banner-imq

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menurut WHO, Ini 5 Cara Menerapkannya di Rumah


Hi Sobat MQ!
Menerapkan hidup bersih dan sehat adalah Investasi terbaik bagi kesehatan kita. Hidup bersih akan memberi kenyamanan. Jika sudah nyaman, maka mudah-mudahan kita menjadi sehat.

Sobat MQ, perilaku hidup bersih dan sehat sudah dicanangkan oleh badan kesehatan dunia WHO. Bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO? Kita bahas yuk?!

Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)


Perilaku Hidup Bersih dan sehat

Banyak blogger parenting yang mengetahui bahwa perilaku hidup sehat dan bersih menurut WHO (1948) adalah esensi serta hak asasi manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Hal ini tertuang dalam konstitusi WHO yang telah disepakati bahwa derajat kesehatan tertinggi adalah hak fundamental semua orang tanpa membedakan ras, agama, politik, serta tingkatan sosial ekonomi.

Sedangkan perilaku hidup bersih dan sehat menurut Kemenkes adalah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok, maupun masyarakat.

Tujuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


Mengapa sih kita perlu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau biasa disingkat PHBS? Adanya gerakan PHBS ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan melalui kesadaraan masyarakat untuk menjalani kebiasaan hidup bersih dan sehat sehari-hari.

Dengan adanya gerakan PHBS ini diharapkan kesadaran masyarakat terus meningkat sehingga tercipta masyarakat yang memiliki kesadaran dan pengetahuan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan standar kesehatan.

Dimana saja kita perlu melakukan gerakan PHBS?

Menurut situs Kemenkes Indonesia, setidaknya ada beberapa tempat yang perlu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu di rumah tangga, di sekolah, tempat bekerja, sarana kesehatan, serta tempat umum.

Lakukan gerakan PHBS di manapun berada. Kita bisa lho menerapkan pola hidup bersih dan sehat sembari mengajarkan pada buah hati. Bagaimana caranya? Ini yang saya lakukan untuk mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak-anak.

Mengajarkan Gerakan PHBS di Rumah


Tujuan mengajarkan gerakan PHBS di rumah adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kesehatan pada seluruh anggota keluarga. Manfaat dari adanya gerakan PHBS di rumah ini guna meminimalisir masalah kesehatan pada anggota keluarga. Seperti apa contohnya? Yuk kita lihat berikut ini.

1. Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

Ajarkan anak cara mencuci tangan dengan benar. Membiasakan anak untuk mencuci tangan sehabis berkegiatan. Gunakan air bersih yang mengalir dan lakukan gerakan mencuci tangan dengan benar minimal 30 detik.

Pandemi juga mengajarkan saya untuk selalu menggunakan hand sanitizer. Sehabis mencuci tangan dapat pula ditambahkan dengan memberikan hand sanitizer. Hand sanitizer dapat membantu membunuh hingga 70% kuman.

2. Menjaga kebersihan toilet

Mengajarkan anak untuk menggunakan toilet untuk mengurus keperluan pribadinya adalah cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah. Biasakan menjaga kebersihan toilet, membuang sampah pada tempatnya, serta mengajarkan juga untuk buang air besar maupun air kecil di toilet.

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Anak-anak cenderung picky terhadap makanan yang tidak biasa dikonsumsi atau yang rasanya agak 'aneh'. Maka dari itu membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat membuat mereka memiliki pondasi pengetahuan kesehatan yang benar. Berikan anak, berbagai buah dan sayur secara proporsional. 

4. Olahraga secara teratur

Nggak mesti harus olahraga yang ribet banget ya, termasuk mengajak anak melakukan aktivitas fisik apapun. Pokoknya yang penting bergerak seperti berlari, melompat, dan menggantung. Aktivitas fisik ini dilakukan setiap hari secara teratur minimal selama 30 menit.

5. Istirahat yang cukup

Menerapkan gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup. Semisal mengajak anak tidur siang dan tidur malam tepat waktu. Serta menghindari konsumsi makanan berlebihan karena berakibat buruk bagi kesehatan

Yuk Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Mulai dari Diri Sendiri


Perilaku hidup bersih dan sehat penting untuk dilakukan guna meningkatkan kesadaran dalam diri sendiri. Agar tercipta hidup yang bersih, lingkungan yang sehat perlu adanya peningkatan kesadaran dan pengetahuan terhadap masyarakat.

Dimulai dari diri sendiri, dari rumah, dan menjadi kebiasaan yang dilakukan terus menerus dengan penuh kesadaran. Yuk, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat mulai dari sekarang!

Salam,
MQ

Referensi:
https://ayosehat.kemenkes.go.id/phbs
global health science, vol 3 no.1, Maret 2018


Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar