banner-imq

Usaha Kue Basah Seribuan Modal 100 Ribu, Ini Cara Hitungnya

8 komentar

Hi Sobat MQ!
Beberapa waktu lalu MQ sudah pernah membahas modal usaha kue kering kiloan. Namun sepertinya belum lengkap jika saya tidak membahas modal usaha kue basah seribuan juga. Usaha kue basah seribuan bisa menjadi ide bisnis rumahan dengan omset menggiurkan lho. Meski harganya hanya seribuan, keuntungan usaha ini tak bisa diremehkan.

Saat ini, di tempat tinggal saya kue basah atau jajanan pasar menjadi menu sarapan instan di pagi hari. Tahun 2023, harga jajanan pasar yang dijual masih seribuan rupiah per piece nya. Namun saat ini, awal tahun 2024 harganya naik menjadi Rp 1.250,- alias selembar lima ribuan hanya mengantongi 4 buah kue saja.

Hmm.. sepertinya semua bahan naik ya? Apakah ini dampaknya juga? Entah lah! Tapi saya melihat potensi omset yang besar pada usaha rumahan ini. Apakah SobatMQ juga melihatnya?

Modal usaha rumahan

Saya punya kenalan dekat seorang ibu muda yang memiliki usaha kue basah seribuan. Dirinya menjalani usaha ini sejak dua tahun belakangan, teman saya itu mampu menghasilkan omset jutaan rupiah per bulannya. Padahal saya tahu betul, modal awalnya hanya dari uang sisa belanja yang ditabung. Menarik sekali ya! Bagaimana caranya ya? Mari kita bahas!

Usaha Kue Basah Seribuan


Saya mendengar dalam suatu podcast Kang Dewa (Dewa Eka Prayoga, pen) salah satu entrepreneur dan motivator pebisnis Indonesia mengatakan bahwa, "Produk jelek sekalipun ditangan yang tepat, bisa laku terjual. Sedangkan produk terbaik sekalipun jika ditangan orang yang tidak tepat tidak akan laku terjual."

Intinya apapun produk yang hendak kita jual bukanlah masalah utama. Selagi kita pandai mengemasnya menjadi dagangan yang menarik. Otomatis dapat menarik minat pembeli.

Apalagi saat ini mendekati musim ramadhan dan lebaran, pesanan kue basah serta kue kering akan meningkat. So sudah saat nya kita melirik peluang usaha kue basah seribuan ini. SobatMQ bisa melihat jenis kue apa saja yang bisa dijadikan ide bisnis rumahan ini.

Jenis-jenis Kue Basah Seribuan


Jenis-jenis kue basah seribuan yang bisa kamu diperdagangkan seperti donat, brownies, cup cake, pao, risole, hingga jenis pempek Palembang. Jenis kudapan tradisional ini masih tetap memiliki peminat setia, bahkan mereka tak pernah bosan dengan jajanan pasar ini.

Jenis kuliner jajanan pasar lainnya yang bisa kamu jual adalah rainbow cake, sosis goreng, pisang goreng krispi, dadar gulung, hingga nutrijel atau puding susu.

Modal usaha untuk membuat satu jenis kue basah di atas tidaklah terlalu besar. Tidak sampai Rp 100 ribuan kok. Saya akan membahas besaran modal usaha kue basah seribuan.

Modal Usaha Kue Basah Seribuan


Modal usaha kue basah seribuan bisa dimulai dengan modal kurang dari Rp 100.000,- Kamu bisa membuat kue dengan satu jenis kue yang paling kamu kuasai.

Agar lebih jelas, saya akan menjelaskan rincian modal usaha kue basah seribuan. Sepertinya akan lebih mudah jika menghitung besaran modal dengan memberi contoh konkret. Saya akan mengambil contoh modal usaha donat meses. Jenis kue basah dengan berbagai toping ini biasa dibeli anak saya sebagai bekal sekolahnya. Mari kita hitung modal usaha kue donat.

No

Nama Barang

Harga

Total

1.

1 kg tepung terigu brand Cakra kembar

Rp 12.000,-

Rp 12.000,-

2.

1,5 sdm (20 gram) ragi instan

Rp 37.000, per 500 gram)

Rp1.500,-

3.

3 butir kuning telur

Rp 2.000,- per butir

Rp 6.000,-

4.

1 sdt (15 gram) garam halus

Rp 2.500,-/250 gram

Rp 150,-

5.

200 ml susu UHT

Rp 18.000/1000 mL

Rp 3.600,-

6.

250 air hangat (estimasi)

Rp 1.000,-

Rp 1.000,-

7.

150 gram Meses brand Safari

Rp 6.000,-per 100 gram

Rp 9.000,-

8.

500 mL Minyak goreng

Rp 14.000,- per liter

Rp 7.000,-  

9.

2 buah Tempat kue 37x28x7 cm (Aset)

Rp 21.000,- per buah

 

10

Total Modal Usaha Donat untuk 60 buah

Rp 42.000,- (wadah donat)

Rp 40.250,-


Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa, untuk membuat kue donat sebanyak 60 buah adalah Rp 40.250,- sedangkan Rp 42.000,- digunakan untuk untuk membeli wadah donat jualan. Modal ini digunakan sebagai modal awal jalan donat seribuan. Jika dijumlahkan bilangan modal sebesar Rp 82.250,-

Oh ya harga di atas berdasarkan harga di pasaran yang berlaku saat ini. Sedangkan jumlahnya donat, berdasarkan resep yang biasa saya gunakan sehari-hari. Sobat MQ bisa menggunakan bahan lain yang setara untuk bisa menghemat modal usaha.

Jika dihitung modal donat seribuan lebih kurang Rp 671,- saja. Jika dijual dengan harga Rp 1.250,- per pcs nya maka keuntungannya Rp 34.750,- (Total harga jual dikurangi modal). Keuntungannya lebih dari 80% modal.

Jika dalam sebulan SobatMQ berjualan selama 25 hari, dengan asumsi satu minggu libur satu hari. Maka keuntungannya adalah Rp 868.750,- (untung bersih diluar modal)

Kamu bisa melihat potensi keuntungan dari berjualan satu jenis kue saja. Bagaimana jika kamu berjualan dengan banyak jenis kue? Tentu keuntungannya menjadi berlipat ganda. Inilah yang membuat orang banyak melirik usaha kue basah seribuan.

Kesimpulan Modal Usaha Kue Basah Seribuan


Dengan modal kurang dari Rp 100 ribu kamu sudah bisa menghasilkan uang dari rumah. Kamu juga bisa menjual secara online dan offline, atau menitipkannya di warung tetangga. Kunci penting untuk bisa menghasilkan uang dari rumah adalah mencoba dan berusaha. Hasilnya, biarlah Tuhan yang menentukan.

Sekarang kamu sudah melihat potensi luar biasa dari usaha kue basah rumahan ini. Hanya dengan modal Rp 100 ribuan saja, sudah bisa menghasilkan omset jutaan rupiah per bulan. Laba yang didapat hingga 800% dari modal awal. Wow

Jika kamu sudah melihat potensinya disini, dan memiliki keahlian dalam membuat usaha kue basah seribuan menjadi lebih menarik, tentu akan lebih cepat mengembangkan usahamu. Sekarang tinggal kamu yang bergerak dan membuktikannya. Setuju? Selamat mencoba.

Salam,
MQ

Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

8 komentar

  1. Serius sampai 80%, ya, Mom. Nggak nyangka bahwa dari kue basah seribuan untungnya nggak main-main. Asal mau berusaha, selalu ada jalan terbuka, ya!

    BalasHapus
  2. Kue basah termasuk makanan yang paling banyak diburu, karena selain harganya yang terjangkau juga lumayan efisien untuk dijadikan sarapan atau pengganjal perut di siang atau sore hari. Sepertinya memang menjanjikan ya bisnis membuat kue basah ini

    BalasHapus
  3. Kue basah pangsa pasarnya besar yaa....banyak yang suka soalnya. Termasuk saya juga suka. Setelah baca artikel kaka jadi baru tau ternyata lumayan juga yaaa kalau diseriusin bisnis kue basah ini

    BalasHapus
  4. Menarik ini mbak. Apalagi saya penyuka kue basah.. pas di pasar traditional nyarinya ini selalu

    BalasHapus
  5. Wah, bisa jadi ide bisnis nih, lengkap banget sampe ada hitung-hitungannya. Thanks ya mba..

    BalasHapus
  6. Waaah mantep banget si ini mbaakk... Bisa dicontek buat ide Jualan di sekolah anakku ehehehe

    BalasHapus
  7. Usaha kue seribuan memang menjanjikan, lagi getrend yang mini sekarang mb

    BalasHapus
  8. wah nggak nyangkaa mbaa... ternyata peluang bisnis kue basah besar juga.. bisa jadi alternatif usaha sampingan untuk ibu rumah tangga nih...

    BalasHapus

Posting Komentar