banner-imq

5 Cara Mengatasi Sampah Plastik Agar Tidak Mencemari Lingkungan


Hi Sobat MQ!
Jika sampah plastik tidak dikelola dengan baik, akan berdampak buruk bagi kehidupan. Sampah plastik yang tak terkendali akan mengganggu keseimbangan ekosistem. Untuk itu kita harus paham cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan.

Jumlah sampah plastik menurut SIPSN (Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional) tahun 2022 berjumlah 17,9% dari total 35,93 juta ton sampah nasional. Artinya plastik menempati urutan kedua setelah sampah sisa makanan.  

Sampah plastik

Jumlah sampah secara umum ini meningkat sebanyak 22,04% dari tahun sebelumnya sebanyak 29,44 juta ton sampah. Setiap tahun ada peningkatan jumlah sampah, begitu pula dengan komposisinya. 

Dari sini dapat kita ketahui bahwa sampah plastik setiap tahunnya terus bertambah. Sampah yang menumpuk bisa menyumbat saluran air, dan bisa jadi menjadi penyebab banjir bandang. Bagaimana cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan? Simak ulasan MQ yuk.

Cara Mengatasi Sampah Plastik Agar Tidak Mencemari Lingkungan


1. Less Plastic

Siapa disini kalau belanja ke pasar masih menggunakan kantong plastik? Saya juga masih sih hehehe... Tapi kebiasaan ini sudah jauh berkurang. Karena saya sudah mulai menerapkan hidup minim plastik. Saya sudah belanja dengan membawa wadah sendiri.

Cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan

Agak awkward sih awalnya, karena di masyarakat kita saat ini jarang banget yang belanja ke pasar bawa tempat sendiri. Padahal ibu kita dulu kalau ke pasar selalu membawa wadah belanja sendiri. Sobat MQ pasti tahu keranjang dari anyaman bambu itu. Inget nggak? Nah ini salah satu cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan dengan hidup less plastic.

2. Re-usable

Reusable adalah menggunakan kembali. Seperti kantong plastik yang masih bisa dipakai sebaiknya digunakan kembali. Atau juga ketika membeli makanan, biasanya penjual menggunakan tempat berbahan plastik.

Kantong belanja reusable

Wadah ini bisa digunakan kembali entah untuk media penyimpanan atau dijadikan pot tanaman. Namun, membawa wadah sendiri tentu jauh lebih baik. Terlihat nggak praktis ya? Nggak apa-apa, yang penting kita sudah memulai langkah kecil mengendalikan sampah plastik.

3. Pilah Sampah dari Rumah

Sebuah pesan dari praktisi pengolahan sampah mengatakan, masalah sampah akan selesai ketika sampah dipilah dari rumah! Memilah sampah mana yang bisa didaur ulang mana yang tidak, atau minimal mengelompokkan mana sampah organik atau sampah plastik adalah peran serta mengatasi masalah sampah. Yuk Sobat MQ, mulai sekarang pilah sampah dari rumah ya!

4. Daur Ulang

Mendaur ulang sampah harus di tangan ahlinya, tetapi bukan berarti kita tidak bisa berperan serta dalam proses daur ulang sampah. Kita bisa mulai dengan cara ikut memilah sampah, dan menyerahkan sampah pada bank sampah. Sampah plastik seperti bekas botol minuman, tempat makan, dan sebagainya bisa diberikan pada bank sampah atau pengepul untuk di dapur ulang.

5. Memanfaatkan sampah plastik

Selain di daur ulang sampah plastik bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan lho. Salah satu hasil kerajinan dari dari sampah plastik bisa dibuat tas, dompet, hiasan dinding, tempat belanja, dan serta berbagai kerajinan lainnya.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan. Dampak sampah plastik yang tidak dikelola bukan hanya akan berdampak pada lingkungan tetapi juga pada kesehatan, serta keseimbangan alam.

Mulai sekarang mari kita jaga lingkungan kita, memilah, mengolah, dan membuang sampah pada tempatnya. Bahkan, Sobat MQ bisa mendapatkan rupiah dari pengolahan sampah. Di tangan-tangan orang yang tepat dan kreatif, sampah plastik bisa diubah menjadi rupiah. Yuk kita kurangi sampah plastik!

Salam,
MQ

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator. 

Referensi:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/26/timbulan-sampah-di-indonesia-belum-sepenuhnya-terkelola-pada-2022#:~:text=Kemudian%20sampah%20plastik%20dengan%20proporsi,sampah%20logam%203%2C06%25.&text=Ada%20pula%202%2C6%25%20sampah,%2C1%25%20sampah%20jenis%20lainnya.
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar