banner-imq

Punya Gelar S2 Manajemen Keuangan? Coba Karir Seperti Erina Gudono

1 komentar

Manajemen Keuangan adalah salah satu program studi (prodi) di Fakultas Ekonomi Universitas yang mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya keuangan. Para lulusan prodi ini akan mengelola sumber keuangan pada sebuah instansi atau perusahaan. Diharapkan mereka dapat menjalankan fungsinya pada badan usaha atau instansi tertentu dengan baik.

Apalagi bagi pemilik gelar S2 manajemen keuangan, tentu saja diharapkan lebih menguasai lagi teknik serta praktik pengelolaan keuangan. Karena para lulusan S2 ini telah mendapat ilmu lebih memadai dari jenjang pendidikan sebelumnya. Jika pada jenjang Strata 1, lulusan Manajemen diberi gelar Sarjana Manajemen (S.M) apa gelar lulusan S2 manajemen keuangan? Mari kita bahas yuk.

Gelar S2 Manajemen Keuangan


Gelar S2 Manajemen Keuangan adalah Magister Manajemen (M.M.). Lamanya masa studi bagi mahasiswa pasca sarjana ini adalah 4 semester. Siapa saja yang bisa kuliah S2 Manajemen Keuangan? Adalah mereka yang telah lulus program sarjana (S1) semua jurusan serta lulusan program Diploma 4 (D4) semua jurusan boleh mengambil prodi ini.

Gelar S2 Manajemen Keuangan

Mengutip dari laman Universitas Esa Unggul, beban Sistem Kredit Semester (SKS) bagi mahasiswa Magister Manajemen adalah 42 SKS. Ada pun pembagiannya sebagai berikut:

Semester 1


Pada semester 1 bidang yang dipelajari adalah Ekonomi Manajerial, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen SDM. Semua mata kuliah ini diambil masing-masing 3 SKS, sehingga totalnya 12 SKS.

Semester 2


Pada semester 2 mata kuliah yang dipelajari adalah Metodologi Riset, Manajemen Operasional, Manajemen keuangan Internasional, dan Analisis Investasi dan Manajemen Resiko. Lagi-lagi total beban studi pada semester 2 ini sebanyak 12 SKS. Masing-masing mata kuliah dibagi per 3 SKS.

Semester 3


Mahasiswa yang akan mengambil Gelar S2 Manajemen Keuangan pada semester 3 akan mempelajari Manajemen Strategi, Institusi Depositori dan Pasar Modal, Analisis Sekuritas Derivatif, serta Sistem Informasi Keuangan. Semua mata kuliah ini diambil masing-masing 3 SKS.

Semester 4


Kemudian pada semester 4 yaitu pengerjaan Tesis sebanyak 6 SKS di semester akhir.

Sobat MQ sudah tahu kan perbedaan Skripsi, Tesis, serta Disertasi? Melansir dari binus.ac.id Skripsi adalah karya tulis Ilmiah yang digunakan sebagai syarat tugas akhir perkuliahan jenjang Strata 1. Sedangkan Tesis adalah karya tulis ilmiah tugas akhir bagi mahasiswa pasca sarjana (S2). Dan Disertasi adalah karya tulis Ilmiah bagi mahasiswa program doktoral (S3) untuk tugas akhir perkuliahan.

Pada masing-masing karya tulis ilmiah ini memuat syarat yang berbeda-beda tentunya. Mulai dari porsi bimbingan, bobot, penyajian, analisis, rumusan masalah, penguji, hingga cakupan publikasi.

Pada porsi bimbingan misalnya antara penulis dan pembimbing bagi mahasiswa S1 adalah 60/40, sedangkan bagi mahasiswa S2 adalah 80/20, serta 90/10 bagi mahasiswa doktoral.

Untuk publikasi, berbeda dengan mahasiswa S1 yang cakupan publikasinya internal kampus dan sebisa mungkin level nasional, bagi mahasiswa S2 level publikasi minimal tingkat nasional.

Melihat beban pendidikan mahasiswa S2 ini lumayan berat, tetapi bagi lulusan pasca sarjana khususnya program studi Manajemen Keuangan, karirnya terbilang terbuka lebar. Mari kita lihat karir bagi lulusan ini.

Karir Bagi Pemilik Gelar S2 Manajemen Keuangan Keuangan


Karir S2 Manajemen Keuangan

Bagi Sobat MQ lulusan sarjana maupun pasca sarjana manajemen keuangan, beberapa posisi strategis di perusahaan maupun instansi siap menerima kamu lho. Berikut ini posisi karir yang bisa diisi oleh para lulusan prodi Manajemen Keuangan.

1. Staf Keuangan


Staf keuangan adalah orang yang mengelola bagian keuangan suatu perusahaan. Posisi bagian keuangan seperti Analyst Keuangan, Akunting, dan Manajer Keuangan. Gaji bagi staff keuangan mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah.

2. Akademisi


Bagi lulusan magister manajemen keuangan atau lainnya, mengambil peran sebagai akademisi adalah pilihan tepat. Karena peluang menjadi tenaga pendidik atau dosen sangat besar. Jika memiliki gelar S2 manajemen keuangan berkarir sebagai dosen maka gaji yang didapat mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta rupiah.
Mengutip dari Peraturan Pemerintah (PP) No.15/2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas atas PP No. 7/1977 tentang Pengaturan Penggajian Pegawai Negeri. Gaji dosen perguruan tinggi golongan III Rp 2.688.500 hingga Rp 4.797.000 per bulan.

Sedangkan dosen golongan IV dengan masa kerja sekitar lima tahun akan menerima gaji sekitar Rp 3.044.300 hingga Rp 5.901.200. Namun besaran ini belum termasuk tunjangan jabatan dan sertifikasi. Dikutip dari detikcom, jumlah tunjangan bagi para tenaga pendidik dengan jabatan tertentu bisa mencapai puluhan juta setiap bulannya.

3. Manajer Pemasaran


Manajemen Pemasaran adalah orang yang bertugas memasarkan barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
Menurut Robert Walters dikutip dari glassdoor.com menyebutkan gaji seorang Sales Manager di Jakarta, Indonesia bisa mencapai Rp 1.251.396.992 per tahun atau senilai Rp 104.283.082, - per bulan. Wow menggiurkan ya.

4. Konsultan


Masih mengutip dari Robert Walters Gaji seorang Consultant adalah Rp 199,563,120,- per tahun atau sekitar Rp 16 jutaan per bulan. Sedangkan gaji Senior Consultant senilai Rp 360,000,000,- per tahun atau Rp 30 juta per bulan.

5. Pegawai Bank


Menjadi pegawai bank kerap kali menjadi incaran banyak mahasiswa lulusan Fakultas Ekonomi. Karir yang terbuka lebar serta gaji yang menggiurkan menjadi salah satu daya pikatnya. Mengutip dari Tempo.co gaji untuk posisi Assistant Manager di bank BCA sebesar Rp12,8 juta. Sedangkan untuk Credit analyst adalah Rp 8,7 juta per bulan, dan Senior Assistant manager Bank adalah BTN Rp10 juta.

Selain posisi di atas, memiliki gelar S2 Manajemen Keuangan, Sobat MQ juga bisa menjajal karir seperti Erina Gudono. Sobat MQ pasti sudah familiar kan dengan nama wanita cantik satu ini? Ya, dia adalah salah satu menantu presiden Joko Widodo. Pemilik nama lengkap Erina Sofia Gudono ini adalah istri dari putra bungsu presiden yaitu Kaesang Pangarep. Sebelum membicarakan karirnya, kita intip yuk profil lengkapnya.

Profil Lengkap Hingga Karir Erina Gudono Menantu Presiden


Erina Sofia Gudono atau lebih dikenal sebagai Erina Gudono lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat pada 11 Desember 1996. Putri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah anak ke 3 dari 4 bersaudara.

Erina gudono

Erina merupakan putri dari (alm) Profesor Gudono, merupakan guru besar dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Profesor Gudono juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Pengembangan SDM universitas Gadjah Mada 2002-2004.

Lulusan pendidikan S2 Master of Public Administration dari Columbia University tahun 2021, ini juga memiliki gelar S1 Manajemen Keuangan Universitas Gadjah Mada 2018.

Erina pernah berkarir sebagai Finance di Bank Indonesia sebagai Project at Payment System Policy Department. Kemudian wanita 26 tahun ini melanjutkan karir sebagai Finance Analyst di JP Morgan. JP Morgan adalah perusahaan Internasional yang bergerak di bidang layanan keuangan.

Perlu ditambahkan juga bahwa pada April 2019 hingga Oktober 2020 Erina pernah berkarir di tokopedia sebagai Associate Brand Strategist.

Dari akun Linkedin Erina juga diketahui pernah menempuh pendidikan di The Chinese University of hongkong untuk jurusan bisnis dan manajemen ekonomi. Pernah mengikuti program pertukaran ke Showa Women’s University of Japan.

Erina memiliki karir yang cemerlang. Satu hal yang membuat publik mengenal sosok Erina Gudono tatkala istri Kaesang Pangarep ini mengikuti ajang Puteri Indonesia 2022. Saat itu Erina mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dan berhasil meraih placement 11 besar.

Prestasi lainnya yang pernah diraih oleh wanita kelahiran 11 Desember 1996 ini adalah:
  • Juara 1 AIESEC Social initiative Competition
  • Juara 1 International Business Case Competition
  • Juara 1 Essay Competition to represent Indonesia in Australia Libertarian Conference.
  • Juara 1 National Business Project Competition in Tokyo, Japan serta
  • Most social spirited Scholar dari UGM FEB Award

Dibidang sosial Erina juga aktif sebagai relawan di organisasi Kisah Kasih yang membantu membantu UMKM, dan koordinator Save Street Children Indonesia. Erina juga aktif di organisasi non profit untuk membantu kaum marjinal untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Seperti diketahui erina aktif berperan di Komunitas Sekolah Marjinal, takesbook indonesia, dan Harapan Fian yogyakarta.

Akad nikah

Luar biasa ya karir yang dilalui Erina. Bagi Sobat MQ yang ingin menjajal pekerjaan seperti Erina juga bisa kok! Caranya yuk semangat untuk meraih gelar S2 Manajemen Keuangan ya.

Nah bagi Kamu yang sudah mapan bekerja, boleh juga membuka peluang sumber penghasilan baru dari sebuah bisnis mandiri. Kita lihat ide bisnis bagi lulusan Magister Manajemen Keuangan yuk.

Bisnis Bagi Pemilik Gelar S2 Manajemen Keuangan


Bagi Sobat MQ pemilik gelar Magister Manajemen peluang untuk menjadi pengusaha sangat terbuka lebar lho. Seperti diketahui bahwa pengusaha menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang berusaha dalam bidang perdagangan maupun industri.

Pengusaha atau pemilik bisnis dapat membuka bisnis dari berbagai bidang seperti perdagangan maupun industri. Sobat MQ bisa merekrut orang untuk diajak bekerja sama atau melakukannya secara mandiri. Dengan ilmu perencanaan, pengelolaan keuangan yang baik tentu saja memiliki peluang berhasil yang lebih besar.
Usaha yang bisa Sobat MQ lakukan adalah membuka jasa konsultan keuangan, jasa audit keuangan, maupun usaha dibidang pemasaran yang memiliki peluang besar.

Sebagai lulusan S2 Manajemen Keuangan tentu saja Sobat MQ memiliki peluang karir yang besar. Kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan mulai membangun bisnis mandiri maupun bisnis franchise. Semua peluang terbuka lebar, tinggal diupayakan saja. Selamat berusaha ya :)
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

1 komentar

  1. Masyaallah tabarakallah Profilny mbak erina gudono sangat² mantab sekali... Paras ayu, pendidikn tinggi, dengn segudang prestasi...

    BalasHapus

Posting Komentar