banner-imq

3 Contoh Bisnis Jasa Online; Modal, Cara, dan Potensi Penghasilan


Halo Mitra MQ,

Jika berbicara ide bisnis yang membutuhkan modal besar, tentu saja menjadi pergumulan di hati para Mitra MQ kan? Ya dong, ingin memulai bisnis tentu saja membutuhkan modal usaha yang lumayan.

Namun adakah bisnis yang bisa dilakukan dengan modal kecil? Tentu saja ada! Lihat saja contoh bisnis jasa online. Bisa dilakukan dengan modal minim, hanya modal skill.

Saat ini banyak bertebaran informasi mengenai bisnis jasa online yang memiliki potensi penghasilan yang aduhai. Bisnis jasa secara daring ini kerap kali menjadi pilihan meraup cuan, manakala waktu menjadi kendala untuk bisa rutin ngantor setiap hari.

Apalagi seorang ibu rumah tangga, pilihan memulai bisnis dari rumah adalah pilihan jitu yang menyenangkan semua pihak. Mulai dari anak hingga suami. Ibu tidak perlu keluar rumah untuk tetap menghasilkan uang.

Contoh Bisnis Jasa Online

Setelah membahas mengenai bisnis minuman dalam kemasan, bisnis modal 500 ribu, kini MQ mau mengulas contoh bisnis jasa online dan potensi penghasilannya. Ada yang mau menyimak nggak?

Apa itu Bisnis Jasa Online?


Berbicara contoh bisnis jasa online, kita harus samakan persepsi dulu tentang apa itu bisnis jasa online. Bisnis jasa online adalah bisnis yang mengedepankan nilai kenyamanan dan kepuasan pelanggan, bentuk transaksi yang diberikan pada bisnis ini adalah pelayanan secara online.

Jadi bisnis jasa online bisa dikatakan sebagai usaha jasa dalam bentuk transaksi dalam jaringan (online). Para pelaku bisnis jasa online ini sangat menjunjung tinggi prinsip ‘Pembeli adalah Raja”.

Dengan kata lain, bisnis jasa online titik pencapaian tertinggi dalam usahanya adalah customer satisfying (kepuasan pelanggan).

Peluang Bisnis Jasa Online


Jika menilik lebih jauh tentang peluang bisnis jasa online, sektor bisnis ini memiliki potensi penghasilan yang cukup tinggi. Apalagi Indonesia saat ini menduduki salah satu _ internet.

Databoks katadata.co.id menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia hingga awal tahun 2022 adalah 204,7 juta pengguna.

Hal ini menjadikan bahwa peluang bisnis digital masih sangat tinggi. Apalagi dengan fenomena masyarakat Indonesia yang lebih banyak menggunakan referensi digital sebagai rujukan sumber informasi.

Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan peluang bisnis jasa digital untuk meningkatkan kemajuan usahanya. Nah Mitra MQ juga bisa kok berpeluang meraih cuan, melalui bisnis jasa online. Nanti kita bahas contoh bisnis jasa online secara detail.

Modal Bisnis Jasa Online


Bisnis jasa online dipandang tidak memerlukan modal usaha yang besar, Mitra MQ hanya butuh mempersiapkan skill yang mumpuni serta peralatan pendukung saja. Tentu saja bisnis jasa online perlu didukung dengan koneksi internet yang lancar.

Peralatan pendukung aktivitas menjalankan bisnis jasa online seperti perangkat elektronik semacam laptop atau PC, telepon pintar, serta peralatan elektronik pendukung lainnya.

Modal ini dirasa cukup murah jika dibandingkan dengan usaha jasa laundry, usaha makanan ringan, atau minuman kekinian. Mari kita lihat modal usaha jasa bisnis online

  • Computer atau Laptop Rp 4.000.000,-
  • Smartphone Rp 2.000.000,-
  • Peralatan pendukung lainnya headphone, standing hape, lampu Rp 500.000,-

Jika ditotal modal awalnya cukup terjangkau, apalagi jika masih menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Misalkan laptop bisa pakai laptop zaman sekolah atau kuliah dulu (jika punya), atau smartphone bisa memaksimalkan hape yang ada.

Nah mungkin untuk peralatan pendukung saja yang perlu dipersiapkan, namun ini sifatnya tidak urgent. Mitra MQ masih bisa menggunakan barang-barang seadanya saja.

Jadi kesimpulannya untuk memulai bisnis jasa online bisa dilakukan tanpa modal. Karena sesungguhnya modal terbesar untuk contoh bisnis jasa online adalah skill atau kemampuan. Meningkatkan skill adalah investasi terbesar dalam bisnis jasa online.

Jika kamu, tertarik menjadi pebisnis jasa, ada baiknya kamu melihat contoh bisnis jasa online berikut ini untuk dijadikan referensi kamu mulai berbisnis jasa dengan modal 500 ribuan saja.

Contoh Bisnis Jasa Online


Bisnis jasa online bisa jadi pilihan kamu dalam melebarkan cara menjemput cuan lho. Apalagi saat ini banyak usaha dijalankan secara remote. Bekerja tidak melulu harus ngantor dari pagi hingga sore. Kini bisa dilakukan sambil rebahan di rumah hehe.

Apalagi bagi ibu rumah tangga, beberapa contoh bisnis jasa online yang nanti akan MQ jelaskan bisa dijadikan referensi meraup cuan meski di rumah saja. Ini dia contoh bisnis jasa online yang gampang dan mudah dilakukan

1. Jasa Penulisan Artikel


Jika kamu mempunyai hobi menulis atau mengolah kata, menjadi seorang penulis artikel misalnya blogger, content writer dan sejenisnya bisa menjadi peluang mendapatkan cuan lho.

Keahlian apa yang harus dimiliki oleh seorang jasa penulis artikel?


Kemampuan meramu tulisan dalam bentuk yang menarik, efisien, dan enak dibaca adalah modal dasar memulai usaha jasa penulis artikel. Jasa penulisan artikel ini membutuhkan jam terbang dan pengalaman. Semakin banyak pengalaman, maka kemampuan akan semakin terasah. Modal usaha ini pun cukup mudah, hanya bermodal sebuah laptop atau telepon pintar sudah bisa menjadi seorang jasa penulis artikel.

Bagaimana cara mulai menjadi penulis artikel atau blogger?


Cara mulai menjadi penulis artikel adalah tentu saja dengan menulis Sobat! Mulailah membuat karya dengan menerbitkan tulisan. Bisa dengan mulai menerbitkan tulisan di web blog atau media social. Perbanyak portofolio kamu untuk bisa menjadi seorang penulis artikel. Semakin banyak portofolio, tentu saja kepercayaan klien ke kamu jadi lebih tinggi lho.

Berapa penghasilan jasa penulis artikel atau blogger?


Penghasilan untuk seorang content writer atau penulis artikel beragam, harganya dihitung berdasarkan jumlah kata yang atau juga system bundling. Untuk seorang konten writer artinya hanya menulis dalam bentuk tulisan tanpa menerbitkannya di website seperti blog atau media social lainnya harganya berkisar antara Rp 25 ribu hingga 50 ribu per 300-500 kata.

Blogger adalah seseorang yang menulis artikel dan menerbitkannya di website pribadi atau web blog. Harga untuk sekali penulisan artikel yang diterbitkan di blog mulai dari Rp 150.000,- hingga jutaan. Potensi penghasilan per bulan seorang blogger atau jasa penulis artikel berkisar antara Rp 500.000,- hingga puluhan juta rupiah per bulan.

2. Jasa Pengelolaan Media Sosial


Jasa pengelolaan media sosial menjadi salah satu contoh bisnis jasa online yang boleh dicoba oleh Mitra MQ. Pasalnya jasa pengelolaan media sosial kerap kali dicari oleh para selebgram atau influencer di Indonesia. Seperti diketahui bahwa saat ini banyak bisnis di negara kita yang memanfaatkan jasa para influencer ini untuk meningkatkan brand awareness atau kampanye tertentu.

Bagaimana cara memulai jasa pengelolaan media social?


Cara memulai pengelolaan media sosial bisa dengan melakukan iklan secara masif di mesin pencari. Memanfaatkan google ads atau facebook ads dirasa cukup berpengaruh untuk mencari influencer atau selebgram yang membutuhkan jasa kamu.

Berapa potensi Penghasilan jasa pengelolaan media sosial?


Potensi penghasilan bagi pengelola jasa media social tidak dibahas secara detail nominal angkanya. Biasanya para selebgram atau influencer menyerahkan pada jasa pengelola akun medsos dengan persentase penghasilan.

Misalnya 20-25% dari pekerjaan yang masuk. Tetapi ada juga yang menggunakan sistem pembayaran secara paket, misalnya dilansir dari digital marketer.co.id untuk paket jasa social media all in harganya mulai dari Rp 2.699.000 hingga Rp 8.199.000,- untuk pengelolaan medsos selama sebulan.

Paket ini meliputi planning campaign di FB dan Instagram, termasuk biaya 10 hari iklan di facebook dan instagram dengan pencapaian 7500-15.000 akun, dan mendapatkan fasilitas iklan google ads dengan 30-40 klik.

Nah, Mitra MQ juga bisa jadikan contoh bisnis jas online jasa social media management ini sebagai sumber penghasilan yang menggiurkan ini kan. Tertarik mencoba?

3. Jasa Pembuatan Website


Jasa pembuatan website juga termasuk contoh bisnis jasa yang layak untuk dicoba. Kalau kamu memiliki skill dalam teknik komputer maupun.

Bagaimana cara memulai jasa pembuatan website?


Cara memulai bisnis jasa pembuatan website adalah dengan mempromosikan diri sendiri. Bisa dengan beriklan di facebook ads atau media social kamu. Dengan demikian kamu bisa menjangkau lebih banyak orang yang berpotensi membutuhkan jasa pembuatan website.

Berapa Potensi Penghasilan Jasa Pembuatan Website?


Potensi penghasilan untuk jasa pembuatan website mulai dari Rp 1.5 juta lho per sekali transaksi. Ini adalah harga awal untuk pembuatan website yang paling sederhana. Apalagi jika Mitra MQ memiliki kemampuan lain seperti jasa desain logo, meningkatkan SEO website, hingga memiliki kemampuan copywriting. Dijamin penghasilan akan semakin bertambah.

Jika jeli melihat peluang, maka contoh bisnis jasa online adalah salah satu dari sekian banyak peluang yang ada didepan mata. Bukan masalah bisa atau tidak kita mengerjakannya, tetapi mau atau tidak kita mengambil peluangnya.Semangat berusaha ya!
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar