banner-imq

Peluang Usaha Salad Buah, Ini Besaran Modal dan Tips Menjual Laris Manis

10 komentar

Hi SobatMQ!
Peluang usaha salad buah tak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai jenis buah yang dicampur dengan saus mayonaise dan krim susu memang menggugah selera. Belum lagi rasanya yang sempurna, terasa menyegarkan kala menyentuh lidah.

salad buah

Kegemaran orang menyantap salad buah tak bisa dihindarkan. Terlebih kandungan berbagai jenis buah dalam semangkuk salad cukup memenuhi kecukupan kebutuhan vitamin untuk orang dewasa. Wajar bila salad buah menjadi pilihan diet sehat berkalori bagi orang dewasa.

Melihat fakta ini, ada baiknya kita melirik peluang usaha salad buah sebagai ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Sepakat?

Peluang Usaha Salad Buah


Selain tampilan yang menggugah selera, peluang usaha salad buah juga memberi kemudahan bagi penikmat sajian sehat kaya vitamin. Meskipun buah yang dikombinasikan dengan gula berlebih tidak terlalu baik untuk kesehatan, namun, salad buah sering dijadikan sebagai life hack pola hidup sehat bagi sebagian besar orang.

Dalam Pedoman Gizi Seimbang dari Kemenkes no 41/2014 menyebutkan bahwa porsi buah dan sayur dalam sebuah piring adalah setengah bagian dengan jumlah sayur lebih banyak.

Badan kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 400 gram per hari dengan komposisi 250 gram sayur dan 150 gram buah. Jumlah ini sama dengan 2,5 gelas sayuran yang telah dimasak dan 3 buah pisang ambon atau 1,5 potong pepaya atau 3 buah jeruk ukuran sedang.

Mengetahui fakta diatas dapat diketahui bahwa kebutuhan buah bagi setiap orang tidak bisa sangat penting sekali. Tetapi banyak juga yang mengabaikannya karena berbagai alasan. Menganggap konsumsi buah tidak begitu urgen, bosan, hingga dianggap kurang praktis dan menarik.

Jika dikemas dengan tampilan yang menggugah selera dalam berbagai sajian buah yang menyegarkan, siapa yang berani menolak salad buah yang baru keluar dari lemari es di siang hari? Bukankah ini peluang usaha salad buah adalah ide bisnis yang menarik?

Modal Usaha Salad Buah Rumahan


Jika Sobat MQ bisa melihat ini sebagai peluang, maka usaha salad buah bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. Bagaimana bisa menjual salad buah laris manis? Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk membuat usaha salad buah rumahan? Mari kita hitung besaran modal usaha salad buah berikut ini.

Modal Bahan

3 Buah Apel Rp 10.000,-
3 buah Mangga ukuran sedang Rp 10.000,-
10 buah Strawberry Rp 15.000,-
3 buah Pir Rp 10.000,-
2 buah Kiwi Rp 10.000,-
500 gram Melon Rp 15.000,-
500 gram Pepaya Rp 15.000,-
250 gram Anggur Rp 15.000,-

Harga Bahan Saus dan Topping:

300 gram Yogurt plain Rp 7.500,- (harga 1 liter Rp 25.000,-)
100 gram Mayonaise Rp 3.000,- (harga 1 kg Rp 30.000,-)
1/2 kaleng SKM ukuran kecil Rp 6.000,-
2 pcs keju batang Rp 21.000,-

Total harga bahan Rp 137.500,- (bahan ini cukup untuk 30 porsi salad buah)
Modal Packing wadah bening 500ml harga Rp 25.000,- isi 25 pcs, harga satuan Rp 1000,- Total modal yang diperlukan untuk membuat usaha salad buah adalah Rp 137.500,- + Rp 30.000,- adalah Rp 167.500,-. Jadi harga modal satu porsi salad buah sebesar Rp 5.583,- atau dibulatkan Rp 6.000,- untuk plastik packing.

Jika kamu menjual setiap porsi salad buah dengan harga Rp 10.000,- per porsinya maka, keuntungan yang kamu peroleh adalah Rp 4.000,- per porsi atau Rp 120.000,- Bisa dibayangkan laba penjualan selama 25 hari dalam sebulan adalah Rp 3.000.000,- Menarik?

Tips Menjual Salad Buah Agar Laris Manis


Melihat modal usaha salad buah dapat dilakukan dari rumah, kamu nggak perlu membuang waktu lebih lama lagi untuk memulai usaha ini. Ayo ambil peluang usaha salad buah yang ada di depan mata, Saya akan memberikan beberapa tips menjual salad buah agar laris manis berikut ini.

1. Pilih varian warna buah yang colorfull

Sebelum membeli bahan, sebaiknya kamu mencatat buah apa saja yang ingin kamu jadikan bahan utama pembuatan salad buah. Pilih buah dengan berbagai warna, buah dengan warna mencolok seperti merah, kuning, dan hijau tentu menarik perhatian.

2. Kemasan yang eye catching

Kamu bisa menambahkan jeruk sunkist, anggur, atau lemon sebagai topping yang dipadu dengan taburan keju. Hal ini akan menggugah selera siapaun yang melihatnya.

3. Foto yang menarik

Jika kamu juga menjual salad buah melalui aplikasi online, maka kamu perlu menyajikan foto yang menarik. Sebaiknya gunakan foto produk asli yang kamu jual. Bukan mengambil foto produk orang lain apalagi mengambil foto produk dari mesin pencari. Belajar mengambil foto yang menarik.

4. Minta testimoni pelanggan

Ingat selalu the power of mouth atau kekuatan mulut sebagai marketing alami. Sobat MQ bisa minta customer atau teman-teman dekat untuk memberikan testimoni. Kamu juga harus terbuka terhadap semua masukan yang datang. Jadikan sebagai bahan perbaikan untuk menjadikan usaha salad buah kamu menjadi lebih baik lagi.

5. Gunakan media sosial

Media sosial seperti tak bisa lepas dari dunia marketing. Banyak media sosial pribadi beralih fungsi menjadi media promosi. Meskipun ini dibolehkan, tetapi demi menjaga profesionalitas usaha, sebaiknya kamu juga membuat media sosial khusus produk yang dijual. Tujuannya agar customer bisa mendapat informasi lebih detail mengenai produk yang kamu jual.

Namun, kamu tetap bisa mempromosikan usaha kamu di medsos sembari mengenalkan akun khusus jualan kamu. Dengan demikian orang yang tertarik akan langsung memfollow akun tersebut.

Sekarang kamu sudah melihat peluang usaha salad buah dan potensi keuntungan yang bisa kamu raih, Saatnya take action dan mempraktekkan apa yang sudah kamu ketahui. Dan mulai usaha dan ambil peluang usaha salad buah yang sudah di depan mata ini. Yuk?!

Salam,
MQ

Referensi:
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

10 komentar

  1. Kemarin-kemarin pernah ada yang ngasih salad buah ini dan memang enak plus segar banget, trus kepikiran buat jualan juga, tapi belum tahu kisaran modalnya. pas udah baca tulisan ini jadi kebayang berapa anggaran yang harus kita siapkan

    BalasHapus
  2. Tak hanya enak ya kak. Kandungan bermacam buah dalam semangkuk salad juga sudah memenuhi kecukupan kebutuhan vitamin kita. Ide bisnisnya patut dicoba...

    BalasHapus
  3. Aku jadi pengin coba jualan deh. Jujur aku sebenernya enggak paham dan enggak begitu tertarik dengan usaha bisnis, tapi kok liat cara hitung modal dan untungnya lok lumayan jugaa yaa. Kayaknya seru deh jualann gituu

    BalasHapus
  4. Pas banget nih, mau bulan puasa, cocok nih buat langsung diaplikasikan peluang usaha ini.

    BalasHapus
  5. Siang-siang gini baca tentang salad buah jadinya kepengen makan juga deh kak. Jadi teringat juga dulu waktu SMA pernah bikin salad buah. Kelezatannya tidak bisa dibohongi deh, emang enak.

    BalasHapus
  6. Salad buah untuk saat ini masih banyak diminati, apalagi kalau cuaca panas, enak aja gitu segar-segar menyantap salad buah. Yang penting berjualannya sesuai dengan segmentasinya pasti laris manis

    BalasHapus
  7. Waah...salad. buah favorit saya ini. Enaak dan segar. Dan ternyata untungnya juga lumayaan yaaa...saya jadi pengen coba jualan salad buah ya minimal dropship atau reseller aja

    BalasHapus
  8. Aku lumayan suka sama buah terutama kalau dibikin salad. Ide bisnisnya menggiurkan nih, tinggal penerapannya ajah. Aku masih belum pede buka bisnis, hehe

    BalasHapus
  9. Jadi keinget dua anak yang bikin usaha salad buah sampe bisa beli mobil itu deh kak hahahah emang segituu menjanjikannya yaa apalagi kalo siang2 panas banget. Cuma tantangannya ada di buah yang ngga bisa tahan lama ini yah

    BalasHapus
  10. Asli menggiurkan emang kalau kita melihat dari sisi keuntungan yang didapat. Ditambah kalau dijual di bulan puasa seperti sekarang ini kak

    BalasHapus

Posting Komentar