banner-imq

3 Peran Serta PAFI Teluk Bintuni Sebagai Organisasi Profesi


Hi Sobat MQ!
Tahu nggak sih kalau tanggal 13 Februari itu diperingati sebagai hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)? Bermula dari pembentukan PAFI di kota pelajar Yogyakarta pada tahun 1946 tanggal 13 Februari, dibentuklahlah sebuah wadah organisasi bagi seluruh tenaga ahli farmasi seluruh Indonesia.

Pada saat itu juga, yang diberi mandat sebagai ketua PAFI pertama adalah bapak Zainal Abidin. Sebagai salah satu organisasi profesi yang ada di Indonesia, PAFI juga mulai membentuk pengurus di tingkat daerah. Saat ini, sudah terdapat beberapa pengurus PAFI daerah, salah satunya adalah PAFI Teluk Bintuni, Papua Barat. 

Sebelumnya kita kenalan dulu dengan organisasi PAFI secara umum ya Sob!

Tentang Organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI )


PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI telah ada sejak Indonesia merdeka. Jadi bisa dikatakan kalau PAFI adalah salah satu organisasi profesi tertua yang ada di Indonesia, Sob. Pada masa itu PAFI turut berperan aktif membantu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Selain berperan dalam bidang kesehatan masyarakat dan farmasi, PAFI juga berperan aktif dalam pembangunan bumi pertiwi.

Mengutip dari laman Pafi Teluk Bintuni tujuan pembentukan organisasi PAFI ini adalah sebagai wadah untuk menghimpun semua tenaga farmasi (Tenaga Teknis Kefarmasian/TTK) dalam satu wadah organisasi yang berasaskan Pancasila.

Sesuai dengan itu, organisasi PAFI bisa dikatakan sebagai organisasi profesi yang berdiri dengan tujuan mulia. Apa saja tujuan pendirian PAFI? Ini beberapa tujuan pembentukan PAFI yaitu:
  1. Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia
  2. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia, serta
  3. Meningkatkan kesejahteraan anggotanya

Selain tujuan utama yang telah saya sebutkan di atas, selama berdiri, PAFI terus mengokohkan organisasinya dengan melibatkan diri dalam aksi peningkatan kesehatan masyarakat. Kita lihat lagi yuk apa saja peran serta PAFI dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Peran Serta PAFI di Bidang Kesehatan


1. PAFI Meluncurkan 'Halo PAFI'


PAFI Teluk Bintuni

Kekhawatiran masyarakat tentang pelayanan kefarmasian membuat PAFI meluncurkan 'Halo PAFI'. Layanan ini merupakan solusi untuk mendapatkan informasi tentang kefarmasian, diantaranya:
  1. Merupakan layanan pengaduan dan keluhan konsumen tentang kefarmasian.
  2. Pelayanan informasi obat.
  3. Selain itu, 'Halo PAFI' juga akan memuat informasi berupa lowongan kerja di bidang kefarmasian seperti klinik maupun rumah sakit yang membutuhkan tenaga farmasi, serta
  4. Informasi mengenai tenaga teknis kefarmasian.

2. PAFI Bersama Masyarakat Melawan Covid-19


Seperti kita ketahui bahwa wabah Covid-19 yang terjadi sejak 2020 telah menjadi catatan sejarah dunia kesehatan. Banyaknya korban jiwa baik masyarakat sipil maupun tenaga kesehatan, menjadi peristiwa yang tak terlupakan.

Kala itu di tahun 2020 PAFI telah aktif bersama masyarakat melawan Covid-19 dengan melakukan berbagai edukasi dan kampanye-kampanye menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya dalam acara NGOPI atau Ngobrol Bareng PAFI. Acara NGOPI tentu saja menghadirkan narasumber yang kredibel di bidangnya.

3. Webinar Nasional Kefarmasian


PAFI juga berperan aktif dalam berbagai webinar kesehatan berskala nasional, salah satunya webinar nasional kefarmasian pada 6 September 2020. Acara yang dihadiri oleh para tokoh penting seperti dr. Achmad Yurianto selaku dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit kementerian kesehatan Republik Indonesia serta bapak Bimo A. Tejo, Ph.D sebagai Associate Professor Department of Chemistry Universiti Putra Malaysia. Oh ya, tentu saja acara ini dihadiri oleh ketua PAFI pusat yaitu apt Maryani S.Farm., MKM.

Selain turut serta dalam berbagai kegiatan dibidang kesehatan, PAFI juga telah melakukan rapat kerja nasional (rakernas). Rakernas diadakan 5 tahunan. Pada tahun 2015 rakernas dilangsungkan di Bali pada tanggal 3-5 Desember 2015. Mengambil venue di Grand Inna Bali Beach Sanur Bali, acara ini bertajuk Seminar Nasional Rakernas Temu Ilmiah.

Selain acara diatas masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan oleh PAFI dalam rangka berperan aktif membangun Indonesia di bidang kesehatan.

PAFI terus berupaya melayani masyarakat hingga ke penjuru negeri dengan cara memiliki perwakilan di tingkat daerah, salah satunya PAFI Teluk Bintuni, Papua Barat.

PAFI Teluk Bintuni yang beralamat di Distrik Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat juga berkomitmen untuk dapat mewujudkan cita-cita organisasi farmasi Indonesia ini.

Informasi lengkap tentang peran serta PAFI Teluk Bintuni dalam bidang kesehatan khususnya farmasi di Indonesia bisa diakses melalui https://pafitelukbintuni.org/. Kita doakan ya semoga kehadiran PAFI Teluk Bintuni di Papua Barat ini bisa menjadi wadah organisasi farmasi yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat.

Salam,
MQ

Referensi:
https://pafitelukbintuni.org/
https://farmasi.ui.ac.id/2018/02/13-februari-diperingati-sebagai-hari-persatuan-ahli-farmasi-indonesia/


Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

1 komentar

  1. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Teluk Bintuni ternyata memiliki peran penting dalam dunia kesehatan ya mbak, telah membersamai masyarakat dalam melawan covid dan memberikan literasi tentang kesehatan kepada masyarakat.

    BalasHapus

Posting Komentar