banner-imq

Pengalaman Mengikuti Kursus Bahasa Korea Online, Ini yang dipelajari


Hi SobatMQ!
Kamu punya keinginan nggak untuk menambah kemampuan berbahasa asing selain bahasa inggris? Kalau kamu memiliki keinginan itu, berarti kita sama donk. Toss! hehe. Nah kebetulan MQ saat ini sedang mengikuti kursus bahasa korea online dari Ibu Pembelajar Indonesia (IPI) dan Educourse.id.

Kursus bahasa korea

Program ini sebenarnya bukan yang pertama kali ini saya ikuti, karena tahun 2023 saya juga sudah menjadi peserta kursus bahasa korea online volume 1. Kelas berlangsung selama 8 pekan dan memberi kami pembelajaran tentang bahasa korea.

Mau tahu bagaimana pengalaman MQ mengikuti kursus bahasa korea online bersama Educorse.id? Kamu bisa simak tulisan ini hingga akhir ya.

Note: Oh ya, mungkin tulisan ini nanti akan dibagi menjadi beberapa seri, semoga bisa membantu kamu (juga) yang sedang semangat belajar bahasa korea ya. Selamat membaca :)

Kursus Bahasa Korea Online


Sob, saya memilih kursus bahasa korea online karena bisa diikuti secara fleksibel. Apalagi ditengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga dengan beberapa anak yang masih butuh perhatian. Hal ini menyebabkan sebagian besar waktu saya banyak tersita untuk mereka.

Namun, saya juga tidak ingin hari-hari saya hanya dilalui dengan rutinitas rumah tangga biasa. Saya ingin menghabiskan hari dengan terus menimba ilmu, terutama belajar bahasa asing.

Jadi ketika ada lembaga bahasa yang menerapkan pembelajaran online, hal ini membuat saya bersemangat untuk menambah ilmu tapi tetap memprioritaskan tugas sebagai ibu. Apalagi kursus bahasa Korea online yang diadakan IPI dan Educourse.idtahun sebelumnya memberi saya banyak kelonggaran seperti:
  • Bisa belajar dari mana saja, di rumah, di jalan, atau di kafe sambil menunggu anak beraktivitas juga bisa.
  • Waktu pembelajaran yang fleksibel alias bisa memilih waktu yang disesuaikan dengan jadwal pribadi (terdapat 3 pilihan waktu dalam satu kali pertemuan)
  • Materi bisa diakses kapan pun
  • Mendapat rekaman pembelajaran
  • Level peserta hampir sama, jadi jangan khawatir merasa tertinggal atau lemot sendirian hehe
  • Guru yang mengajar super duperrr sabar. Menurut saya ini yang membuat suasana belajar sangat nyaman. Terbaique!

Itulah beberapa keunggulan kursus bahasa Korea online yang saya rasakan. Sepertinya ini hampir dirasakan oleh semua peserta yang mengikuti kelas ini hehe.

Oh ya mengapa bahasa korea ini menarik untuk dipelajari? Ini juga yang menjadi pertanyaan awal Widy ssaem (guru, pen) pada kami ketika pertemuan pertama.

Nah alasan saya mengikuti kursus bahasa korea online karena saya memang sudah lama tertarik dengan negara korea. Saya bercita-cita suatu hari bisa benar-benar menginjakkan kaki ke negeri ginseng tersebut. Apalagi saat ini pengaruh Kdrama, fashion, dan budaya Korea amat terasa dalam kehidupan kita.

Karena pesatnya perkembangan teknologi, sayang sekali jika kita tidak mempelajari bahasanya sekalian. Mana tahu suatu hari nanti bisa dipakai untuk mengajarkan skill bahasa asing pada anak-anak atau kita bisa berbincang-bincang dengan orang Korea langsung ketika liburan ke Korea, amiiin.

Maka dari itu, kita wajib mempelajari bahasanya secara benar. Mari kita kenalan dulu dengan bahasa korea ya.

Mengenal Sejarah Bahasa Korea (Hangeul)


Bahasa korea adalah salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari di dunia. Bahasa Korea menempati urutan ke-14 sebagai bahasa yang banyak digunakan. Bahasa Korea merupakan bahasa resmi negara Korea. Jumlah penggunanya meliputi penduduk negara Korea yang ada di negaranya serta yang berada di luar negeri sebanyak 77 juta pengguna.

Abjad bahasa korea disebut Hangeul. Huruf Hangeul pertama kali dibuat oleh Rasa Sejong di tahun 1443 M. Tujuannya agar rakyat Korea bisa menulis bahasa Korea dengan cara yang lebih mudah. Saat itu bangsa Korea masih menggunakan aksara Tionghoa (hanza) sebagai media bahasa. Oleh Raja Sejong dibuatlah manuskrip atau sistem yang lebih mudah tentang bahasa korea yang saat itu disebut dengan Hunminjeongeum.

Hunminjeongeum adalah manuskrip atau dokumen yang menjelaskan prinsip-prinsip serta penggunaan hangeul. Hingga saat ini huruf korea disebut sebagai Hangeul.

Sama seperti abjad pada umumnya, huruf hangeul terdiri atas huruf konsonan dan huruf vokal. Namun untuk penulisan kata per kata ditulis per suku kata. Setiap suku kata terdiri atas minimal satu konsonan dan vokal. Jenis suku kata terdiri atas:
K+V
K+V+K
K+V+K+K

Contohnya pada penulisan kata 'Busan' ditulis 부 (Bu) 산 (san) bukan ditulis ㅂㅛㅅㅏㄴ (B-u-s-a-n)

Sebelum kamu bertanya lebih lanjut mengenai apa saja huruf hangeul, mari kita langsung saja mengenal lebih detail satu per satu huruf hangeul yuk.

Mengenal Huruf Hangeul


Mengenal huruf hangeul pada pertemuan pertama ini diawali dengan mempelajari huruf vokal tunggal dan huruf vokal gabungan. Huruf vokal tunggal berjumlah 10 huruf, sedangkan huruf vokal gabungan berjumlah 11 huruf. Kamu bisa melihatnya secara lengkap pada gambar dibawah ini.

Hangeul

Kamu tahu nggak Sob, menurut Widy ssaem materi awal ini adalah materi inti yang akan menjadi pondasi dasar untuk materi-materi selanjutnya. Makanya sejak awal kami diminta untuk menghafal ke-21 huruf vokal tunggal dan huruf vokal gabungan ini.

Jujur, saya juga masih berusaha menghapal dengan baik semua huruf vokal tunggal dan vokal ganda Hangeul dengan benar. Sungguh tidak mudah hehe.

Karena gambarnya tidak begitu jelas,  masing-masing huruf, dapat kamu lihat pada penjelasan berikut ini ya. Kita hapalkan sama-sama ya.

10 Huruf Vokal Tunggal


ㅏ (huruf ‘A’)
ㅓ (huruf ‘o’ kecil)
ㅑ (huruf ‘ya’)
ㅕ (huruf ‘yo’)
ㅗ (huruf ‘o’ besar)
ㅛ (huruf ‘yo’)
ㅜ (huruf ‘u’)
ㅠ (huruf ‘yu’)
ㅡ (huruf ‘e’)
ㅣ (huruf ‘i’)

11 Huruf Vokal Gabungan


ㅐ (dibaca ‘e’ gabungan huruf a dan i)
ㅒ (dibaca ‘ye’ gabungan huruf ya dan i)
ㅔ (dibaca ‘e’ gabungan huruf o dan i)
ㅖ (dibaca ‘ye’ gabungan huruf yo dan i)
ㅗㅏ (dibaca ‘wa’ gabungan huruf o dan a)
ㅗㅐ (dibaca ‘we’ gabungan huruf o dan e)
ㅗㅣ (dibaca ‘we’ gabungan huruf o dan i)
ㅜㅓ (dibawa ‘wo’ gabungan huruf o dan u)
ㅜㅔ (dibaca ‘we’ gabungan huruf o dan e)
ㅜㅣ(dibaca ‘wi’ gabungan huruf u dan i)
ㅡㅣ(dibaca ‘eui’ gabungan huruf e dan i)

Cara Menulis huruf Hangeul


Selain diminta untuk menghafal semua huruf vokal tunggal dan vokal gabungan ini, kami juga diajari bagaimana cara menuliskan satu per satu huruf hangeul. Serupa dengan huruf Hiragana dan Katakana dalam bahasa Jepang, cara penulisan Hangeul juga memiliki aturan penulisan. Kamu bisa melihat contoh aturan penulisannya berikut ini.

Cara menulis hangeul

Ada catatan terkait huruf vokal tunggal dan huruf vokal gabungan terkait cara membacanya yang hampir mirip, bahkan bagi orang asing seperti kita akan sangat sulit membedakannya. Huruf tersebut adalah:
  • Huruf ㅓ (dibaca o kecil)
  • Huruf ㅗ (dibaca O besar)
  • Huruf ㅔ (dibaca we, gabungan huruf o dan i)
  • Huruf ㅗㅣ (dibaca we, gabungan huruf o dan i)
  • Huruf ㅜㅔ (dibaca we, gabungan huruf u dan e)

Masih ada beberapa huruf vokal tunggal dan vokal gabungan yang memiliki cara baca yang hampir sama. Cara membedakannya, menurut Widy ssaem adalah sering-seringlah berlatih mengucapkan serta memperbanyak kosakata bahasa Korea.

Karena secara listening sangat tidak mudah untuk membedakan, maka pengguna dituntut untuk memperbanyak kosakata bahasa Korea. Sehingga lambat laun akan mengerti dimana perbedaan penggunaan hurufnya. Semangat belajar terus ya Sob!

Kesimpulan


Mempelajari bahasa asing bisa dilakukan dengan cara apapun. Bisa dengan rajin menonton film sesuai bahasa yang ingin dipelajari, bisa juga dengan menjalin pertemanan, membaca buku, mendengarkan podcast, dan masih banyak lagi.

Sekarang segalanya bisa dilakukan dengan mudah asal ada kemauan. Seperti halnya kursus bahasa Korea online yang saya lakukan. Ini adalah 'sekolah' yang tepat bagi para ibu untuk belajar bahasa Korea bagi pemula (beginner), insya Allah berikutnya saya akan bagikan pengalaman belajar bahasa Korea pertemuan kedua di postingan berikutnya ya. Semoga bermanfaat :)

감사합니다 (gamsahabnida/terima kasih)

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

9 komentar

  1. Wah ternyata susah juga ya mbak kalau nggak terbiasa. Selain belajar pengucapannya, juga belajar nulis dan mengenal hurufnya. Hampir mirip huruf Jepang ngga sih?

    BalasHapus
  2. Menarik banget ya mbak kelasnya. Diajari dari dasar banget, dan yang terpenting fleksibel. Bisa untuk ibu-ibu atau siapa aja yang cukup sibuk dan tidak sempat belajar di kelas offline.

    BalasHapus
  3. Aku juga penasaran banget sama bahasa Korea. Berawal dari suka nonton Drakor dan penasaran sama bahasa mereka. Aku juga jadi ikut kursus di Educourse.id, emang senyaman itu belajarnya bisa di mana aja dan gurunya baik bangeeeett.

    BalasHapus
  4. Aku juga penasaran banget sama bahasa Korea. Berawal dari suka nonton Drakor dan penasaran sama bahasa mereka. Aku juga jadi ikut kursus di Educourse.id, emang senyaman itu belajarnya bisa di mana aja dan gurunya baik bangeeeett.

    BalasHapus
  5. wah mantap kali mbak. banyak juga sihs ekarang yang beajar bahasa asing selain bahas ainggris salah statunya bahasa korea ini selain bisa ketemu idol eh hhehe

    BalasHapus
  6. Aku juga ikutan kursus bahasa Korea. Pas masuk nol banget, cuma plango-plongo. Namun, seru kayak memecahkan kode gitu pas mulai belajar tulisan hangeul. Setelah tiga mi pertemuan, mulai bisa ngeja baca hangeul, seneng banget.

    BalasHapus
  7. Wah senangnya belajar bahasa Korea, kalau lihat drakor nanti ga perlu subtitle lagi nih, lebih bisa menghayati filmnya

    BalasHapus
  8. Apalagi setelah tren hiburan dari Korea Selatan menjamur ke Indonesia, makin banyak orang Indonesia yang penasaran dan mau mempelajari bahasa dan cara penulisannya

    BalasHapus
  9. Wiih mom queen terbaiik..
    Sekarang belajar bahasanya dulu ya mom, nanti nyusul ke negaranya hihihhi

    BalasHapus

Posting Komentar