banner-imq

5 Cara Memasang Menstrual Cup Agar Nyaman dipakai

4 komentar

Hi SobatMQ!
Saya yakin banyak juga yang ingin mengatasi masalah sampah. Salah satunya dengan beralih menggunakan tampon ramah lingkungan seperti pembalut kain maupun menstrual cup. Untuk pembalut kain tentu tak jauh berbeda dengan pembalut sekali pakai. Namun untuk menstrual cup, masih banyak yang bingung cara memasang menstrual cup Agar nyaman dipakai.

Menstrual cup

Apakah Sobat MQ salah satu yang belum tahu bagaimana cara memasang menstrual cup dengan benar? So, semoga setelah membaca artikel ini kamu segera mendapat bayangan cara memasang menstrual cup agar nyaman dipakai ya.

Cara Memasang Menstrual Cup Agar Nyaman dipakai


"Pengen sih mbak pakai menstrual cup, tapi nggak tahu cara pakainya" ujar wanita, usia 20an tahun.

"Aku ingin berkontribusi untuk bumi dengan mengurangi sampah pembalut sekali pakai dengan beralih ke menstrual cup. Tapi, gimana cara memasang menstrual cup? Ajari donk!" perempuan menikah, usia 31 tahun.

Itulah sedikit kekhawatiran sahabat dekat saya tentang menstrual cup. Belum lagi ada yang mengatakan bahwa menstrual cup bisa saja membuat tidak nyaman karena ukurannya, apakah tahan bocor, cara melepas pasang, dan masih banyak lagi.

Namun sebelum itu, Sobat MQ harus tahu apa itu menstrual cup. Menstrual cup adalah wadah berbentuk corong kecil yang digunakan sebagai penampung darah haid. wadah ini biasanya terbuat dari bahan karet silikon.

Karena bentuknya corong, mungkin inilah yang menjadi kekhawatiran sebagian wanita. Membayangkan ada benda lain di organ intim, tentu menjadi sesuatu yang aneh. Padahal, jika dipakai dengan benar, menggunakan menstrual cup sangat nyaman dan aman (anti bocor). Berikut cara memasang menstrual cup yang benar.

1. Cuci tangan


Sebelum memasang menstrual cup, pastikan kamu telah memcuci tangan dengan bersih. Hal ini berhubungan dengan kenyamanan dan kesehatan organ intim ya.

2. Menstrual cup sudah dicuci bersih


SobatMQ, kamu juga harus memastikan bahwa menstrual cup yang hendak digunakan dalam keadaan bersih. Jika kamu menggunakan menstrual cup yang baru dibeli, sebaiknya kamu melakukan sterilisasi dengan cara direndam air panas selama lebih kurang 5-10 menit, baru siap digunakan.

3. Pemasangan menstrual cup


Sebelum memasang menstrual cup, kamu bisa menggunakan pelumas atau membasuh dengan air hangat sebelum digunakan. Pelumas atau air membuat menstrual cup lebih lentur dan lembut.

4. Bentuk menstrual cup menyerupai huruf C


Cara pasang menstrual cup

Bentuk menstrual cup adalah corong kecil dari plastik karet atau silikon. Bahan ini mudah dibentuk atau dilipat karena bahannya yang lembut. Kamu bisa melipat bagian atas menstrual cup menjadi dua bagian, menyerupai huruf C.

Masukkan ke bagian dalam organ intim dengan mulut corong yang membentuk huruf C menghadap atas. Lepaskan lipatan hingga terbuka penuh dan atur kenyamanan.

5. Posisi tubuh


Sebelum memasang menstrual cup, kamu bisa duduk jongkok untuk memudahkan pemasangan. Perlu latihan beberapa kali untuk mendapatkan posisi yang pas. Tak masalah melepas pasang berulang kali demi kenyamanan.

Apa tanda menstrual cup terpasang dengan baik?


Tanda menstrual cup terpasang dengan benar adalah kenyamanan pengguna. Jika Sobat MQ sudah dapat berjalan seperti biasa tanpa merasa ada sesuatu yang mengganjal, artinya kamu sudah memasang menstrual cup dengan benar. Namun jika masih ada yang mengganjal, kamu bisa mengulanginya lagi dari langkah yang pertama.

Cara Melepas Menstrual Cup Agar Tidak Bocor


Menggunakan menstrual cup pertama kali mungkin membuat SobatMQ sedikit khawatir tentang ketahanannya menahan kebocoran. Klaimnya menstrual cup bisa digunakan seharian hingga 12 jam.

Namun kamu bisa membersihkan menstrual cup setiap kali ke toilet. Untuk itu Sobat perlu tahu bagaimana cara melepas menstrual cup Agar darah haid tidak tumpah. Perhatikan was cara melepas menstrual cup berikut ini.
  1. Pastikan kamu telah mencuci tangan pakai sabun dengan bersih
  2. Jepit bagian bawah corong secara perlahan agar darah haid tidak tumpah
  3. Bersihkan darah yang ada dengan air, kemudian kamu bisa menggunakan menstrual cup kembali

Mudah bukan? Was sekarang Sobat MQ sudah mengetahui cara memasang menstrual cup agar nyaman serta cara melepasnya. Sekarang tinggal praktik hehe.

Memilih Ukuran Menstrual Cup yang Tepat


Sobat MQ, sebelum membeli menstrual cup, kamu perlu mengetahui ukuran menstrual cup yang tepat untuk digunakan. Agar tidak menjadi barang mubazir, kamu perlu mengetahui ukuran menstrual cup yang tepat untuk digunakan.

Bagi wanita yang belum menikah dan berusia dibawah 30 tahun menggunakan ukuran kecil. Sedangkan wanita di atas usia 30 tahun serta sudah menikah dan melahirkan sebaiknya menggunakan menstrual cup ukuran bear. Tersedia ukurannya sesuai kriteria tersebut. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya ‘overload’ haid saat sedang banyak-banyaknya. Tetapi, apabila kamu sering membersihkannya, hal ini tak akan terjadinya hehe.

Siapa saja yang boleh menggunakan menstrual cup?


Semua wanita yang telah haid bisa menggunakan menstrual cup. Namun bagi kamu mengalami efek keputihan, rasa panas atau terbakar pada organ intim setelah pemakaian menstrual cup sebaiknya hentikan pemakaian ya. Kamu bisa berkonsultasi dengan spesialis obgyn untuk penanganan lebih lanjut.

Penggunaan menstrual cup adalah salah satu cara mengurangi dampak sampah plastik. Seperti kita ketahui bahwa sampah plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit terurai. Maka penggunaan pembalut kain atau menstrual cup lebih disarankan untuk mengurangi jumlah sampah plastik.

Sobat MQ masih betah menggunakan pembalut sekali pakai? Atau sudah beralih ke pembalut kain bahkan sudah memakai menstrual cup? Apapun pilihan kamu, semua memiliki konsekuensi dan dampaknya. Sebaiknya pilih dampak yang baik untuk lingkungan. Semoga bermanfaat :)

Salam,
Sobat MQ

Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

4 komentar

  1. Sering baca tentang menstrual cup tapi kayaknya masih belum punya nyali ikut ikutan pakai..jadi masih pakai cara yang biasa aja

    BalasHapus
  2. Setiap baca tentang menstrual cup ini, lebih ke penasaran sih sebenarnya. Karna aku pribadi belum berani pake, takut slh pasang.. di tambah lagi di daerahku belum ada yg jual.
    Jadi ya aku masih tipe yang biasa2 saja hehehe

    BalasHapus
  3. Jujurly saya belum berani menggunakan menstrual cup, membayangkan proses pemakaiannya ini yang membuat saya maju mundur cantik untuk mencoba
    mungkin sesekali perlu dicoba jika saya sedang tidak beraktivitas di luar rumah ya,

    BalasHapus
  4. Sudah punya menstrual cup, tapi gak kunjung dipake karena takut dan bingun, terima kasih sarannya kak

    BalasHapus

Posting Komentar