banner-imq

3 Cara Mudah Mulai Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi


Hi Sobat MQ!
Melihat peluang bisnis dalam setiap kesempatan rasanya tak akan ada habisnya. Jika jeli melihat peluang bisnis, maka sumber penghasilan akan mudah didapatkan.

Sebelumnya MQ sudah panjang lebar membahas rekomendasi sewa pelengkapan bayi di Tangerang, kini kita perlu melihat bagaimana peralatan bayi yang sudah tidak terpakai ini dapat menghasilkan uang berkesinambungan menggunakan software akuntansi. Penasaran? Yuk kita bahas.

Cara Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi


Pada ulasan sewa perlengkapan bayi Tangerang telah dibahas mengenai untung rugi bagi pengguna jasa sewa perlengkapan bayi. Dilihat dari sisi penyewa banyak sekali keuntungan yang didapat, seperti dapat menghemat biaya beli, solusi bagi yang (hanya) membutuhkan sementara, tidak repot mempersiapkan tempat penyimpanan ketika sudah tak terpakai, dan sebagainya. 

Bisnis Sewa Perlengkapan Bayi Tangerang
source: canva.com

Jika selama ini peralatan bayi yang sudah tak terpakai hanya berakhir dibgudang penyimpanan. Kabar baiknya Sobat MQ bisa menjadikan barang-barang tersebut sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan membuka usaha jasa sewa perlengkapan bayi.

Menurut data dari Sigma Research 2017, menyebutkan bahwa pangsa pasar perlengkapan bayi memiliki total omset sebesar Rp 88,1 Triliun yang dibagi dalam 8 sub kategori. Dan kategori rekreasi seperti alat traveling, mainan anak, baby carrier memiliki pangsa pasar 16,9% atau Rp 14,9 Triliun dari total keseluruhan industri.

Hal ini diprediksi akan terus stabil dikarenakan beberapa faktor, diantaranya kelahiran, perkembangan bisnis online, kepemilikan gadget para Ibu, hingga pola hidup orang tua yang ingin serba mudah. Hal inilah yang menjadikan bisnis sewa perlengkapan bayi menjadi bisnis yang akan tetap manis.

Jenis perlengkapan bayi yang bisa dijadikan sumber cuan antara lain:
  • Barang rumahan seperti baby crib, baby chair/feeding chair, 
  • Barang elektronik seperti pompa ASI atau freezer ASI,
  • Barang traveling seperti car seat, hip seat, dan stroller, serta
  • Mainan edukasi yang memiliki berbagai jenis bentuk dan rupa.
Dari jenis barang-barang di atas, kita bisa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan. Caranya mulailah membuka usaha sewa menyewa perlengkapan bayi. Sobat MQ bisa melakukan langkah berikut ini 

1. Sediakan katalog produk 

Katalog produk memudahkan calon penyewa melihat berbagai jenis produk yang ada. Katalog produk bisa berupa katalog digital  (website atau media sosial) yang bisa diakses oleh semua calon pelanggan, bisa juga berupa hardcopy. 

2. Pasang iklan


Pasang iklan bisnis sewa menyewa kamu lewat media sosial atau pun website khusus. Hal ini tentu memudahkan pelanggan menemukan peralatan bayi yang dibutuhkan melalui postingan yang kamu buat. 

3. Tentukan harga sewa


Setelah itu Sobat MQ bisa menentukan harga sewa beserta promo-promo menarik lainnya dan tunggu uang datang menyapa hehe.. Bagaimana cara menentukan harga sewa perlengkapan bayi? Kita hitung yuk!

Cara Menentukan Harga Sewa Perlengkapan Bayi


Pencatatan bisnis
source: canva.com

Jika Sobat MQ berencana membuka usaha penyewaan peralatan bayi, maka kita akan menentukan harga sewa dari barang-barang tersebut. Namun sebelumnya kita harus melihat beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga sewa perlengkapan bayi, antara lain:
  • Kondisi barang (masih baru, like new, atau layak pakai), harga sewa barang dengan kondisi baru tentu lebih tinggi ketimbang stok lama.
  • Durasi pemakaian, semakin lama menyewa maka harga semakin rendah. 
  • Jumlah peminat barang sewaan, semakin tinggi peminatnya maka harga sewa semakin mahal.
  • Fee manajemen atau administrasi (jika memakai pihak ketiga)
MQ akan memberi contoh perhitungan sewa carseat berikut ini.
Rumus yang digunakan adalah biaya sewa 10% dari harga beli baru)
Harga beli baru carseat misalkan Rp 3.000.000,- maka harga sewa untuk setiap durasi penyewaan adalah:
  • Sewa per bulan Rp 250.000,-
  • Sewa per minggu Rp 75.000,-
  • Sewa perhari Rp 15.000,-

Lama pemakaian car seat pada bayi sejak dari lahir adalah minimal 6 bulan. Jadi jika orangtua menyewa carseat selama 6 bulan, total biaya yang dikeluarkan orang tua selama 6 bulan pemakaian adalah Rp 1.500.000,-

Dengan demikian, dari sisi penyewa tentu akan menghemat biaya sebesar Rp 1.500.000,- Sedangkan bagi pemilik usaha,  maka return of investment (RoI) carseat akan dicapai dalam waktu minimal 1 tahun.

Bagaimana menentukan harga sewa produk elektronik?


Produk elektronik tentu saja memiliki perhitungan yang berbeda. Karena rawan terjadi kerusakan, sehingga biaya sewa biasanya lebih tinggi dari produk rumah tangga, travel, atau produk edukasi.

Sobat MQ bisa menerapkan harga sewa barang elektronik berkisar antara 15-20% dari harga baru. Barang elektronik kemungkinan bisa mengalami kerusakan, service, atau penyusutan. Sobat MQ harus memiliki pencatatan yang detail tentang pemasukan, pengeluaran, serta biaya-biaya lainnya.

Untuk memudahkan pencatatan perhitungan bisnis sewa perlengkapan bayi ini, Sobat MQ dapat menggunakan software akuntansi gratis saja dari Kledo. Karena pembacaan datanya lebih akurat dan lebih rapi. Bagaimana caranya? Lanjut lagi ya :) 

Software Akuntansi Gratis Kledo Memudahkan Pencatatan Bisnis


Sobat MQ, tak dapat dipungkiri jika sebuah bisnis membutuhkan pencatatan akuntansi yang benar. Pencatatan akuntansi dibutuhkan untuk mengetahui perkembangan bisnis kita.

Pencatatan akuntansi bertujuan memberi masukan dalam proses pengambilan keputusan ekonomi dan rasional seperti permintaan kredit, pengeluaran saham, pemasukan, hingga penyajian informasi keuangan. (Sugiri dan Riyono, 2018)

Meski baru memulai bisnis, MQ sangat menyarankan untuk mempunyai pencatatan yang benar. Sobat MQ bisa memanfaatkan software akuntansi gratis dari Kledo.

Software akuntansi

Software akuntansi Kledo mencakup pencatatan keuangan bisnis mulai dari pengeluaran, pemasukan, pembuatan invoice, penawaran, membuat purchase order, hingga laporan bank rekonsiliasi. Selain itu Sobat MQ juga bisa melihat laporan manajemen produk, data pelanggan, hingga supplier. Lengkap sekali kan?

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Kledo


1. Laporan Keuangan Lengkap

Laporan keuangan mulai dari neraca, laba rugi, cashflow, buku besar, hingga jurnal akuntansi tersedia di Kledo. Selain itu Sobat MQ juga bisa mengecek performa bisnis dengan melihat statistik yang tersedia di software akuntansi Kledo.

2. User Friendly

Software akuntansi Kledo mudah digunakan. Sobat MQ tidak perlu mendownload aplikasi apapun, karena Kledo berbasis website yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Dengan tampilan clean dan eye catching, tampilan data juga mudah dipahami meski tak punya basic akuntansi.

3. Tersedia Paket Gratis dan Premium Tanpa Biaya Tambahan

Sobat MQ, kamu bisa kok menggunakan Kledo seumur hidup secara gratis tanpa biaya tambahan. Namun, apabila Sobat MQ ingin mengembangkan bisnis lebih luas serta mempunyai banyak lini usaha, maka disarankan untuk menggunakan paket premium. Terdapat berbagai pilihan paket dengan fasilitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

4. Banyak Pilihan Paket Sesuai Kebutuhan

Tersedia banyak pilihan paket software akuntansi dari Kledo yang bisa Sobat MQ gunakan. Sobat MQ bisa menyesuaikan jenis usaha dengan pencatatan akuntansi yang diinginkan. Seperti usaha jasa penyewaan perlengkapan bayi, Sobat MQ bisa memilih paket premium dengan bidang usaha jasa.

Harga paket premium mulai dari Rp 139 ribu saja per bulan. Sobat MQ bisa membaca testimoni dari pengguna software akuntansi Kledo berikut ini. 

Software akuntansi gratis

Demikian mudahnya mengelola usaha sewa perlengkapan bayi dengan bantuan software akuntansi gratis dari Kledo. Sobat MQ bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah dan mulai memanfaatkannya untuk meraup cuan.

Siap mulai bisnis sewa perlengkapan bayi dengan software akuntansi Kledo? Info lengkap bisa kunjungi website www.kledo.com ya! Semoga bermanfaat!

Salam,
MQ

Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

9 komentar

  1. Di saat perkembangan fashion dan kebutuhan bayi sering berubah. Alternatif menyewa perlengkapan bayi bisa dijadikan pilihan.

    BalasHapus
  2. Waaaahh artikelnya menginspirasi banget Mbak. Selain peralatan bayi, konsep ini bisa diadopsi buat bisnis lainnya.

    BalasHapus
  3. Membantu banget penyewaan perlengkapan bayi ini. Apalagi yg harganya mahal, ternyata bisa hemat sampai setengahnya ya. Carseat kan jarang juga dipakai, sayang kalau beli lebih baik sewa ketika mau pergi² aja. Sama pompa ASI juga, kalau beli kan belum tentu cocok bisa sewa dulu buat tahu kualitasnya. Membantu bgt sih kalau buat aku.

    BalasHapus
  4. Jeli juga alat perlengkapan bayi dijadikan bisnis. Kalo dipikir2 memang mending sewa, y, untuk alat2 yg tidak terlalu lama digunakannya, atau perlu juga di saat kita pergi liburan. Cukup menyewa carseat kita SDH bisa nyaman bepergian bersama bayi, nggak perlu bawa carseat dri rumah kbtempat liburan hehe.

    BalasHapus
  5. Wah, idenya sungguh menarik. Baru tau jg ada aplikasi kledo itu. Memudahkan bgt buat pemula bisnis keknya...

    BalasHapus
  6. Idenya briliant banget, koq saya ga kepikiran ya buat ide bisnis sewa perlengkapan bayi ini. Perlengkapan bayi biasanya memang tidak lama terpakai dan umumnya masih dalam kondisi yang bagus pas udah ga dipakai, auto pilah pilih dah bekas perlengkapan si bungsu

    BalasHapus
  7. Kalo nurutin semua kebutuhannya bayi tuh emang jadi kayak penting semua ya mbak, rasanya semua jadi kayak kudu dibeli dan kudu punya. Padahal ada yg bisa nyewa, nggak harus beli. Apalagi yang harganya mahal tapi kepakainya cuma bentar kayak baby chair. Dan ini ternyata bisa jadi ide bisnis juga buat emak2 ya, hehe.

    Tapi aku udah kebayang gimana ribetnya ngurus bayi sambil ngurus bisnis. Pasti rempong, tapi yah namanya juga bisnis. Untung ada aplikasi Kledo, mencatat keuangan jadi lebih mudah, bisnis pun jadi lebih lancar jaya...

    BalasHapus
  8. Menarik ini idenya ttg menyewakan perlengkapan bayi.
    Yang mau lahiran jadi lebih hemat pengeluaran karena bisa dialihkan ke kebutuhan yg lain, sedangkan untuk yg menjalankan bisnisnya cuan..

    BalasHapus
  9. persewaan perlengkapan bayi emang ngebantu banget, karena masa-masa emas mereka tuh kaya cepet banget aja gtu, eh udah ganti stimulator tau-tau, tapi klo beli semua wah boros, belum lagi rumah yang kebanyakan perabot kalo disimpen semua padahal ga luas, jd nyempit-nyempitin. sedang bayi akan terus lahir, so bisnis ini menjanjikan

    BalasHapus

Posting Komentar