banner-imq

3 Sekolah yang Tepat Untuk Anak Aktif, Cek TK Montessori Islam Albata!

7 komentar

Hi Sobat MQ!
Memilih sekolah yang tepat untuk anak aktif memang tidak mudah. Kita perlu melakukan survei ke beberapa sekolah, melihat kurikulumnya, jarak, serta berbagai aspek pertimbangan lainnya. Semua ini butuh kesabaran dan ketelitian.

Salah memilih sekolah bisa membuat anak tidak mau belajar. Ups! Jangan sampai ini terjadi ya Sob! Nah kalau Sobat MQ sedang mencari sekolah TK Montessori Islam yang sesuai dengan Alquran dan sunnah, kamu bisa memilih lembaga pendidikan Albata.

Namun sebelumnya, jika kamu butuh membaca informasi lebih lanjut bagaimana memilih sekolah yang tepat untuk anak aktif, kamu boleh membaca tulisan ini hingga akhir. Sembari membaca sebaiknya siapkan camilan dan cari posisi yang santai kayak di pantai ya hehe. Yuk lanjut!

Benarkah Anak Aktif Ciri Anak Cerdas?


Sobat MQ, ada yang mengatakan bahwa anak yang aktif termasuk jenis anak yang cerdas. Benarkah demikian? Menurut journal of environmental research and public health menyebutkan bahwa memang ada hubungan antara olahraga dan fungsi kognitif anak.

Anak-anak yang aktif bergerak sangat baik untuk perkembangan motorik, kognitif, hingga emosi anak. Apalagi kegiatan aktif bergerak itu distimulasi serta terjadi pada masa periode emas tumbuh kembang mereka.

Anak-anak yang aktif bergerak dapat meningkatkan sirkulasi dan pasokan oksigen yang baik ke otak. Sehingga otak mendapat pasokan oksigen yang lancar dan merupakan nutrisi yang sangat baik.

Gerak aktif pada anak dapat membantu merangsang pematangan motorik yang ada di otak. Sehingga dapat mempengaruhi perkembangan motorik dan meningkatkan impuls saraf. Hal ini adalah salah satu aspek yang sangat mempengaruhi kecerdasan anak.

Jadi saat anak usia dini terasa sangat aktif bergerak, jangan dilarang ya Sob! Justru pada masa ini sangat cocok diberikan stimulasi untuk membantu kecerdasannya.

Namun yang perlu disadari bahwa, orang tua harus bisa mengetahui apakah anak kita termasuk jenis anak aktif yang normal atau justru hiperaktif karena gangguan ADHD atau autis.

Melansir dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Badung menyatakan ciri anak hiperaktif karena gangguan autis memiliki emosi yang tidak stabil.

Mereka tidak mengikuti aturan dengan baik, tidak mendengarkan orang lain, serta melakukan satu aktivitas ke aktivitas lainnya secara bergantian tanpa lelah. Mereka seperti tidak kehabisan energi. Anak dengan kondisi hiperaktif karena autis membutuhkan penanganan khusus dari tenaga ahli ya Sob.

Sedangkan anak aktif yang normal terjadi karena mereka memiliki energi yang berlebih. Mereka lebih suka bergerak bebas, dibanding duduk rapi melakukan suatu aktivitas. Jika bisa mengalihkan energi yang dimiliki anak dalam kegiatan yang bermanfaat, bisa merangsang kecerdasan kognitif dan emosi anak.

Untuk itu orang tua khususnya ibu rumah tangga sebaiknya dapat mengalihkan energi yang dimiliki anak dengan kegiatan yang bermanfaat, termasuk juga dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak aktif ya.
Sekolah yang tepat untuk anak aktif


Sekolah yang Tepat Untuk Anak Aktif


Sobat MQ, dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak aktif setidaknya kamu juga perlu memperhatikan minat dan kemauan anak. Untuk beberapa anak yang aktif, jenis sekolah dengan kurikulum khusus sangat cocok untuk mereka.

Berikut ini beberapa rekomendasi sekolah yang cocok untuk anak yang aktif.

1. Sekolah Alam

Bagi anak yang memiliki jiwa eksplorasi yang tinggi, sekolah alam bisa jadi sekolah yang tepat untuk anak aktif (kinestetik). Sekolah alam dipandang sangat mumpuni untuk mengakomodir model belajar anak yang senang bergerak dan senang bergaul.

2. Sekolah Seni dan Olahraga

Di sekolah senior dan olahraga anak-anak akan diajarkan bagaimana mengalirkan energi mereka yang banyak pada kegiatan seni maupun olahraga. Hal ini akan memacu mereka menyalurkan energi pada kegiatan yang bermanfaat, serta dapat merangsang minat dan bakat mereka.

3. Sekolah Berbasis Montessori

Sekolah Montessori belakangan menjadi familiar bagi orangtua yang memiliki anak aktif. Kurikulum montessori meliputi pembelajaran sensori, matematika, bahasa, seni, budaya, musik, dan practical life. Sekolah Montessori banyak dipilih orang tua karena mengedepankan pada minat dan bakat anak dalam sistem pembelajarannya.

Dalam hal memilih sekolah yang tepat untuk anak aktif, beberapa pilihan sekolah di atas bisa jadi rekomendasi Sobat MQ yang sedang memilih sekolah anak. Bagi yang memiliki anak usia 3 tahun hingga 6 tahun, kamu bisa memilih sekolah TK Montessori Islam Albata sebagai pilihan sekolah ananda.

TK Montessori Islam Albata


Sekolah albata

Sobat MQ, ada yang sudah pernah mendengar TK Montessori Islam Albata? Albata adalah sebuah lembaga pendidikan islam dengan fokus pembelajaran pada tauhid, adab, fiqih, sirah, tahsin, dan tahfiz. Albata juga mengadopsi sistem pendidikan yang berbasis montessori Islam. Sehingga anak-anak akan merasakan pembelajaran yang menyenangkan.

Sobat MQ yang berniat menyekolahkan anaknya di Albata, bisa memilih pembelajaran secara langsung (offline) maupun online. Terdapat banyak pilihan kelas yang ada di Albata. Mulai dari kelas toddler usia 1-3 tahun, TPQ usia 3-13 tahun, dan kindergarten (TK) untuk usia 3-6 tahun.

Nah, untuk anak aktif normal seperti yang saya ceritakan di atas, Sobat MQ bisa dimasukkan ke TK montessori Islam Albata.

Islamic Montessori Kindergarten (TK) Albata


TK Montessori Islam atau Islamic Montessori Kindergarten Albata adalah sekolah TK yang untuk anak yang berusia 3 hingga 6 tahun. Nah TK Montessori Islam Albata adalah kelas formal di Albata ya.

Kegiatan Montessori

Sobat MQ, salah satu hal yang paling saya sukai dari sekolah Albata adalah kurikulumnya digagas berdasarkan Alquran dan sunnah.

Saya spill sedikit mengenai kurikulum yang ada di TK Montessori Islam Albata ya. Kurikulum TK islam Albata yaitu tauhid, fiqih, adab dan akhlak, siroh, tartil atau mengenal huruf hijaiyah hingga membaca Alquran, hapalan Quran, trilingual (Indonesia, English, Arabic) , kurikulum montessori berupa practical life, sensorial, maths, language, dan culture.

Kurikulumnya disesuaikan dengan periode tumbuh kembang anak-anak yang penuh eksplorasi. Metodenya dibuat sangat menyenangkan (fun learning). Jadi cocok sekali sebagai referensi sekolah yang tepat untuk anak yang aktif.

Alasan Orang Tua Memilih TK Montessori Islam Albata


Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya ke sekolah TK Montessori Islam Albata karena beberapa alasan berikut ini.

1. Berdasarkan Quran dan Sunnah

Orang tua mana yang tak ingin anaknya paham agama sedari kecil. Saya pun juga demikian, di TK Albata kurikulumnya mengacu pada Alquran dan sunnah nabi Muhammad SAW. Menarik ya?!

2. Menggunakan Metode Montessori

Seperti sudah banyak diketahui bahwa metode montessori banyak diadopsi dalam kurikulum pembelajaran pada anak. Hal ini dikarenakan metode yang digagas oleh Maria Montessori ini menggunakan sistem pembelajaran yang berpusat pada anak.

Di Islamic Montessori Kindergarten Albata juga mengadopsi konsep montessori dalam pembelajarannya. Tersedia tools montessori yang lengkap bagi kelas yang belajar offline maupun online. Untuk kelas online, tools montessori akan dikirimkan ke rumah peserta didik sebagai bahan ajar. Enak ya!

3. Pengajar Terbaik

Sobat MQ, mengajar anak TK tak semudah mengajar anak usia yang lebih tinggi. Untuk itu, di Albata, jenjang TK dibatasi jumlah murid maksimal 15 orang saja. Dengan jumlah murid maksimal 15 orang, anak-anak didampingi oleh 2 guru pengajar terbaik.

Melihat prevalensi antara pengajar dan murid yang proporsional ini, saya semakin yakin kalau TK montessori Islam Albata jadi sekolah yang tepat untuk anak aktif. Setuju nggak Sob?

Melihat testimoni para orang tua terhadap sekolah TK montessori Islam Albata, orang tua memiliki kepuasan telah menyekolahkan anaknya di TK Islam ini.
Testimoni albata

Berapa Biaya Sekolah TK Albata?


Sobat MQ untuk rincian biaya sekolah di TK Montessori Islam Albata sebagai berikut:
Enrollment Rp 500.000,-
Facility usage Rp 9.750.000,-
Uniform (seragam) Rp 850.000,-
Monthly tuition (biaya pendidikan per bulan) Rp 975.000,-

Bagaimana Sobat MQ, apakah kamu tertarik untuk memilih sekolah TK montessori Islam Albata? Jika kamu masih memiliki beberapa pertanyaan, kamu bisa juga menghubungi sekolah Albata melalui kontak berikut ini ya.

TK Montessori Islam Albata
Alamat Babatan Indah B9 No.1 Surabaya
Telp (+62) 811334436
Email assalamualaikum@albata.id
website www.albata.id

Memilih sekolah yang tepat untuk anak aktif, sekolah TK berbasis montessori sangat Islam bisa jadi referensi. Anak-anak akan semakin jatuh cinta dengan sistem pembelajaran yang penuh eksplorasi, apalagi dibalut dengan pemahaman Tauhid. Makin mantap deh!

Jadi, Sobat MQ sudah tahu kan sekolah yang tepat untuk anak aktif? Yuk daftar ke TK Montessori Islam Albata! Langsung kunjungi website Albata ya :)

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

7 komentar

  1. Wah anakku aktif banget nih mbaaa. Kayanya cocok nih sekolah di TK Montessori Islam Albata. Apalagi dengan pengajaran Montessori keaktifannya jadi tersalurkan. Karena anak-anak yang aktif ini butuh wadah agar kecerdasannya bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.

    BalasHapus
  2. Konsep kurikulum montessori dipadukan dengan kurikulum Islam merupakan gagasan yang keren dalam dunia pendidikan. Sepertinya Albata ini memang akan cocok sekali dengan tipe anak aktif

    BalasHapus
  3. wah mantab ini, kalau Tk nya di daerah Bintaro/Jaksel ada ngga sih mba?

    BalasHapus
  4. milih sekolah untuk anak memang tricky.. gak bisa asal karena ada beragam aspek yang perlu dipertimbangkan...

    BalasHapus
  5. Program pendidikan yang ditawarkan Albata emang selalu keren dan cocok untuk tumbuh kembang anak, terbaik mereka tuh dalam memberika bekal buat anak-anak kita

    BalasHapus
  6. Program pendidikan di ALbata ini keren ya, menggabungkan montessori dan Islam, pengajarnya pun berkualitas, jadi dari awal anak sudah mendapatkan pendidikan yang tepat untuk masa depannya kelak

    BalasHapus
  7. Cuzz aku mau rekomendasikan ke temanku yang kebetulan punya anak mau masuk TK. TK Albata ini cocok untuk membantu anak dalam proses pembelajaran ya

    BalasHapus

Posting Komentar