banner-imq

10+ Cara Memajukan Restoran yang Sepi, No 9 Sering Skip!


Hi Sobat MQ!
Cara memajukan restoran yang sepi memberikan berbagai solusi yang dinamis ya. Tidak semua tips yang diberikan bisa berjalan sesuai harapan. Terkadang tips yang satu berhasil untuk restoran A, namun tidak berhasil untuk restoran B. Begitu seterusnya.

Cara Memajukan Restoran yang sepi

Maka dari itu cara memajukan restoran yang sepi bisa dipilah sendiri mana yang paling works. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk memajukan bisnis restoran kamu? Tim MQ siap mengupasnya untuk kamu Sob!

Cara Memajukan Restoran yang Sepi


Impian memiliki restoran cepat saji bukan hanya selesai pada pembukaan resto saja. Kelar urusan pembukaan restoran, masih ada pe-er bagaimana meningkatkan penjualan? Jika omset resto masih tiarap, beberapa cara memajukan restoran yang sepi dibawah ini bisa kamu coba ya!

1. Instagramable


Salah satu alasan pengunjung mau datang ke restoran kamu adalah karena tempatnya yang eye catching. Tempat yang menarik dengan view bagus, suasana nyaman, menjadi magnet tersendiri lho. Kamu bisa memanfaatkan ornamen bunga artificial, ayunan rotan, hingga lampu warna-warni sebagai pengikat pengunjung.

2. Unik


Sebuah restoran yang menarik hendaknya harus unik. Baik dari segi konsep restoran maupun menunya. Sobat MQ bisa 'nyontek' konsep restoran franchise yang ada di Indonesia. Rata-rata resto franchise memiliki tema/ konsep yang unik. Tema apa yang hendak dibuat.

Buatlah konsep yang unik, yang hanya dimiliki oleh resto kamu Sob. Kamu bisa mencoba konsep resto natural/menyatu dengan alam atau restoran dengan konsep modern. Inspirasi view restoran yang menarik bisa dilihat di berbagai website pribadi atau referensi kolega bisnis.

3. Fotoboth


Sobat MQ, percaya nggak bahwa sebagian besar orang berkunjung ke suatu restoran karena mereka melihat foto atau ulasan yang seliweran di media sosial.

Lumrah rasanya orang berkunjung ke sebuah resto kemudian mempostingnya di media sosial. Agar resto kamu makin di kenal, sediakan secara khusus tempat swafoto yang menarik. Jika tak bisa menyediakan tempat yang estetik di semua tempat, cukuplah sediakan satu tempat yang cantik sebagai spot foto. Lebih baik jika ada foto booth.

4. Menu


Menu restoran

Pilih menu lokal dengan paduan western. Jangan lupa untuk memiliki menu utama atau main course yang menjadi ciri khas resto kamu ya Sob. Meskipun kamu memadukan konsep lokal dengan konsep luar, menu utama tetaplah menjadi ciri khas resto kamu. Karena main course bagi restoran adalah identitas.

5. Harga


Pastikan kamu mematok harga terjangkau bagi semua kalangan. Sesuaikan dengan pangsa pasar yang ingin kamu sasar. Misal, pangsa pasar gen z maka Sobat MQ bisa menyediakan harga yang sesuai kantong mereka. Sebagai penarik kamu juga bisa menyediakan minuman boba dengan harga misal Rp 10 ribuan.

6. Wifi


Wifi gratis bisa jadi salah satu penarik minat pengunjung. Sediakan wifi gratis agar pengunjung betah berlama-lama nongkrong di resto kamu Sob. Jangan lupa update password wifi secara berkala guna menghindari buffering.

7. Fasilitas restoran


Fasilitas restoran seperti parkir yang luas, jumlah kursi sesuai dengan kapasitas juga menjadi pertimbangan pengunjung datang. Lebih bagus jika kamu bisa menyediakan tempat ibadah agar orang makin betah disana.

8. Ramah anak


Jika kamu bisa menyediakan restoran ramah anak, tentu sangat baik sekali. Sediakan kids corner lebih agar orang tua bisa berlama-lama di resto kamu. Tidak perlu tempat luas. Kids corner bisa dengan menyediakan space 2x3 meter untuk ajang bermain anak.

9. Customer feedback


Customer feedback

Jangan lupa untuk meminta feedback dari customer tentang restoran kamu. Sobat MQ bisa meminta feedback melalui media sosial atau google bisnis. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang memberi feedback positif. Misal ya berupa potongan harga atau gratis welcome drink.

10. Manfaatkan aplikasi online


Sobat MQ bisa memanfaatkan aplikasi online sebagai salah satu cara memajukan restoran yang sepi. Daftarkan restoran kamu menggunakan aplikasi jual makanan online dan siap terima orderan. Penjualan online mampu mendongkrak omset hingga 50% lho.

11. Gunakan kekuatan media sosial


Media sosial sangat berperan besar dalam membantu meningkatkan jumlah pengunjung. Ajak pengunjung resto kamu untuk memberikan ulasan, dan menandai akun restoran kamu. Tapi pastikan bahwa resto kamu sudah memiliki media sosial ya, minimal instagram atau tiktok hehe.

Cara memajukan restoran yang sepi mungkin butuh biaya dan usaha yang tidak mudah. Tapi yakinlah dengan keyakinan diiringi doa, tidak ada yang sia-sia. Coba lakukan tips yang MQ sebutkan di atas untuk meningkatkan penjualan kamu ya. Kamu sedang bisnis apa Sob? Cerita dong! 

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

Posting Komentar