banner-imq

5 Aplikasi Jual Makanan Online yang Bisa Dongkrak Omset, Sudah Coba?


Hi Sobat MQ,
Setelah kemarin MQ membahas manfaat aplikasi jual makanan online bagi pemilik usaha, sekarang MQ mau spill beberapa aplikasi makanan yang bisa dimanfaatkan untuk dongkrak omset bisnis kamu.

Saat ini semakin banyak bermunculan aplikasi pesan antar makanan online. Nah, Jenis aplikasi makanan online apa saja yang dimanfaatkan untuk mendongkrak omset? Penasaran nggak? Ikuti cerita MQ berikut ini ya:)

Aplikasi Jual Makanan Online di Indonesia; Jenis, Keuntungan, dan Cara Daftarnya


Semakin banyaknya aplikasi jual makanan online yang ada saat ini sangat membantu pebisnis kuliner. Apalagi makanan online dinilai lebih praktis dan hemat waktu. Tak perlu repot keluar rumah, cukup pesan lewat aplikasi, bayar, dan makanan siap dinikmati.

Sebagai pemilik bisnis, Sobat MQ bisa melihat lifestyle saat ini sebagai sebuah peluang. Saat ini masyarakat banyak yang memilih belanja menggunakan aplikasi ketimbang belanja langsung. Hal ini merupakan dampak dari kemudahan teknologi. Salah satunya aplikasi jual makanan.

Aplikasi jual makanan online

Apa aplikasi jual makanan online yang bisa digunakan untuk membantu perkembangan bisnis Sobat MQ? Berikut ini daftar aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai partner bisnisnya.

1. GoFood

GoFood adalah bagian dari aplikasi Gojek yang menyediakan layanan pesan antar makanan dari seluruh resto yang ada di sekitar kita. Sobat MQ yang ingin bermitra dengan GoFood bisa mendaftarkan tokonya sebagai partner GoFood melalui GoBiz.

GoBiz adalah aplikasi pengelolaan operasional yang ada di GoFood oleh Mitra GoFood. Pesanan yang masuk pada Mitra GoFood akan otomatis masuk lebih dulu di GoBiz. Selain itu Mitra GoFood juga dapat mengatur status buka tutup toko, mengatur menu, mengatur jika stok habis, dan melihat laju omset melalui GoBiz.

Sistem Pembayaran GoFood

Pembayaran di GoFood menerapkan sistem cash dan cashless. Pembayaran cashless akan langsung masuk ke GoPay. Dari GoPay, mitra GoFood bisa mentransfer ke rekening pribadi atau tarik tunai di ATM bersama.

Bagaimana Menjadi Mitra GoFood?

Menurut situs GoFood saat ini sudah ada 125 ribu resto yang telah bergabung menjadi Mitra GoFood. Jika Sobat MQ ingin menjadi Mitra GoFood juga silahkan mengunjungi tautan berikut ini untuk registrasi
https://www.go-jek.com/go-food/bisnis/#!/registration

2. GrabFood

Memiliki tagline sebagai layanan pesan antar makanan paling lengkap, GrabFood bisa jadi pilihan Sobat MQ untuk menjajal aplikasi jual makanan online ini.

GrabFood adalah layanan pesan antar makanan melalui aplikasi Grab. Kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan kuliner siap saji dari banyak pilihan restoran lokal maupun restoran franchise.

Sistem Pembayaran GrabFood

Sistem pembayaran yang digunakan di GrabFood juga bisa dengan pembayaran tunai maupun non tunai (cashless). Untuk pembayaran non tunai GrabFood menggunakan OVO.

Apalagi Grab banyak memberikan penawaran jika melakukan pembayaran dengan OVO. Setiap pembayaran menggunakan OVO, maka pelanggan akan mendapatkan OVO Points. OVO Points nantinya bisa digunakan untuk pembayaran berikutnya.

Bagaimana Menjadi Mitra GrabFood

Bagi Sobat MQ yang ingin menjadi mitra GrabFood, caranya cukup mudah sekali. Pendaftarannya gratis tanpa biaya apapun. Kamu bisa mengisi data lengkap tentang restoran atau bisnis kamu melalui website link berikut ini
https://www.grab.com/id/merchant/food/

3. ShopeeFood

ShopeeFood adalah layanan pesan antar makanan dari aplikasi Shopee. Tersedia pilihan menu dan promo menarik dari aplikasi shopping ini. ShopeeFood memberikan promo hingga potongan 100% setiap harinya. Wajar bila ShopeeFood tetap memiliki pelanggan setia.

Sistem Pembayaran ShopeeFood

Seperti halnya aplikasi makanan sebelumnya, ShopeeFood juga bisa menggunakan pembayaran dengan cash ataupun uang digital. Pembayaran dengan uang digital bisa menggunakan Shopeepay.

Sejauh ini pembayaran dengan sistem cashless banyak dipilih. Alasannya karena adanya cashback serta potongan khusus jika menggunakan mata uang virtual Shopee.

Bagaimana Menjadi Mitra ShopeeFood?

Bagi Sobat MQ yang ingin mendaftarkan usahanya dan menjadi mitra ShopeeFood, kamu bisa segera daftar sekarang. Caranya kamu tinggal mengisi data yang dibutuhkan melalui aplikasi Shopee Partner ya.

4. Maxim

Maxim adalah salah satu aplikasi pesan antar transportasi yang berbasis motor dan mobil online yang berasal dari Russia. Pendirinya adalah Maxim Belonogov, pria berkebangsaan Russia. 

Aplikasi ini resmi masuk ke Indonesia sejak tahun 2018. Karena biaya yang terjangkau, Maxim cepat sekali menarik minat pengguna transportasi online. Hingga kini Maxim telah tersedia di 90 kota di Indonesia dan siap bersaing dengan aplikasi antar jemput lainnya.

Sistem Pembayaran Maxim

Pelanggan Maxim juga bisa melakukan pembayaran dengan tunai maupun non tunai. Jika pelanggan ingin melakukan pembayaran non tunai, maka pelanggan perlu mengisi saldo Maxim terlebih dahulu.

Bagaimana Menjadi Mitra Maxim?

Maxim menjanjikan beberapa keuntungan jika menjadi mitra Maxim. Keuntungan menjadi mitra Maxim adalah:
  • Adanya cashback 10% pada setiap pengiriman
  • Aplikasi tidak menarik fee pada setiap pengiriman dari restoran dan toko
  • Jumlah pembeli yang terus meningkat karena harga yang bersaing
Sobat MQ, untuk mendaftar menjadi mitra Maxim foods&goods, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui maxim-partner.com

5. Kulina

Kulina adalah aplikasi untuk melakukan pemesanan catering harian dari ratusan chef profesional. Jadi aplikasi Kulina mengumpulkan semua pemilik catering agar lebih mudah ditemukan dan dipesan oleh pelanggan. Sayangnya aplikasi Kulina baru tersedia untuk pelanggan yang ada di Jabodetabek dan Bandung saja.

Kulina mengklaim bahwa mereka menghadirkan menu dari buatan lebih dari 100+ chef profesional. Sobat MQ yang bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja bisa menggunakan aplikasi Kulina untuk mencoba menu baru setiap harinya.

Menu yang dihadirkan meliputi menu catering sehat, catering tradisional, fusion, oriental, hingga menu nusantara. Semua ragam menu catering ini bisa Sobat MQ temukan di aplikasi Kulina.

Sistem Pembayaran Aplikasi Kulina

Sistem pembayaran di aplikasi Kulina juga bisa menggunakan sistem tunai maupun non tunai. Jika pembayaran non tunai maka pemilik restoran akan menerima pembayaran yang akan masuk melalui Merchant Wallet.

Merchant wallet adalah menu pada aplikasi Kulina yang memuat seluruh pembayaran transaksi instant order maupun pre order. Mitra kulina dapat mencairkan saldo yang ada di Merchant wallet ke rekening yang telah terdaftar di aplikasi Kulina. Setiap pembayaran yang diterima telah dikurangi dengan biaya jasa serta biaya lainnya.

Bagaimana Menjadi Mitra Kulina?

Keuntungan menjadi mitra Kulina bagi pemilik catering antara lain
  • Bisa meningkatkan brand awareness tentang produk yang dijual
  • Meningkatkan penjualan sesuai dengan segmentasi pasar
  • Meningkatkan jumlah pelanggan yang telah mencoba catering kamu
  • Bisa langsung jualan di aplikasi Kulina dalam waktu 3-7 hari
Untuk menjadi mitra Kulina, Sobat MQ bisa melengkapi data yang ada di formulir pendaftaran melalui Kulina Merchant. Kulina Merchant bisa di donlot di Google Play store ya. Sedangkan untuk event catering langganan, Sobat MQ bisa mengisi formulir di form pendaftaran yang bisa diakses melalui website Kulina.id

Semakin banyak aplikasi jual makanan online yang ada semakin mudah kita menciptakan ide jualan. Namun, meski memiliki manfaat yang bisa membuat omset meledak, aplikasi jualan online juga tak lepas dari kekurangannya.

Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, Sobat MQ  dalam berbisnis jangan hanya mengandalkan satu strategi saja. Gunakan strategi bisnis lainnya untuk tetap mendongkrak omset.

Jika dari satu aplikasi saja omset jualan makanan online sudah meledak, ciptakan juga omset dari penjualan langsung atau makan ditempat. Next MQ akan bahas bagaimana meningkatkan strategi penjualan makan di tempat. Insya Allah. Semangat berusaha ya.

Salam,
MQ

Referensi:
https://maxim-partner.com/
https://www.kulina.id/
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar