banner-imq

6 Manfaat Aplikasi Jual Makanan Online, Pemilik Bisnis Wajib Baca!

3 komentar

Hi Sobat MQ! 
Siapa yang sedang menjalani bisnis restoran makanan siap saji dan menggunakan aplikasi jual makanan online untuk promosi? Bagi pemilik bisnis restoran, banyak sekali manfaat yang dirasakan dari aplikasi pesan antar makanan. Jika pandai menggunakan dengan baik, aplikasi jual makanan online bisa bikin bisnis kamu melejit lho.

Namun jangan lupa bahwa memiliki bisnis restoran erat kaitannya dengan perpajakan. Jika aplikasi makanan online bisa jadi solusi melejitkan bisnis, untuk berbagai masalah perpajakan, Sobat MQ bisa menyerahkan pada Konsultan Pajak Jakarta. Bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis ya:)

Manfaat Aplikasi Jual Makanan Online


aplikasi jual makanan online

Banyaknya jenis aplikasi jual makanan online yang tersedia saat ini, memberi keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis kuliner maupun UMKM lokal. Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memanfaatkan aplikasi delivery order ini. MQ akan mencoba merangkumnya berikut ini.

1. Hemat Biaya Promosi


Salah satu manfaat dari kehadiran teknologi berbasis aplikasi pesan antar makanan adalah bisa menghemat promosi. Dengan adanya aplikasi ini, pemilik gerai makanan tidak perlu banyak mengeluarkan budget berlebih untuk biaya promosi.

Sobat MQ bisa memanfaatkan aplikasi pesan antar makanan online untuk membantu promosi usaha. Caranya dengan mendaftarkan resto kuliner atau franchise kamu ke aplikasi tersebut. Tambahkan berbagai jenis menu makanan yang dijual, sertakan foto-foto yang membuat lidah bergoyang, dan tinggal tunggu pembeli datang.

2. Memperkuat Branding Produk


Menggunakan aplikasi jual makanan online juga salah satu strategi digital marketing. Semakin banyak pembeli serta ulasan yang baik pada resto kamu, maka restoran kamu akan semakin dikenal. Dengan demikian makin memperkuat branding pada resto kamu lho.

3. Mampu Menjangkau Lebih Banyak Pembeli


Layanan penyedia makanan pesan antar mampu menjangkau pembeli yang berjarak 25 km hingga 30 km dari lokasinya. (Dariya Nawar Salma dan Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T, 2021)

Bisa dibayangkan betapa jauhnya jangkauan layanan pesan antar makanan ini. Artinya dengan bantuan aplikasi, Sobat MQ dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Aplikasi jual makanan online akan mempromosikan resto kamu sesuai dengan menu yang disajikan.

4. Meningkatkan Omset Penjualan


Karena aplikasi jual makanan online ini mampu menjangkau hingga puluhan km, otomatis pembeli pun semakin luas. Hal ini akan berimbas pada omset penjualan. Menurut kebiasaan, pada umumnya konsumen melakukan pembelian minimal 2 item.

Hal ini dikarenakan berbagai pertimbangan, salah satunya biaya ongkos kirim dan pilihan menu. Apalagi jika kamu menampilkan pilihan menu yang beragam. Tentu semakin meningkatkan angka penjualan produk kamu lho.

5. Mudah Melihat Perkembangan Omset


Pemilik bisnis restoran akan lebih mudah melihat kurva perkembangan omset dari hari ke hari. Aplikasi menyediakan laporan untuk menunjukkan performa restoran kamu. Sehingga Sobat MQ bisa melihat hitungan kasar perkembangan omset resto dari penjualan online.

6. Mudah Menentukan Strategi Bisnis


Hasil laporan omset serta performa restoran yang ada di aplikasi bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan bisnis. Sobat MQ bisa memanfaatkan aplikasi jual makanan online ini untuk menentukan langkah selanjutnya. Jika pandai memanfaatkan laporan performa yang ada, bisa menjadi jalan untuk mengembangkan bisnis.

Demikianlah banyaknya kegunaan aplikasi jual makanan online. Tinggal bagaimana kamu mengerjakannya di lapangan. Oh ya, sebagai pemilik bisnis restoran siap saji dan warga negara yang baik, kita harus taat pada aturan pemerintah ya. Salah satunya dengan membayar, menyetorkan, dan melaporkan pajak. Salah satunya adalah pajak restoran.

Pajak Restoran

restoran cantik

Berdasarkan UU no 28 tahun 2009 pajak restoran adalah pajak yang dikenakan atas jasa pelayanan yang disediakan oleh restoran.  Pada pasal 1 angka 23 menyebutkan yang dimaksud dengan restoran adalah fasilitas penyedia makanan dan atau minuman dengan dipungut bayaran, seperti rumah makan, kantin, warung, bar, kafe, dan sejenisnya termasuk katering (jasa boga).

Objek Pajak dan Wajib Pajak Restoran 

Objek pajak restoran adalah pelayanan yang disediakan oleh restoran seperti pelayanan penjualan makanan dan atau minuman. baik makan ditempat maupun di tempat lain. Hal ini berdasarkan pasal 37 ayat 1 dan 2 Undang-Undang yang sama. Sedangkan wajib pajaknya adalah orang pribadi atau badan usaha yang mengusahakan restoran.

Dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jakarta yang tidak termasuk objek pajak adalah
  • Pelayanan yang disediakan oleh rumah makan atau restoran yang menyatu dengan manajemen hotel
  • Pelayanan yang disediakan oleh restoran dengan nilai penjualan tidak melebihi 200 juta per tahun.

Besaran Pajak Restoran

Menurut situs kemenkeu.go.id menyebutkan pajak restoran termasuk ke dalam jenis pajak kabupaten/kota. Besaran pajak restoran ditetapkan paling tinggi sebesar 10% yang ditetapkan dengan peraturan daerah.
 
Sobat MQ, tahukah bahwa dengan aktif membayar pajak artinya kita turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah? Jadi jangan jadikan pajak sebagai beban ya! Karena hasil pembayaran pajak akan dikembalikan pada rakyat dalam bentuk pembangunan daerah.

Nah, kalau Sobat MQ awam tentang aturan perpajakan dan perhitungan pajak restoran yang sedang dilakukan, saatnya kamu kontak Konsultan Pajak Jakarta melalui situs isipajak.com. Kenalan yuk sama Konsultan Pajak Jakarta.

Isipajak.com, Konsultan Pajak Jakarta


Sobat MQ tak dapat dipungkiri jika berhubungan dengan masalah pajak memang suka bikin migrain hehe. Makanya daripada migrainnya bertambah-tambah lebih baik kita fokus urus perkembangan bisnis, sedangkan urusan pajak serahkan pada isipajak.com sebagai Konsultan Pajak Jakarta, Surabaya dan online.

konsultan pajak Jakarta

Salah satu keunggulan menggunakan jasa Konsultan Pajak Jakarta adalah bisa berkonsultasi secara langsung maupun online. Jadi bagi Sobat MQ yang berada di luar Jakarta, kamu bisa berkonsultasi pajak secara online.

Adapun keunggulan lainnya dari Konsultan Pajak Jakarta antara lain:
  • Merupakan konsultan pajak yang resmi dan terdaftar
  • Telah berpengalaman dibidang perpajakan selama lebih dari 15 tahun
  • Ditangani oleh para profesional dan ahli dibidangnya
  • Biaya transparan, tanpa ada hidden fee
  • Keamanan data konsumen terjamin
  • Menggunakan sistem monitoring, aktif dan edukatif. Bukan hanya memberikan solusi permasalahan pajak yang sedang dihadapi, tetapi juga mengedukasi klien sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Untuk informasi lebih detail, kamu bisa langsung kunjungi website isipajak.com ya. Ingat selalu bahwa ikut berpartisipasi dalam program pajak artinya turut berperan aktif dalam pembangunan daerah. So tetap aktif lapor pajak ya!

Nah sekarang sobat MQ sudah tahu kan betapa pentingnya membayar pajak. Disamping bisa menjalankan bisnis dengan tenang karena mematuhi peraturan pemerintah, ternyata membayar pajak juga dapat membantu memperlancar pembangunan di daerah kan?

Maka dari itu, selain memanfaatkan aplikasi jual makanan online, Sobat MQ juga bisa memanfaatkan jasa Konsultan Pajak Jakarta untuk membantu perhitungan pajak untuk melejitkan bisnis. Semangat berbisnis ya :)

Salam,
MQ

Referensi:
https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2009/28tahun2009uu.html
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/20403


Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

3 komentar

  1. Dari sisi konsumen pun saya pribadi sangat merasakan manfaat dengan adanya penjualan makanan via aplikasi online. Kita bisa order makanan sambil rebahan saja tanpa antri di gerainya.
    Kalau dari sisi konsumen saja sudah banyak benefit, pastinya dari sisi produsen juga banyak ya keuntungannya

    BalasHapus
  2. Jujur aku lumayan buta kalau soal bisnis wkwkwk tapi baca ini menarik juga ya ternyata berbisnis ada tantangan tersendiri. Bisnis makanan apalagi, saat ini banyak orang suka kulineran dan menyerbu makanan via daring dan berpengaruh juga ke omset.

    BalasHapus
  3. baru nih...tau tentang hal ini. makasih mba tulisannya memberi pengetahuan baru.

    BalasHapus

Posting Komentar