banner-imq

Ganti Aki Motor Beat Berapa? Ini Harga Aki Berkualitas 2024!


Hi SobatMQ!
Saya mau cerita pengalaman saya mengganti aki motor matic saya. Sebelumnya saya sempat bertanya ke beberapa teman untuk ganti aki motor Beat berapa sih? Bukan apa-apa, karena saya memang belum pernah mengganti aki sejak saya membeli motor tersebut.

honda beat

Setelah 3 tahun sejak pembelian motor tersebut, saya merasakan lampu bagian depan sudah mulai redup, sedangkan suara klakson sudah tak senyaring biasanya. Karena pernah mengalami kejadian motor mati di saat tak tepat, makanya saya segera mencari tahu tentang harga aki motor.

Saya pun mencoba mencari tahu melalui beberapa website untuk mencari tahu harga ganti aki motor Beat berapa. Dari situ saya mendapatkan beberapa informasi penting perkara aki motor.

Ganti Aki Motor Beat Berapa?


Mencari tahu nominal ganti aki motor Beat berapa, bagi saya ini bertujuan untuk mempersiapkan dana lebih awal. Seperti kita ketahui bersama Sob, jika biaya perawatan motor itu juga lumayan kan? Apalagi kalau ada spare part motor yang harus diganti. Nah ini bisa memakan biaya yang jauh lebih besar.

Berdasarkan hasil pencarian saya di beberapa toko online tepercaya, saya menemukan harga ganti aki motor Beat mulai dari Rp 207.000,- hingga Rp 297.000,- Pemakaian aki ini bisa digunakan untuk motor Beat, Vario, Mio, Scoopy, Supra X 125 dan motor yang sesuai.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat spesifikasi sebagai berikut:
  • Aki GS Astra MF GTZ 4V seharga Rp 233.770,- (note toko online Astra Otoparts, Shopee Mall)
  • Aki GS Astra MF GTZ 5S seharga Rp 243.470,- (note toko online Astra Otoparts, Shopee Mall)
  • Aki Bosch RBTZ 5S seharga Rp 207.990,- (Bosch Automotive Official, Shopee Mall)
  • Aki Honda GTZ 6V seharga Rp 297.000,- (Honda Cengkareng, Shopee Mall)
Note: 
Harga ini hanya sebagai referensi saja ya Sob. Dan harga diatas adalah harga yang tertera ketika tulisan ini dibuat. Selain itu mungkin saja harga ganti aki motor Beat saat kamu membaca tulisan ini sudah berbeda di tiap kota. Sebaiknya kamu mengecek secara langsung di bengkel resmi di kota kamu ya.

Beli Aki Tanpa Membawa Motor? Bisa Kok!


Oh ya So, sebelum kamu membeli aki motor, sebaiknya kamu mengetahui jenis aki apa yang digunakan oleh motor kamu ya. Untuk mengetahui jenis aki yang digunakan oleh motor kamu, kamu bisa mengecek di buku panduan atau melihatnya dari informasi pada aki lama pada motor kamu.

Untuk pembelian aki motor saya pun dilakukan oleh suami. Waktu itu suami membeli aki tanpa membawa motor, beliau hanya meminta saya memfoto aki yang ada di motor. Kemudian saya mengirimkan fotonya, dan suami pun mendapatkan aki motor sesuai dengan spesifikasi aki yang digunakan.

Jadi, jika ingin membeli aki online atau kamu ingin membeli aki tanpa membawa motor pun tetap bisa kamu lakukan. Kamu cukup membaca buku panduan kendaraan atau memfoto aki lama dan tunjukkan pada penjualnya. Petugas di bengkel Honda atau bengkel langganan kamu akan merekomendasikan aki yang cocok untuk motor kamu.

Jenis Aki Motor Beat


Motor Beat bisa menggunakan aki kering dan aki basah. Perbandingan penggunaan aki kering dan aki basah adalah jika aki basah memerlukan pengecekan level air aki secara teratur untuk menghindari aki kering. Namun keuntungannya harga aki basah lebih terjangkau sehingga lebih hemat. Sedangkan, aki kering tidak memerlukan perawatan khusus, namun harga lebih mahal

Karena motor saya menggunakan aki kering, maka solusi satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan aki baru. Beberapa motor matic memang ada yang menggunakan aki basah, namun saat ini kebanyakan motor matic sudah menggunakan aki kering. Untuk memastikan hal ini, Sobat MQ perlu mengeceknya di buku panduan kendaraan ya.

Jenis aki motor memang ada dua varian yaitu
  1. Aki kering merupakan aki yang paling banyak digunakan oleh kendaraan bermotor akhir-akhir ini, karena minim perawatan (free maintenance battery). Tidak memerlukan pengecekan level air aki dan pengisian ulang elektrolit.
  2. Aki basah adalah aki yang terdiri atas larutan elektrolit sebagai sistem penyimpanan listrik dan energi. Harga aki basah lebih terjangkau dan yang paling umum digunakan untuk kendaraan bermotor

Tanda Aki Motor Soak


Sob, tanda aki motor soak atau melebihi batas pemakaian, kamu bisa melihat dari penurunan performa aki motor lho. Berikut ini tanda-tanda aki mulai soak, kamu bisa bandingkan dengan kondisi motor kamu ya.
  1. Motor susah dihidupkan dengan menggunakan starter
  2. Suara klakson tidak nyaring seperti biasa, bahkan cenderung melemah.
  3. Lampu depan (headlamp) redup dari biasanya
  4. Layar digital atau speedometer motor redup bahkan tulisan tidak secerah biasanya
  5. Penggunaan aki sudah melebihi batas pemakaian. biasanya lebih dari 1 atau 2 tahun
Masih banyak lagi tanda-tanda aki motor mulai soak. Jika sudah mengalami hal seperti yang saya sebutkan diatas, sebaiknya kamu segera membawa motor kamu ke bengkel terdekat ya. Hal ini untuk menghindari motor kamu mati di tengah jalan atau bahkan tidak mau hidup lagi.

Jadi kamu sudah tahu kan Sob ganti aki motor Beat berapa? Untuk penggantian aki motor, usahakan untuk menggantinya dengan aki motor berkualitas atau yang disarankan dalam buku panduan kendaraan ya Sob! 

Kamu bisa membeli di bengkel terdekat atau beli sparepart online melalui aplikasi. Jangan asal pilih murah, tetapi tidak bisa tahan lama. Kamu akan rugi sendiri. Tetap jaga kesehatan kendaraan untuk keamanan berkendara ya. Semoga bermanfaat :)

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

12 komentar

  1. Kalau beli aki tanpa bawa motornya berarti harus pasang sendiri ya, Mbak? Wah, kalau ini sih saya belum berani. Kecuali ada Pak Suami yang bisa memasangkan.

    BalasHapus
  2. Membeli aki motor sendiri tanpa pasang langsung ditempat kyaknya harus hati" jg ya mba.. Takut juga nih kalau asal beli, apalagi kalau beli online dan ternyata aki palsu..

    BalasHapus
  3. Lebih enak beli aki motor dan langsung bawa motornya ke bengkel sekalian,
    untuk minta dipasangkan oleh teknisinya.

    BalasHapus
  4. Untuk yang suka ngoprek, nggak masalah, ya, beli aki tanpa bawa motornya. Namun, saya yang awam ini nggak berani, apalagi biasanya di bengkel-bengkel juga free biaya pemasangan, hhe.

    BalasHapus
  5. aku biasanya tanya-tanya bab beginian ke teman dan ke mekanik, untuk pembanding. Baru deh, terjun sendiri untuk bilang ke mekaniknya. Jadi, jauh-jauh hari sudah nyiapin dana buat ke bengkel. Termasuk ganti aki.

    BalasHapus
  6. Motornya samaaa, punyaku juga Beat wkwk. Tapi aku nggak berani pasang sendiri, nggak ngerti mekanik soalnya hehe. Jadi dulu pas servis disuruh ganti aki ceritanya, rekomendasinya sih sama seperti yang mbak tulis di sini. Jadi pas aku servis, ke Ahass, sekalian ganti aki sekalian perawatan rutin semua2nya. Dah terima jadi, wkwk..

    BalasHapus
  7. Kalau urusan Aki memang sudah percaya ke GS. Eh btw, ternyata di Planet Ban ada ya, kalau suatu saat mau ganti jadi tinggal turun ke jalan utama sampai nih. Jadi makin lengkap aja Planet Ban

    BalasHapus
  8. Kebetulan motor saya ada tanda-tanda yang sebutkan di atas, salah satunya sudah agak mulai susah dinyalakan starter otomatisnya. Sepertinya harus dicek lebih detail lagi, siapa tau memang pengaruh aki dan waktunya ganti

    BalasHapus
  9. wah sama banget lagi sama apa yang aku alami kalau motor tanda-tandanya rusak. Soalnya motorku juga beat mbak, haha. Pernah nggak bisa di starter akhirnya malah jadi jajan deh dan mahal banget, hiks.

    BalasHapus
  10. Soal aki ini bener2 pernah ngalamin pas aki motornya adekku rusak pas kupake hmm, sampe akhirnyaa harus rela dorong motor laah itu wkwkwkw. ga lagi2 deh jalan sama motor kalo akinya soaak

    BalasHapus
  11. Mbaa aku baru tau bisa beli aki tanpa bawa motor.. biasanya mati dulu baru kepikiran gimana belinya

    BalasHapus
  12. Lebih aman beli langsung minta bantu pasang sama si abangnya,

    BalasHapus

Posting Komentar