banner-imq

Ganti Aki Motor Berapa Lama? Ini 5 Tips Agar Aki Tahan Lama


Hi Sobat MQ!
Punya kendaran bermotor membuat kamu harus aware kapan harus ganti aki serta berapa lama ganti aki motor (lagi)? Hal ini penting kamu ketahui Sob, sebab, jika kamu lupa atau tidak memiliki informasi ini, kamu pasti kebingungan dengan motor kamu yang tetiba ngambek nggak mau menyala.

aki motor 5v

Kapan sebaiknya ganti aki motor? Dan bagaimana agar aki motor bisa tahan lama? Yuk, kita cari tahu sama-sama.

Ganti Aki Motor Berapa Lama?


Sobat MQ, aki (accu) motor merupakan sumber arus listrik dan sumber energi pada kendaraan sehingga mampu menyalakan lampu, starter, klakson, hingga mesin motor. Selain bahan bakar, aki memiliki peran besar agar motor dapat menyala.

Perlu diketahui bahwa aki atau baterai motor memiliki masa pemakaian yang terbatas. Jika aki sudah mengalami penurunan performa (soak) maka perlu diganti dengan aki baru. Berapa lama pemakaian aki motor?

Pada pemakaian normal, masa pakai aki motor dapat bertahan dua hingga tiga tahun. Namun lamanya masa pakai aki motor tergantung dari cara pemakaian dan kondisi perawatannya. Berdasarkan pengalaman saya pribadi masa pemakaian aki motor antara 1.5 tahun hingga 2 tahun.

Pemakaian aki motor lebih cepat habis dibanding masa yang seharusnya, bisa jadi karena penggunaan aki yang berlebihan. Misalnya adanya pemasangan aksesoris motor, kondisi mesin yang menyala tanpa mematikan stop kontak, sering melakukan perjalanan jauh, terjadinya korosi dan berbagai hal lainnya.

Bagaimana agar pemakaian aki motor tetap awet? Beberapa tips berikut ini bisa Sobat MQ terapkan pada kendaraan kamu ya.

Tips Agar Aki Motor Awet


service motor

Setelah mengganti aki yang lama dengan aki baru, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut agar aki motor awet dan durasi pemakaian lebih lama.

1. Kurangi aksesoris motor yang berpotensi menyedot daya listrik


Aksesoris motor yang menggunakan daya listrik juga menambah beban pemakaian aki lho. Meski dayanya kecil, namun pemakaian terus menerus dan konsisten membuat daya dari baterai motor cepat habis. Saya pun harus merelakan untuk melepas aksesoris lampu tambahan pada motor saya agar aki motor lebih hemat.

2. Selalu rutin melakukan pengecekan performa aki


Pengecekan performa aki bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan level air aki. Pengecekan level aki dapat dilakukan secara berkala untuk mengetahui kinerja aki. Pengecekan level aki dapat dilakukan di bengkel resmi atau bengkel tepercaya yang ada di kotamu.

3. Pastikan aki tetap bersih dan bebas korosi


Aki yang selalu bersih dan bebas korosi juga membantu performa aki lebih tahan lama. Sebaiknya Sobat MQ melakukan pembersihan terminal aki dan memastikannya bebas dari korosi.

4. Gunakan aki original berkualitas


Sobat MQ, pastikan kamu selalu menggunakan spare part original untuk kendaraan kamu, termasuk saat penggantian aki motor. Aki original terbukti lebih tahan lama dan awet digunakan. Jangan tergoda harga murah jika tidak berkualitas.

5. Beli Aki di bengkel yang memberi garansi barang asli


Untuk membeli aki motor yang terbukti original, kamu bisa membeli spare part kendaraan di bengkel yang memberi garansi barang asli. Salah satu bengkel yang memberi garansi spare part original adalah Planet Ban.

Ganti Aki Motor di Planet Ban


Jika kamu ingin ganti aki motor, kamu bisa mengganti di Planet Ban. Planet Ban telah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Saat ini telah ada 1100 store Planet Ban yang telah melayani 7 juta pelanggan.

ganti aki berapa lama

Dengan jumlah pelanggan sebanyak ini Planet Ban memberikan kepuasan pelanggan karena menghadirkan produk original dengan kualitas terbaik. Salah satu jaminan kualitas original Planet Ban adalah aki motor.

Penggantian aki bisa kamu lakukan sendiri atau mendatangi store Planet Ban. Jenis aki yang yang tersedia di store Planet Ban sebagai berikut
  • X-Smart NS Accu (Aki) NTZ 5V
  • X-Smart NS Accu (Aki) NTZ 6V

Penggantian aki di Planet Ban tidak dikenakan biaya ya alias gratis. Selain mengganti aki, kamu juga bisa melakukan pengecekan kondisi motor, serta perawatan motor di Planet Ban.

Banyak testimoni konsumen yang menyebutkan jika service motor di Planet Ban, memberi pengalaman 'rasa mesin baru'. Suara mesin lebih halus dan tarikannya lebih enteng. Selain itu soal harga tentu saja ramah di kantong! Cuss lah, langsung ke Planet Ban terdekat di kotamu ya

Untuk store Planet Ban terdapat di beberapa kota besar di Indonesia yaitu Bali, Banten, DKI Jakarta, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung, NTB, dan Sumatera Selatan. Kamu bisa mengecek detail lokasi Planet Ban setiap kota di situs planetban.com ya.


Selalu cek dan jaga kesehatan kendaraaan untuk keamanan berkendara. Ingat perawatan kendaraan, ingat Planet Ban ya. Semoga bermanfaat.

Salam,
MQ

Referensi:
https://planetban.com/
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

15 komentar

  1. Saya termasuk yang pake motor tapi kurang paham dengan perawatannya, termasuk masalah aki. Tapi setelah baca artikel ini jadi lumayan tercerahkan tentang pentingnya mengurus accu motor agar bisa awet digunakan, jadi tau juga kalau di Planet Ban juga menjual accu motor. Kebetulan deket juga tempat tinggal dengan cabang planet ban di Sukabumi, jadi kalau ada apa-apa langsung cuss ke sana

    BalasHapus
  2. Wah, jadi pengen banget nih merasakan perawatan kendaraan bermotor di Planet Ban. Jangan sampai kendaraan bermotor ngambek baru cari solusi.

    BalasHapus
  3. Beberapa kali aku penasaran sama Planet Ban, kebetulan banyak yang merekomendasikan buat servis motor di sana. Apalagi aki motor udah lama banget jarang ganti, jadi penasaran pengen ngecek.

    BalasHapus
  4. Sebaiknya memang menggunakan spare part original untuk kendaraan kita, pun dengan penggantian aki motor, agar lebih tahan lama dan awet digunakan.

    BalasHapus
  5. wah lengkap ini tipsnya, sangat membantu sekali, baru tahu juga kalau ternyata di Planet Ban layanannya lengkap tidak hanya ganti ban saja ya

    BalasHapus
  6. Nah saya heran juga nih. Sepeda motor suami saya sudah 4 tahun belum ganti aki motor. Memang aki motor ini harus diperhatikan ya kak, agar jangan sampai kehabisan

    BalasHapus
  7. Biasanya motorku 2-3 tahun sih baru ganti aki, secara memang ga ada aksesori tambahan ya, makanya awet

    BalasHapus
  8. soal Aki aku juga biasanya menanyakan detil terkait kualitas dan penggunaannya. Pasalnya, motor semakin jarang dipakai justru merusak aki, kata mekaniknya begitu. Jadi paham. Bisa nih, pan kapan ke planet ban, semoga ada

    BalasHapus
  9. Di Sukabumi juga ada itu Planet Ban dan alhamdulillah tidak terlalu jauh dari rumah, jadi lumayan sangat terbantu. Kemarin-kemarin pernah ganti oli di Planet Ban ini dan cukup puas dengan pelayanannya. Eh, ternyata ada aki juga, ya. Baru tau kalau yang ini. Next kalau ada kebutuhan Aki Motor, tinggal cuss ke Planet Ban

    BalasHapus
  10. Saya pernah kaa..mati mesin di jalan ternyata akinya habiiisss...haduh mana di tempat yang jauh darimana mana...pengalaman yang menegangkan tak terlupakan. Sejak saat itu gak lagi2 cuek sama aki

    BalasHapus
  11. Penting banget ya tips ini, apalagi macam saya tim buibu tau terima ngeng aja kalau pakai motor 😂😂😂

    BalasHapus
  12. Aku cukup khawatir sih ini kalo aki abisss tuh bisa2 pas mau distarter macet, trus kalo gabisa ngegas pake kaki, jadi kayak aku wkwwkwkwk doroong sampe ada yg mau bantuin

    BalasHapus
  13. Aku banget nih kak, jarang banget perhatian sama aki motor. Pokok tau nya naikin aja motor...hhehe... untuk urusan aki biasanya sudah percaya banget sama bengkel planet ban. Untungnya didekat rumah ada bengkel planet ban..

    BalasHapus
  14. Saat pagi mau pergi motor susah distater, rasanya tuh wow banget. Pengen nangis, marah , nano nano pokoknya. Jadi pengalaman berharga banget. Perawatan rutin memang penting adanya.

    BalasHapus
  15. Kesehatan aki penting banget untuk motor, apalagi motor matic. Lebih-lebih, motor matic sekarang udah kebanyakan tidak lagi dibekali dengan Kick-starter alias engkol sehingga kalau aki sudah habis ya ndak bisa jalan deh motornya.

    BalasHapus

Posting Komentar