banner-imq

Ganti Aki Mobil Berapa Lama, Ini Cara Lepas Pasang Aki Mobil


Hi Sobat MQ!
Sebagai pemilik kendaraan, kamu setidaknya memiliki pengetahuan cara merawat aki agar tetap awet dan tahan lama. Terlebih jika kamu memiliki kendaraan mobil. Aki mobil merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan agar tetap berfungsi normal.

Sport car

Aki pada kendaraan berfungsi sebagai sumber kelistrikan. Aki memiliki peran untuk menghidupkan mesin, lampu, serta berbagai indikator lain yang terdapat pada kendaraan. Oleh karena sering digunakan, aki juga memiliki batas pemakaian. Untuk itu penting bagi Sobat MQ mengetahui ganti aki mobil berapa lama dan bagaimana melepas pasang aki mobil?

Bagi kamu yang punya mobil, kamu bisa menyimak informasi ini hingga akhir ya. Ide Bisnis MQ akan membagikan beberapa informasi menarik untuk disimak. Lets go!

Berapa Lama Ganti Aki Mobil?


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sumber kelistrikan dan elektronik pada sebuah kendaraan bersumber dari aki atau baterai. Karena sering digunakan, aki juga memiliki batas umur pemakaian.

Jika SobatMQ penasaran ganti aki mobil berapa lama, pada umumnya untuk penggunaan normal, aki mobil memiliki masa pakai 2-5 tahun. Hal ini berlaku baik aki kering maupun aki basah. Namun, untuk kendaraan yang terbiasa melakukan perjalanan jauh, masa pakai aki mobil berkisar antara 1-3 tahun.

Cara mengganti aki mobil bisa dilakukan secara mandiri, kendati demikian kamu bisa menyerahkan masalah ini kepada jasa mekanik dari bengkel tepercaya. Tetapi, menurut saya tak ada salahnya jika kamu juga mengetahui cara mengganti aki mobil atau melepas pasang aki secara mandiri.

Cara Melepas Pasang Aki Mobil


Aki mobil

Cara melepas pasang aki mobil juga ada tekniknya lho. Menurut channel youtube GridOto Tips ada beberapa tips cara melepas pasang aki mobil.

Sobat MQ, yang harus kamu ingat ketika melepas aki mobil sebaiknya dimulai dari terminal negatif dulu. Kemudian dilanjutkan dengan membuka terminal positif. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik atau hal lain yang tidak diinginkan.

Pemilik mobil biasanya akan melepas aki mobil ketika tidak digunakan. Hal ini dilakukan ketika musim mudik lebaran atau saat mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama. Tujuan melepas aki mobil untuk menghindari aki kehabisan daya selama tidak digunakan.

Cara melepas aki mobil tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu cukup menggunakan kunci pas dan kunci ring saja. Namun jika kamu ragu melakukannya sendiri, kamu bisa menghubungi bengkel mobil terdekat ya.

In case kamu harus melepas aki mobil sendiri, berikut ini cara melepas aki mobil secara mandiri:
  1. Gunakan kunci yang sesuai yaitu kunci pas dan kunci ring
  2. Mulailah dengan membuka terminal yang negatif terlebih dahulu, baru membuka terminal aki yang positif.
  3. Lanjutkan dengan membuka braket atau pegangan aki mobil.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung mengangkat aki lama untuk disimpan atau lanjutkan dengan mengganti dengan aki yang baru.

Sedangkan, cara memasang aki mobil dengan aki yang baru yaitu kebalikan dari melepas aki tadi. Kamu bisa meletakkan aki baru di tempatnya, kemudian mulai dengan memasang kutub positif baterai kemudian lanjutkan dengan memasang terminal negatif. Pasang dengan kencang kemudian pasang penutup (cover) aki tersebut

Tips Memasang Aki Mobil Sendiri


Ada beberapa tips memasang pasang aki mobil yaitu
  1. Pastikan mesin mobil dalam keadaan ON ketika memasang aki yang baru, hal ini bertujuan agar segala settingan pada mesin indikator mobil tetap berjalan normal seperti biasa.
  2. Gunakan ampere yang sesuai dengan ukuran aki mobil kamu. Kamu bisa melihat ampere aki mobil seperti yang tersedia pada manual book mobil atau kamu juga bisa melihat besaran ampere pada aki bawaan mobil.
  3. Jika kamu menggunakan aki basah maka kamu harus membersihkan kotoran yang ada di sekitar terminal aki.
  4. Pastikan kamu memasang terminal aki dengan kencang agar sumber arus dari aki bisa mengalir dengan sempurna.

Cara merawat aki mobil agar tetap awet dan tahan lama hampir sama dengan perawatan aki pada kendaraan bermotor. Hal utama yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus membersihkan aki secara rutin, menyalakan mobil secara berkala sehingga aki tetap mengisi kembali, melakukan pemeriksaan kelistrikan aki, serta menggunakan aki yang sesuai dengan ukuran aki mobil.

Penutup


Jika kamu tidak merawat aki mobil secara rutin, bukan tidak mungkin aki mobil kamu akan tekor dan kamu akan 'dipaksa jajan' di bengkel mobil. Apalagi harga aki mobil bukan harga yang murah. Kamu sudah bisa berhitung sejak penggantian aki baru dan berikutnya ganti aki mobil berapa lama lagi.

Sebaiknya kamu juga telah menyiapkan dana cadangan untuk perawatan mobil tetap aman. Selalu rawat kendaraan demi keselamatan berkendara ya. Semoga bermanfaat :)

Salam,
MQ
Ide Bisnis MQ
Hi, selamat datang di blog Ide Bisnis MQ. Semoga Sobat MQ bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari tulisan di blog ini. Jika ingin bekerja sama silakan email di kontak blog ya :)

Related Posts

8 komentar

  1. Meskipun sebagai istri pasti bangak mengandalkan hal-hal seperti pada suami. Tapi seenggaknya kita tahu caranya ya, mom. Buat tambahan wawasan aja. Kalo prakteknya, belum tentu. Ehehhe

    BalasHapus
  2. Ibu-ibu harus belajar juga nih cara memasang dan melepas aki mobil, karena sangat bermanfaat dalam kondisi darurat. Sebagau emak-emak, saya cenderung abai masalah aki, karena biasanya tinggal tahu beres dan nyetir aja. Terima kasih infonya mbak.

    BalasHapus
  3. Suami bakalan seneng nih kalau harus oprek-oprek. Mungkin hal seperti itu yang menjadi me time-nya. Kalau saya, sih, sepertinya terima bongkar, tidak terima pasang.

    BalasHapus
  4. Terakhir saya ganti aki mobil ketika usianya 3 tahun. Bener banget memang harus nabung untuk jaga-jaga kalau harus ganti aki.

    BalasHapus
  5. Ibu-ibu seperti saya biasanya ngg pernah tau bagaimana cara pasang aki dan juga tentang mesin. Setelah baca artikel ini , jadi nambah pengetahuan tentang aki. Sehingga bermanfaat jika sewaktu-waktu dalam kondisi darurat.

    BalasHapus
  6. Jujurly belum pernah pasang ganti aki baik mobil or sepeda motor sendiri sih.. wkwkwk...takut salah dunk, nah boleh banget mak-mak belaar sendiri nih.. Setidaknya kalau kondisi darurat tidak bingung ya..

    BalasHapus
  7. Sebagai buibu tau terima beres dan pakai, sepertinya cara ini bisa sebagai referensi untuk jadi independen women aiiihhh

    BalasHapus
  8. Mbak ternyata ganti aki mobil sendiri itu bisa ya? Aku baru tau.. ngga berani juga

    BalasHapus

Posting Komentar