banner-imq

Baju Koko Anak Laki-laki Umur 12 Tahun, Ini Tips Cari Ukuran yang Pas


Hi Sobat MQ!
Kali ini Ide Bisnis MQ akan membahas jenis baju koko anak laki-laki umur12 tahun. Tema yang akan menjadi pembuka kata di awal Maret ini hehe. Semoga menyenangkan dan menarik dibaca ya.

baju koko

Sebentar lagi suasana ramadhan dan lebaran menyapa kita nih. Siapa yang sudah bersiap-siap menyambutnya? Hmm saya yakin kamu semua sudah mulai prepare segala sesuatunya kan? Bagaimana dengan persiapan baju lebaran? Hihi.

Jika jenis kue kering sudah lazim menjadi wishlist yang akan dibeli jelang lebaran, pasti sama halnya dengan baju baru jelang lebaran. Maka cocok sekali rasanya jika bicara masalah baju koko, bagaimana membeli baju koko secara online, dan baju koko anak laki-laki umur 12 tahun seperti apa yang sedang trend di tahun ini. Simak dengan baik ya ^ ^

Sejarah Baju Koko


Sama halnya dengan wedding dress, baju koko juga memiliki sejarah. Menurut sejarahnya baju koko yang ada di Indonesia merupakan baju yang biasa dipakai oleh masyarakat Tionghoa. Baju ini biasa disebut sebagai baju Tui-khim. 

Bagi masyarakat Betawi baju tui khim sering disebut sebagai baju Tikim. Baju tikim identik sebagai baju belahan depan dengan lima kancing.

Baju tui-khim sering dipakai oleh pria keturunan Tionghoa yang sering disebut engko-engko. Diperkirakan sebutan baju koko ini diambil dari panggilan laki-laki keturunan tionghoa yang sering memakainya. Sehingga sekarang disebut sebagai baju koko.

Baju koko memang dipadukan dengan jenis celana panjang yang longgar. Di Indonesia baju koko identik dengan masyarakat muslim. Baju ini sering dijumpai dalam berbagai kesempatan baik dalam acara keagamaan maupun acara formal.

Apalagi menjelang bulan ramadhan ini, baju koko akan menjadi baju yang paling banyak dicari. Bahkan pusat perbelanjaan tak segan memajang berbagai jenis model baju koko anak laki-laki umur 12 tahun dan ukuran lainnya di etalase mereka.

Baju Koko Anak Laki-laki Umur 12 Tahun


Baju koko anak laki-laki usia 12 tahun menjadi ukuran yang gampang-gampang susah dicari. Namun demikian, tetap saja beberapa toko menggunakan standar ukuran panjang badan dan lebar bahu sebagai patokan ukuran. 

Hal ini agar pengguna transaksi online bisa mendapatkan ukuran yang sesuai, meski tak memegang fisik baju secara langsung.

Kalau Sobat MQ sama seperti saya yang gemar berbelanja online, maka berikut iini beberapa tips agar mendapatkan ukuran yang pas untuk baju koko anak laki-laki umur 12 tahun.

1. Jangan berpatokan pada usia


Jika membeli baju berdasarkan usia, siap-siaplah mendapatkan baju yang tak sesuai ukuran. Menggunakan usia anak sebagai acuan tidak akan mendapatkan ukuran baju yang pas. karena usia dengan ukuran tubuh satu anak dengan anak yang lain tidaklah sama. Sebaiknya kamu menghindari membeli baju berdasarkan usia.

2. Beli berdasarkan ukuran baju


Tak ada salahnya jika kamu membeli baju sambil membawa alat ukur. Ssstt saya sering begini juga kok hehe. Ketika membeli baju, biasanya saya jarang membawa anak-anak. Jadi saya mengukur baju yang biasa dipakai mereka, dan membawa alat ukur sembari memilih baju. Hal ini saya lakukan agar tak salah memilih ukuran. Ada yang begini juga?

3. Pertimbangkan toleransi ukuran


Penjahit baju akan memberikan batas toleransi ukuran baju 1-2 cm dari standar ukuran yang tertera pada size chart. Makanya, sebelum menentukan ukuran baju koko yang hendak dibeli, pastikan kamu sudah memperhitungkan batas toleransi ukuran baju.

4. Ambil ukuran yang lebih besar


Saya pernah membeli baju dengan ukuran yang pas dengan size seusia anak saya. Namun ketika datang, baju tersebut jauh lebih kecil dari ekspektasi saya. Sejak saat itu saya memilih ukuran yang lebih besar dibanding ukuran yang saya inginkan.

Ukuran Baju Koko Anak Laki-laki Umur 12 tahun


Ukuran standar baju koko anak laki-laki usia 12 tahun adalah panjang baju (PB) 68 cm dan lebar dada (LD) 45 cm. Sedangkan ukuran celana bagian bawah adalah panjang celana 85 cm dan lebar pinggang 76 cm. Ukuran ini memiliki toleransi 1-2 cm. Jadi pastikan kalau membeli baju koko set celana harap memperhatikan ukuran tersebut.

Sekarang sudah tahu kan cara membeli baju koko anak secara online beserta ukuran standar baju koko anak laki-laki umur 12 tahun?! Kini, saatnya Sobat MQ mengetahui jenis-jenis baju koko anak laki-laki yang sedang trend 2024.

Jenis Baju Koko Anak Laki-laki Trend 2024


Jenis baju koko anak laki-laki di tahun 2024 yang menjadi trend masih berkutat dengan model baju koko lengan pendek dan kurta setelan celana. Desain baju koko saat ini makin terlihat simpel. Tak banyak perubahan desain dari tahun sebelumnya.

Modifikasi aksen pada bagian depan dengan paduan motif warna yang senada bahkan masih menjadi andalan desain baju koko anak. Model dengan belahan kancing serta penambahan kantung depan juga menjadi desain primadona.

Perpaduan warna yang soft dan bright juga mendominasi trend warna tahun 2024. Model baju koko dipadu dengan sarung celana pun bisa jadi pilihan kamu untuk model baju koko anak laki-laki tahun 2024 ini

Penutup


Berbagai jenis bahan yang menjadi primadona baju koko terbuat dari berbagai jenis bahan. Jenis kain toyobo premium terlihat paling diminati oleh pembeli baju koko anak. Saya pun demikian, karena bahan ini tampak lebih elegan dan tak mudah kusut.

Selain pilihan model, jenis bahan pembuat baju koko anak laki-laki usia 12 tahun dan size lainnya memang menjadi fokus utama para orang tua dalam membeli baju. Saya yakin Sobat MQ juga melakukan hal yang sama. Sudah beli baju koko buat ramadhan dan lebaran? Semoga bermanfaat.

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

4 komentar

  1. masih dipikirkan mbak, mau beli baju kok apa enggak buat anak.Hhhe. Bajunya masih bagus, sedangkan baju Koko jarang di pakai semenjak anak udah pakai seragam kalau ke sekolah. Tipsnya iya banget sih, kalau beli baju Koko anak enggak berpatokan pada usia .Emaknye ini yg kudu pinter memilihkan

    BalasHapus
  2. Kebetulan sekali si sulung sedang di usia 12 dan memang betul sekali, gampang-gampang susah nyari pakaian untuk umur segini, termasuk nyari baju koko. Kadang kalau salah mulu beli, ya udah jalan akhirnya ngejahit aja dulu

    BalasHapus
  3. Anak usia 12 tahun ini nanggung lo, baik cewek maupun cowok, agak susah cari bajunya, untuk ukuran anak-anak kadang mereka ga suka modelnya katanya kekanakan, eh pakai ukuran dewasa juga susah juga cari ukurannya hehehe, 2 anakku nih yang seperti ini

    BalasHapus
  4. Jadi inget dulu waktu anak saya masih kecil..kalau udah deket lebaran pastii hunting baju koko. Seneng saya pilih pilih baju koko...sekarang udah besar..maunya bukan baju koko lagi tapi kemeja hehe

    BalasHapus

Posting Komentar