Beberapa diantaranya yang sudah MQ sebutkan diatas adalah pemilik Kopisoe, Sylvia Surya, serta CEO Baba Rafi Bisma Adi dan Hendy Setiono. Kolaborasi dengan para pebisnis besar jika dilakukan dengan baik akan bisa ‘meledakkan’ sebuah usaha. 

4. Unique Concept


Jerome Polin dan Jehian membangun sebuah bisnis dengan mengedepankan keunikan konsep. Seperti kita ketahui bahwa signature produk dari Menantea adalah Matemateaka dan Mantappu. Kedua jenis produk unggulan ini selalu dikedepankan dalam setiap snapgram, maupun postingan yang dilakukan pemilik.

Masyarakat bisa melihat melalui tagar, ucapan ataupun slogan yang selalu diucapkan oleh Jerome sebagai brand ambassador usaha sendiri. Dengan demikian Jerome dan Jehian selalu melakukan positioning untuk meningkatkan awareness pada produknya.

5. Penawaran atau Offering


Konsep Menantea dalam memberi contoh strategi pemasaran produk adalah konsep penawaran yang menarik. Keberhasilan penawaran produk makanan dan minuman dalam menarik minat pembelinya adalah bagaimana membuat orang lain tertarik untuk mencobanya.

Kunci bagaimana orang lain tertarik untuk mencoba produk sebuah jasa, makanan, atau minuman adalah bagaimana mempunyai foto produk yang menarik dan eye catching. Jika itu adalah produk makanan atau minuman bagaimana membuat foto yang langsung membuat ngiler. Setelah itu pe-er selanjutnya adalah memberi rasa yang spesial agar pembeli 'kangen' untuk mencoba lagi.

6. Distribusi channel


Contoh strategi pemasaran produk selanjutnya yang dilakukan oleh Menantea adalah membangun sebuah distribusi channel yang banyak. Konsep bisnis franchise berbeda dengan bisnis konvensional. Dengan sistem kemitraan antara pemilik brand dan pembeli merk dagang akan bekerja sama dalam waktu tertentu untuk menggunakan merek tertentu.

Sistem franchise dipandang memiliki banyak keuntungan untuk meningkatkan awareness dan membangun distribusi channel yang baik. Menantea sadar bahwa animo masyarakat untuk menikmati minuman kekinian yang sedang hit tak dapat dibendung, sehingga mereka membangun kemitraan Menantea. Hingga kini Menante telah membuka cabang hampir seluruh kota besar di Indonesia lebih dari 100 outlet.

Itulah contoh strategi pemasaran produk minuman ala Menantea by Jerome Polin dan Jehian. Konsep agar usaha minuman kekinian menjadi booming ala Menantea. Mitra MQ punya contoh pemasaran produk agar booming juga nggak? Sharing ya.

Referensi
https://www.idxchannel.com/inspirator/siapa-pemilik-menantea-bisnis-minuman-teh-dengan-racikan-buah-alami
https://akurat.co/mengenal-menantea-bisnis-minuman-teh-milik-jerome-polin-dan-jehian
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar