banner-imq

Ide Bisnis Franchise Sushi Murah, Cobain Yuk!


Ide bisnis franchise Sushi murah siapa yang tidak mau? Sushi bisa menjadi alternatif bisnis makanan cepat saji yang menarik. Semakin banyaknya pecinta kuliner Jepang menjadikan bisnis ini semakin terlihat gurih.

Sushi
Foto freepik

Bagaimana bisnis franchise sushi ini bisa berkembang dengan cepat? Sepertinya menarik untuk dibahas. Ikuti ulasan MQ kali ini ya, bagaimana makanan khas matahari terbit ini menarik pecinta kuliner.

Sejarah Sushi Jepang


Awalnya Sushi dulunya dibuat untuk mengawetkan daging ikan. Menurut sejarahnya, makanan khas negeri sakura ini berasal dari pengawetan ikan dari negeri Tiongkok hingga berkembang ke Jepang. Inilah beberapa fakta menarik tentang Sushi yang jarang diketahui orang.

Sushi dibuat Untuk Mengawetkan Daging Ikan


Awalnya Sushi dibuat dengan cara meletakkan daging ikan mentah di atas nasi asin yang dibungkus dengan daun. Lama kelamaan terjadilah fermentasi pada makanan ini.

Dengan teknik pengawetan seperti ini, daging ikan bisa tetap dimakan meski dalam waktu lama. Teknik pengawetan ikan dengan cara ini disebut Narezushi.

Teknik Narezushi dan Namaree Asal Muasal Sushi


Selain teknik Narezushi, ada lagi teknik pengawetan daging ikan berikutnya yaitu Namaree. Namaree adalah teknik pengawetan ikan dengan cara meletakkan daging ikan mentah diatas nasi dengan dibungkus kulit ikan. Ikan akan dikonsumsi sebelum rasa pada daging ikan berubah. Diperkirakan dari kedua teknik pengawetan ikan inilah Sushi berasal.

Hanya Makan Daging Ikan Saja


Sushi awalnya hanya daging ikan saja yang dimakan, nasinya dibuang. Seiring berjalannya waktu, kemudian nasinya pun ikut disantap.

Berkembang Pada Zaman Kaisar Edo


Sushi modern baru terlihat pada zaman kaisar Edo yakni pada tahun 1600-1800 M. Pada zaman Edo, sushi semakin berkembang. Penyajiannya dicampur dengan olahan fermentasi sayur dan cuka. Ukuran sushi pun dibuat seukuran Onigiri. Sushi awalnya dimakan dengan menggunakan tangan langsung, barulah kemudian dimakan dengan sumpit.

Harganya Mahal


Pada awal kemunculannya, tidak semua orang bisa mengkonsumsi Sushi, karena harganya yang mahal. Ada yang menyebutkan bahwa harga Sushi setara dengan harga pungutan pajak yang diambil negara pada zaman itu.

Berkembang Menjadi Makanan Cepat Saji


Lama berkembang, Sushi kemudian menjadi makanan cepat saji yang banyak dijual di sebagai kuliner kaki lima di Jepang.

Tahukah Sobat MQ bahwa Sushi memiliki berbagai jenis lho. Yuk kita lihat berbagai jenis Sushi Jepang berikut ini.

Jenis-Jenis Sushi Jepang

Jenis sushi


1. Chirashi Sushi


Chirashi Sushi adalah sushi yang dihidangkan dengan sashimi di atas nasi bercuka.

2. Inari Sushi


Inari Sushi adalah sushi yang disajikan dengan meletakkan nasi di atas tahu yang sudah dibuang isinya. Kalau di Indonesia mirip seperti tahu isi, tapi bedanya Inari sushi tanpa penutup hehe.

3. Nigiri Sushi


Nigiri Sushi adalah sushi yang disajikan dengan meletakkan daging ikan mentah di atas kepalan nasi.

4. Temari Sushi


Temari Sushi adalah jenis sushi yang disajikan dengan meletakkan nasi diatas rumput laut kering, daging ikan, atau seafood, serta sayur dan pengisi sushi lainnya kemudian digulung membentuk kerucut.

Bentuk Gunakan sushi mirip seperti buket bunga sushi sih kalau menurut MQ. Sepakat nggak Sobat MQ?

5. Gunkan Sushi


Gunkan Sushi adalah sushi yang disajikan dengan cara meletakkan nasi yang dibungkus dengan lembaran rumput laut, sehingga membentuk sebuah mangkuk. Kemudian barulah meletakkan telur ikan (fish egg) diatas nasi tersebut.

6. Norimaki Zushi 


Norimaki Zushi atau biasa disebut juga Sushi gulung. Sushi jenis ini disajikan dengan meletakkan nasi di atas lembaran rumput laut kering kemudian diisi dengan daging ikan, sayur fermentasi, dan bahan lainnya. Sushi gulung ini kemudian dipotong-potong saat disajikan.

Itulah sejarah sushi Jepang dan jenis-jenis sushi yang perlu Sobat MQ ketahui. Sekarang bagaimana agar kita dapat merambah ke bisnis makanan khas negeri Jepang ini? Mari kita lihat ide bisnis franchise Sushi murah berikut ini.

Franchise Sushi Murah


Franchise Sushi yang murah apa ya?

Mungkin pertanyaan ini sering Sobat MQ dengar bagi Sobat MQ yang tertarik memulai bisnis kuliner. Bagi teman-teman yang penasaran, simak tulisan ini sampai habis ya, karena MQ akan merekomendasikan franchise sushi murah berkualitas yang bisa kamu coba. Yuk bahas!

1. Sushi Ramen Street


Sushi Ramen Street adalah jenis franchise makanan khas Jepang yaitu Sushi dan Ramen/Udon. Seorang pria bernama Heru Triwoko yang terjun langsung menggeluti bisnis kuliner Jepang ini.

Mulai membuka usaha Sushi Ramen Street sejak Februari 2015, kini Heru telah memiliki banyak outlet yang tersebar di jakarta dan sekitarnya. Harga yang ditawarkan oleh Sushi Ramen Street ini berkisar Rp 15 hingga Rp 28 ribu untuk Sushi dan Rp 18 ribu hingga Rp 35 ribu untuk varian Ramen.

Harga franchise Sushi Ramen Street ini terbagi menjadi 2 yaitu
  • Paket satu menu: Ramen/Udon saja atau Sushi saja harganya Rp 29,5 juta
  • Paket dua varian menu: Ramen dan Sushi harga franchise nya Rp 49,5 juta
Harga paket diatas sudah termasuk booth, peralatan operasional, bahan baku 50 porsi sushi atau ramen, pelatihan 1-3 hari, SOP, standar resep, modul pelaporan (soft copy), dan biaya keanggotaan selama 2 tahun. Biaya keanggotaan dapat diperpanjang dengan membayar Rp 1 juta rupiah per tahunnya.

2. Street Sushi


Street Sushi adalah franchise yang telah ada sejak tahun 2013. Dengan mengusung konsep modal usaha yang terjangkau, Street Sushi mengusung konsep Sushi halal, berkualitas, dengan harga yang ramah di kantong.

Bagi Sobat MQ yang membeli paket franchise Street Sushi, maka keuntungannya franchisee tidak perlu membayar biaya franchise (franchise fee), biaya rolati, hingga biaya periklanan.

Berdiri dibawah naungan PT Kuliner Jalanan Grup, Street Sushi telah beroperasi di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan juga Bandung sejak tahun 2013. Telah ada 70 varian menu dari Street Sushi yang bisa dinikmati.

Jaminan bahan dari menu yang dibuat dari bahan berkualitas dan kombinasi lokal grade A dan import Jepang. Oleh karena itu pembeli tak perlu merasa khawatir akan kualitasnya. Hingga saat ini telah ada 19 gerai Street Sushi yang ada di Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan franchise Menantea, harga paket kemitraan Street Sushi adalah sebagai berikut:
  • Kohai Package senilai Rp 100 juta
Kohai paket berupa booth terbuka yang diutamakan untuk foodcourt atau mall.
  • Senpai Package sebesar Rp 140 juta
Paket Senpai adalah paket booth untuk outdoor dengan ukuran lokasi paling tidak 2x3 meter.
  • Sensei Package seharga Rp 180 juta
Paket Senpai ini adalah paket dengan ukuran lokasi 4x7 meter. Bisa melayani pembeli yang ingin makan ditempat. Selain itu Senpai package ini sangat cocok jika dibuka di tempat usaha kamu yang sejenis ruko.

Mau mencoba bisnis franchise Street Sushi? silakan bisa mengontak alamat dibawah ini ya:
email info@streetsushi.id atau whatsapp ke +62 821-2244-4506

3. Sushi GO


Sushi GO adalah restoran makanan Jepang yang menyediakan kuliner khas negeri Sakura dengan harga yang terjangkau. harga untuk satu porsi Sushi dihargai sebesar Rp 15.000,- saja.

Sushi GO berada dibawah naungan Hiro group yang berdiri sejak 2016. Dengan konsep "One Price Sushi", restoran khas Jepang ini memiliki varian menu andalan seperti Aburi Salmon Cheese, Inari Mentai, dan berbagai varian Salmon GO.

Harga yang diterapkan di Sushi GO mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 18 ribu. Hingga saat ini telah ada 8 cabang Sushi GO yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

Jika tertarik ingin menjadi mitra bersama Sushi GO, Sobat MQ bisa mengunjungi akun instagram @sushigo_id

Penutup


Memilih bisnis franchise Sushi murah bukan perkara mudah. Bahkan sebagai franchisee juga harus jeli melihat apakah usaha yang kita bangun memiliki prospek yang baik atau hanya sementara.

Harga franchise sushi yang murah atau mahal juga bukan jaminan apakah bisnis akan berkembang baik. Tetapi banyak Faktor yang berperan, salah satunya background pendidikan manajemen bisnis turut mempengaruhi. Selamat berusaha ya Sobat MQ!

Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar